Categories

Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Psikis Ibu Menyusui Pengaruhi Kelancaran ASI

FEEDING  |  14 Apr '19

Bukan hal yang aneh jika kondisi psikis Moms pasca melahirkan menjadi sangat sensitif dan mudah sekali stres. Saya pernah memiliki seorang kerabat yang setelah melahirkan ia mudah sekali sedih karena perubahan drastis di hidupnya.

Beberapa hari ASInya sulit keluar padahal nutrisi dan makanannya cukup terpenuhi. Setelah konsultasi ke ahli laktasi ternyata stres adalah penyebabnya.

Jika ibu menyusui dalam kondisi psikis yang kurang baik, hormon oksitosin yang diproduksi kelenjar otak akan terhambat produksinya. Padahal hormon inilah yang berpengaruh penting dalam proses kontraksi sel-sel di sekitar alveoli (gelembung kecil di paru-paru) agar ASI dapat mengalir ke payudara Moms. Refleks mengalirnya ASI akan mulai terjadi saat mulut si Kecil mulai menempel ke puting ibu menyusui. Jika ibu menyusui mengalami kondisi psikis yang kurang baik seperti stres, bad mood dan frustasi proses ini akan terganggu dan ASI akan sulit mengalir ke payudara ibu.

Pada saat ibu menyusui dalam kondisi psikis yang kurang baik, memang proses mengalirnya ASI akan terhambat. Tapi produksi ASI terus berlanjut walaupun dalam jumlah yang sedikit. Ajaibnya, saat menyusui si Kecil. Moms akan melepaskan hormon oksitosin. Jadi, semoga kondisi bukan halangan untuk memberikan yang terbaik bagi si Kecil ya moms

Semoga bermanfaat.

By: Dian Rianti

Copyright by Babyologist

369 Dian rianti

Comments

Related Stories