Categories

Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Probiotik Terbaik bagi Kesehatan Si Kecil

BRANDS  |  FEEDING  |  HEALTH TIPS  |  10 Jan '19

Probiotik adalah bakteri baik yang mampu memberikan efek positif bagi kesehatan Si Kecil. Saat ini, penggunaan probiotik (terutama pada anak) tidak hanya sebatas untuk pengobatan gangguan saluran cerna seperti diare dan sembelit, tapi probiotik juga dianjurkan untuk penggunaan sehari-hari agar fungsi penyerapan nutrisi bisa bekerja dengan optimal. Probiotik bermanfaat membantu kesehatan saluran cerna serta mencegah terjadinya alergi/infeksi akibat bakteri jahat.

Saat ini, banyak sekali produk-produk suplemen yang mengandung probiotik, tapi terdapat 2 jenis probiotik yang paling sering digunakan, terutama ditambahkan dalam supplemen dan susu, yaitu bifidobakterium dan laktobasilus.  

Penelitian terbaru menyebutkan bahwa pada saluran cerna bayi dan anak, jenis probiotik bifidobakterium yang paling mendominasi dan terbukti membantu penyerapan nutrisi serta menunjang kualitas kesehatan, imunitas atau daya tahan tubuh maupun tumbuh kembang Si Kecil dalam jangka panjang. Disebutkan pula bahwa ASI juga mengandung bifidobakterium dan bifidobacterium factors, yang berarti nutrisi yang terdapat pada ASI bisa merangsang pertumbuhan bifidobakterium.

Bifidobakterium juga mempunyai sifat yang bisa bertahan hidup di lingkungan yang anaerob (tanpa banyak oksigen). Sehingga bifidobakterium ini bisa bertahan sampai di usus besar. Usus besar sangat berperan dalam hal penyerapan nutrisi dan cairan, dan juga sebagai pintu terakhir saringan nutrisi sebelum masuk ke sistem pembuangan tubuh. Jadi kesehatan usus besar ini sangat tergantung dengan jumlah bifidobakterium-nya.

Probiotik juga dianjurkan untuk penggunaan sehari-hari agar fungsi penyerapan nutrisi bisa bekerja dengan optimal.

Apabila tubuh Si Kecil memiliki bifidobakterium dalam jumlah yang cukup banyak, maka bakteri baik ini akan mampu melawan bakteri jahat di usus, seperti salmonella typhosa, E. coli dan candida albicans. Ada beberapa penyakit yang bisa dicegah jika kita secara rutin memberikan probiotik atau bakteri baik kepada anak, seperti infeksi saluran cerna, konstipasi, diare, dan kanker usus. Bahkan Riset terbaru juga menyebutkan bahwa banyaknya bifidobakterium di masa awal kehidupan Si Kecil mampu mengurangi risiko obesitas dan gangguan perilaku di masa usia sekolah.

Perlu Moms ketahui bahwa bifidobakterium yang dianjurkan adalah yang sumbernya human residential bifidobaterium (HRB), yang artinya spesifik hidup pada bayi dan anak, seperti bifidobacterium breve, bifidobacterium longum, dan bifidobacterium infantis karena 3 jenis bifidobacterium ini sudah diuji secara klinis keamanan dan manfaat kesehatannya pada bayi dan anak. 

 

Semoga bermanfaat.

Narasumber: dr. Muliaman Mansyur

By: Babyologist

Copyright by Babyologist

197 Morinaga Platinum

Comments

Related Stories