Categories

Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Proses Terjadinya Kehamilan Pada Wanita

PREGNANCY  |  16 Nov '17

Bagaimana seorang wanita bisa mengalami kehamilan? Itulah salah satu pertanyaan yang dilontarkan oleh siapa saja yang mungkin penasaran dengan proses terjadinya kehamilan. Kehamilan yang dialami oleh seorang wanita disebabkan oleh proses pembuahan yang terjadi di dalam rahim seorang wanita. Proses pembuahan disini adalah proses dimana sel telur  yang ada pada wanita dibuahi oleh sel spermatozoa dari laki-laki. Kemungkinan hamil akan semakin besar jika terjadinya pembuahan.

Sel telur bisa dibuahi oleh sel sperma jika seorang wanita dan seorang laki-laki melakukan hubungan intim. Saat seorang laki-laki mencapai puncak ejakulasi dan orgasme, maka sel spermatozoa akan dikeluarkan dan masuk ke arah sel telur melalui leher rahim. Jika sel telur bisa ditembus oleh sel spermatozoa maka proses pembuahan sudah dikatakan berhasil. Itulah awal dari proses terjadinya kehamilan.

Berikut ini adalah proses terjadinya kehamilan pada wanita :

1. Hubungan seksual pada masa subur
Penyebab terjadinya kehamilan yang pertama yaitu karena adanya hubungan seksual antara seorang wanita dan seorang laki-laki pada masa subur. Hubungan seksual yang dilakukan pada masa subur akan berpeluang besar menimbulkan kehamilan. Setiap pasangan haruslah tahu tentang kapan terjadinya masa subur, tujuannya adalah untuk mempercepat terjadinya kehamilan. Akan tetapi pada kenyataannya tidak sedikit beberapa pasangan yang menginginkan kehamilan akan tetapi tidak mengetahui masa subur.

2. Spermatozoa yang masuk ke dalam vagina
Untuk proses selanjutnya yaitu sel spermatozoa yang masuk kedalam vagina. Sel spermatozoa mampu berenang melalui lendir serviks dalam waktu 5 hari, jika sel spermatozoa hanya menempel di bagian luar saja maka peluang terjadinya kehamilan sangatlah kecil.

3. Terjadinya pembuahan di rahim wanita
Jika hubungan intim sudah dilakukan dan spermatozoa sudah masuk ke vagina akan tetapi tidak terjadi pembuahan maka kehamilan pun belum bisa terjadi. Pembuahan terjadi jika sel telur mampu ditembus oleh sel spermatozoa.

4. Adanya hormonal normal dan anatomi
Lalu adanya hormonal normal dan anatomi. Struktur organ reproduksi juga termasuk kedalam syarat terjadinya kehamilan. Seorang wanita dan seorang laki-laki harus mempunyai struktur anatomi normal dan sistem yang baik pada hormonal.

By: Babyologist Editor

1732 Babyologist Indonesia

Comments

Related Stories