Categories

Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Ragam Manfaat Susu Kedelai Buat Ibu Hamil

HEALTH TIPS  |  PREGNANCY  |  20 Jul '18

Berbicara tentang susu untuk ibu hamil, dari dulu sampai sekarang hal tersebut selalu saja dianjurkan oleh banyak ahli nutrisi khususnya yang menangani masalah kehamilan. Manfaat susu untuk ibu hamil tentu saja bukan hanya untuk ibu hamil, melainkan susu tersebut akan memberikan manfaat untuk janin yang ada di dalam perut.

Pada umumnya, saat ini terdapat banyak sekali jenis susu yang aman dan diperbolehkan untuk diminum oleh ibu hamil seperti susu sapi, susu kacang hijau, susu kambing, susu almond dan juga susu kedelai. 

Seperti namanya, susu kedelai dibuat dengan bahan dasar kedelai. Dengan kandungan nutrisi kompleks ini tentu saja susu kedelai sangat baik untuk kesehatan ibu hamil dan janin. Selain memiliki harga yang terjangkau, susu kedelai juga bisa dibuat sendiri sehingga akan lebih steril dan juga bersih yang mana proses pembuatannya alami tanpa melewati pasteurisasi. Berikut adalah beberapa manfaat dari susu kedelai:

Manfaat Susu Kedelai Buat Ibu Hamil

1. Sangat Bagus Untuk Kesehatan Jantung Ibu Hamil

Manfaat susu kedelai buat ibu hamil yang pertama yaitu sangat bagus untuk kesehatan jantung ibu hamil. Susu kedelai mengandung lemak tak jenuh dan tidak mengandung kolesterol. Lemak tak jenuh pada susu kedelai membantu dalam mencegah pembentukkan kolesterol dari sumber makanan ataupun minuman lain. Susu kedelai dapat membantu menjaga kesehatan pembuluh darah sehingga efeknya dapat meningkatkan kadar lipiprotein yang sangat baik untuk kesehatan jantung ibu hamil.

2. Membantu Dalam Penyerapan Kalsium

Ibu hamil membutukan kalsium yang cukup tinggi. Terdapat banyak sekali sumber kalsium yang bisa Anda temukan, salah satunya ialah susu kedelai. Susu kedelai yang terbuat dari bahan asli kedelai mengandung fitoestrogen yang dapat membantu tubuh ibu hamil menyerap kalsium dengan baik sehingga dapat membuat ibu hamil tidak kekurangan kalsium. Mencukupi kalsium dapat membantu ibu hamil terhindar dari masalah tulang.

3. Mencegah Hipertensi

Penyakit tekanan darah tinggi atau lebih dikenal dengan hipertensi merupakan salah satu penyakit yang sangat berbahaya bagi ibu hamil karena akan berdampak pada kelahiran prematur. Manfaat susu kedelai buat ibu hamil selanjutnya adalah untuk mencegah hipertensi. Hal ini di karenakan susu kedelai mengandung asam omega 3 dan omega 6 yang beperan untuk melindungi pembuluh darah.

Adapun manfaat lainnya yang terkandung di dalam susu kedelai seperti mencegah obesitas pada ibu hamil, membantu menaikkan berat badan janin, mencegah terjadinya cacat tabuh saraf, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sebagai sumber energi dan mencegah pendarahan setelah melahirkan.

Jumlah Susu Kedelai Yang Aman Diminum Buat Ibu Hamil

Meskipun bernutrisi, perlu Anda ketahui bahwa manfaat tersebut akan terasa jika susu kedelai diminum dalam batas yang wajar dan tidak berlebihan. Amannya seorang ibu hamil meminum susu kedelai sebanyak 4 gelas per hari saja dan tidak boleh lebih. Usahakan susu kedelai tersebut tidak ditambah dengan gula buatan.

Semoga bermanfaat.

By: Babyologist Editor.

259 Babyologist Editor Send Message to Writer

Related Stories