Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Purifier dan Humidifier, Apa Bedanya?

BRANDS  |  HEALTH TIPS  |  06 Apr '20


Air purifier dan air humidifier adalah alat elektronik yang sama-sama meningkatkan kualitas udara di dalam ruangan. Meski begitu, keduanya memiliki fungsi dan kegunaan yang berbeda. Moms perlu mengetahui perbedaan di antara keduanya sehingga Moms benar-benar tahu alat manakah yang sesuai dengan kebutuhan Moms saat ini. Dengan begitu, Moms tidak akan salah beli produk yang tidak sesuai kebutuhan.

Kegunaan utama air purifier

Air purifier diciptakan untuk menyaring dan mengedarkan udara secara konstan di ruangan tempat produk ini dipasang. Maksud utamanya adalah untuk menjaga kualitas udara agar tetap sehat dan mengurangi risiko alergi yang mungkin muncul karena dipicu udara yang kotor. Perlu Moms tahu, cara kerja produk ini adalah mengisap udara di sekitarnya, menyaringnya, dan menyalurkan kembali udara tersebut setelah diproses melalui filter yang terpasang. Filter tersebut berfungsi untuk mengikat bakteri dan virus yang beredar di udara.

Ruangan-ruangan yang cocok dipasangi air purifier contohnya ruangan yang dipenuhi asap rokok (smoking area). Di ruangan tersebut, alat ini akan aktif menyaring, membersihkan udara, dan menghilangkan bau asap rokok.

Dalam pengoperasiannya, air purifier tidak membutuhkan cairan apa pun. Ini artinya, Moms bisa langsung menyalakan alat ini dan meninggalkannya di ruangan. Sebuah air purifier rata-rata mampu membersihkan udara di sekitarnya dalam jangka waktu 30 hingga 120 menit.

Air purifier telah dirancang sedemikian rupa sehingga dapat dioperasikan secara konstan untuk jangka waktu yang panjang. Perawatannya pun sangat minimal sehingga sejalan dengan kehidupan manusia modern yang selalu aktif.

Kegunaan utama air humidifier

Sementara itu, air humidifier dibuat untuk membersihkan dan melembabkan ruangan ber-AC. Hal ini karena ruangan ber-AC cenderung kering. Padahal, ruangan yang kering dapat memicu sejumlah masalah kesehatan seperti alergi, pilek, iritasi mata, dan lain-lain. Maka dari itu, penggunaan air humidifier di ruangan ber-AC secara langsung membantu menyembuhkan efek-efek alergi dan gangguan kesehatan terkait.

Selain ruangan ber-AC dan ruangan yang kering, air humidifier juga cocok dipasang di ruangan yang luas. Namun, Moms tidak perlu menggunakan alat ini jika lingkungan rumah Moms sudah cukup lembab. Memasang air humidifier di ruangan yang cukup lembab atau sangat lembab malah akan membuat jamur mudah berkembang.

Untuk dapat memperoleh manfaat dari air humidifier secara penuh, Moms perlu mengisikan cairan ke tangki yang tersedia. Kemudian, air tersebut akan diubah menjadi uap air sehingga dapat melembabkan udara di sekitarnya. Proses penguapan udara tersebut sangat bergantung pada suhu udara di sekitarnya. Cairan di dalam tangki akan lebih cepat menguap apabila suhu udara tinggi.

Berbeda dengan air purifier, air humidifier membutuhkan pemeliharaan dan pembersihan yang konstan. Perawatan rutin harus dilakukan untuk memastikan efektivitas unit air humidifier. Satu unit pelembab udara ini dapat diisi air hingga 3 liter dan mampu melembabkan ruangan hingga 20 meter persegi tergantung model yang digunakan.

Air humidifier dikelompokkan menjadi 4 jenis yaitu sistem gelombang elektronik, sistem uap, sistem vaporasi, dan sistem hybrid sesuai dengan cara kerja masing-masing. Dengan sistem gelombang elektronik, air humidifier menguraikan air untuk diubah menjadi uap yang lumayan panas. Pada sistem uap, humidifier bertugas memanaskan air untuk kemudian menghasilkan uap yang sangat hangat. Kemudian, pada sistem vaporasi, air humidifier menggunakan teknologi tertentu yang memanfaatkan angin dan menggunakan paper humidifier untuk melewati penyaring berisi air dan uap air. Terakhir, air humidifier dengan sistem hybrid menggabungkan sistem uap dan sistem vaporasi.

Kesimpulannya, air purifier berfungsi untuk menjaga kualitas udara di ruangan, terutama ruangan dengan kualitas udara buruk, secara terus-menerus. Di sisi lain, air humidifier adalah untuk membersihkan dan melembabkan udara, terutama di ruangan ber-AC atau ruangan yang kering, untuk jangka waktu tertentu. Produk manakah yang sedang Moms butuhkan saat ini?

Referensi: DREW, Kumparan

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

2002 Drew Indonesia

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Bahaya Fluoride dalam Pasta Gigi Si Kecil

Moms, yuk ajari si Kecil sikat gigi sejak dini!

Moms, Yuk, Sayangi Bahumu!

Karena sering membawa beban berat yang tidak seimbang di bahu, seseorang dapat menderita kejang otot lokal di sekitar leher dan panas di bahu. [...]

Mau Tingkatkan Daya Tahan Tubuh? Jaga Makan, Olahraga, dan Jaga Kualitas Udara

Di masa new normal ini, bagaimana cara meningkatkan daya tahan tubuh? Yuk, simak berikut ini.

Cara Mudah Mencegah Dehidrasi yang Menyebabkan Virus Bertumbuh

Tahukah Moms bahwa tenggorokan yang kering dapat menyebabkan virus bertumbuh? Yuk, cegah dengan cara berikut ini!

Tips Buat Moms untuk Sambut New Normal Dengan Imunitas Prima

Moms sudah harus kembali beraktivitas di masa new normal ini? Pastikan imun kuat ya!

Apa Saja Keunggulan UV Air Purifier?

Apa kelebihan UV air purifier dengan air purifier lainnya? Mari simak bersama berikut ini.

Tetap Sehat Walau #DiRumahAja

Walaupun #dirumahaja, jangan lupa untuk memastikan Anda dan keluarga dalam keadaan sehat-sehat ya Moms and Dads.

Cara Yang Benar Dalam Menggunakan Minyak Telon Untuk Bayi

Penggunaan minyak telon tentu tidak asing lagi. Tapi tahukah Moms mengenai cara penggunaannya yang benar?

Manfaat Air Humidifier Pada Masa Pandemi COVID-19

Apa manfaat air humidifier untuk kesehatan? Mari pelajari bersama berikut ini.

Tips Mencegah DBD pada si Kecil

Selain Covid-19, Moms and Dads juga harus berwaspada terhadap bahaya demam berdarah. Simak tips berikut ini ya.

Tips Berjemur Dengan si Kecil

Berjemur adalah salah satu cara untuk mendapatkan vitamin D yang kita butuhkan. Simak tips berjemur yang aman berikut ini yuk.

Apa Itu Cradle Cap?

Apa sih cradle cap? Berbahayakah untuk si Kecil? Kita simak bersama berikut ini.

6 Tips Menjaga Kesehatan Si Kecil Selama Pandemi Virus Corona

Di tengah-tengah pandemi Covid-19, apa yang sebaiknya dilakukan agar kesehatan si Kecil tetap terjaga? Yuk simak berikut ini.

Tips Mengurangi Risiko Alergi pada Bayi dengan Humidifier

Unit cool mist humidifier menggunakan filter sumbu internal untuk menyerap air dari cadangannya.

Tips Mencegah Infeksi Virus dengan Purifier

Air purifier dapat menghilangkan mikroba-mikroba terkecil di udara.

4 Cara Menjaga Kebersihan Udara agar Terhindar dari Virus

Untuk memperlambat pertumbuhan mikroba jahat, pastikan kelembaban udara di rumah sekitar 30% hingga 50%.

Seberapa Pentingkah Humidifier Bagi Kesehatan Anak?

Humidifier dapat membantu menjaga kulit si Kecil tetap lembab saat dia menderita eksim.

Perbedaan Cod Liver Oil dan Minyak Ikan Biasa

Apa, sih, bedanya cod liver oil dengan minyak ikan biasa? Yuk cari tahu jawabannya di artikel ini!

Gerakan Yoga Untuk Anak

Mengajarkan yoga kepada anak-anak adalah hal terbaik yang bisa moms lakukan buat mereka.

Usir Stretch Marks? Begini Caranya!

Bagaimana, sih, cara mengusir stretch marks? Yuk simak caranya di sini!