Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Pro dan Kontra Gulgar Untuk Bayi

31 Oct '17


Salah satu topik yang masih pro kontra dalam dunia MPASI tentunya adalah mengenai gula dan garam pada bayi. Jadi manakah yang benar? Gulgar pada bayi dibawah usia 1 tahun apakah boleh atau tidak?

Hari ini saya mau mencoba membahas topik ini dari dua sisi ya moms. Nantinya mengenai keputusan memberikan gulgar pada si kecil tentu ada di tangan masing-masing moms. Tapi coba yuk kita lihat bagaimana sih uraian yang menyatakan gulgar tidak boleh dan yang boleh.

TIM KONTRA
Terlalu banyak kadar garam dalam tubuh bayi bisa menyebabkan kerja ginjal menjadi berat. Hal ini bisa meningkatkan risiko hipertensi dan penyakit ginjal di saat dewasa. 

Kebutuhan garam pada bayi  kurang dari 1 gram per hari. Sementara di dalam ASI ataupun susu formula, terdapat 0.4 gram kandungan sodium yang sebenarnya sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan hariannya.

Gula yang dimaksud ialah gula buatan yang dibuat lewat proses kimiawi seperti gula pasir, atau gula pada makanan kemasan. Konsumsi gula jenis ini berbahaya untuk si kecil karena alasan sebagai berikut:

  1. Gula dibuat dengan melalui berbagai tahap penyulingan di pabrik dan menggunakan bahan kimia yang bisa berbahaya untuk bayi
  2. Konsumsi gula di usia dini bisa menyebabkan kerusakan pada gigi
  3. Kadar gula yang tinggi di dalam darah bisa menyebabkan melemahnya sistem kekebalan tubuh
  4. Penelitian menunjukkan, anak yang sering mengonsumsi gula lebih mudah terkena diabetes dan obesitas kelak.

TIM PRO
Umumnya bayi mulai mengenal rasa di usia 7 sampai 8 bulan. Jika anak bisa mengonsumsi makanan tanpa garam tentu bagus, tapi bila bayi cenderung susah makan, sebetulnya penggunaan garam boleh saja, dengan jumlah secukupnya karena hanya sebagai pemberi rasa saja.

Seperti dilansir oleh The Asian Parent, menurut panduan dari Scientific Advisory Committee on Nutrition (SACN), inilah batas maksimum kadar garam dalam tubuh si kecil sesuai usianya:

  • Usia 0-12 bulan, kurang dari 1 gram (0,4 gram sodium)
  • Usia 1-2 tahun, 2 gram (0,8 gram sodium)
  • Usia 4-6 tahun, 3 gram (1,2 gram sodium)
  • Usia 7-10 tahun, 5 gram (2 gram sodium)
  • Usia 11 tahun keatas, 6 gram (2,4 gram sodium)

Perlu diingat pula bahwa garam juga ada di produk makanan lain seperti keju dan mentega. Sementara, untuk pemakaian gula, baik gula pasir atau gula merah sebaiknya juga jangan terlalu banyak karena bisa menyebabkan hilangnya nafsu anak untuk mengkonsumsi makanan bergizi.

Kalau saya termasuk dalam tim pro, saya menggunakan gulgar dalam MPASI Eegan melalui pemakaian keju dan kecap manis organik. Dan menurut saya, memang boleh asal tidak melebihi kadar yang telah ditentukan, dan kalau kita biasanya kan hanya sebagai perasa, cuma di sprinkle sedikit jadi tentu tidak masalah. Kemudian tambahan dari dokter Eegan adalah, setiap bayi sejak dalam kandungan pun telah mengkonsumsi gulgar dari air ketuban - jadi tidak ada alasan mereka tidak diberikan perasa saat MPASI, hanya yang perlu diperhatikan adalah kadar pemberiannya.

By: Marlisa Tenggara

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

4281 Marlisa tenggara

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Penyelamat MPASI Bayi 6 Bulanku

Menaikkan berat badan anak kadang menjadi tantangan tersendiri buat para orang tua. Simak cerita berikut ini yuk!

Snack MPASI Potato Stick (12M+)

Anak kecil mana yang tidak suka kentang goreng? Alangkah baiknya jika kentang goreng kita modifikasi sehingga lebih sehat. Yuk, simak resep [...]

Resep MPASI Nasi Goreng, Rolade Ayam, Bola-bola Ayam Keju (12M+)

Moms, yuk coba resep nasi goreng, rolade ayam dan bola-bola ayam keju untuk si Kecil usia di atas 1 tahun berikut ini.

Snack MPASI Bayi 10 Bulan

Sering mencari variasi MPASI untuk anak diatas 10 bulan? Yuk, coba resep Tahu baso kukus ala Mom Mutia.

Tekstur, Frekuensi, dan Porsi MPASI menurut WHO

Bagi moms yang anaknya baru mau mulai MPASI pasti suka bingung ya kayak gimana sih MPASI yang harus diberikan ke si kecil?

MPASI Ikan Pindang ala Mom Fiko (18m+)

Ternyata ikan pindang bisa dijadikan menu MPASI. Yuk kita simak bagaimana resep dan cara membuatnya!

Porsi, Tekstur MPASI dan Takaran Air Putih

Mari pelajari porsi, tekstur, dan jumlah air putih yang tepat buat Si Kecil. Mom juga harus sesuaikan dengan usianya ya.

MPASI Tanpa MSG, Gula Dan Garam, Kenapa?

Bolehkah gula dan garam untuk MPASI? Topik yang sampai hari ini masih diperdebatkan. Yuk simak ulasan berikut.

Panduan MPASI Berdasarkan WHO

Tahukah moms, dalam pemberian MPASI memiliki panduannya sendiri dari WHO? Bagaimana seharusnya tata cara pemberian asupan tersebut?

Serba Serbi Memulai MPASI

MPASI merupakan asupan gizi yang sangat penting selain ASI. Namun, Moms harus memperhatikan saat yang tepat memberikannya.

Garam dan Gula untuk Bayi, Bolehkah?

Bolehkah memberikan garam dan gula untuk bayi? Yuk kita simak ulasan Mom Valent mengenai topik ini.