Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Prenatal Yoga Sebagai Olahraga Ibu Hamil

HEALTH TIPS  |  PREGNANCY  |  01 Dec '17


Saat kehamilan tentunya tidak lepas dari menghadapi proses perubahan fisik maupun mental. Namun perubahan tersebut kadang membuat ibu hamil menjadi malas, terutama dalam berolahraga. Sebelum hamil, saya bukanlah seseorang yang rajin berolahraga. Paling yang saya lakukan biasanya terbatas pada zumba seminggu sekali, jogging di sekitar tempat tinggal, atau berenang itupun kalau ada niatan untuk olahraga. 

Saat hamil ke dua ini,  saya mulai jarang berolahraga bahkan hampir gak pernah. Apalagi saat diserang mual dan muntah, jangankan untuk berolahraga, bergerak saja malas. Rasanya lelah sekali karena hamil. Ditambah lagi pekerjaan rumah yang saya lakukan sendiri tanpa bantuan nanny atau pun PRT.  

Namun, lama-kelamaan saya merasa badan saya kok lemas terus dan tidak berenergi. Pokoknya berasa banget jadi malas. Saya pun mulai berpikir untuk mencari olahraga yang cocok dilakukan selama hamil seperti senam hamil yang saya lakukan dulu. Tapi dari hasil mengobrol dengan beberapa teman yang juga sedang hamil, saya memutuskan untuk mencoba yang baru yaitu prenatal yoga.
 
Prinsip Prenatal Yoga

Menurut Tia Pratignyo, seorang instruktur prenatal yoga berlisensi dalam bukunya, Yoga Ibu Hamil, prenatal yoga atau yoga selama hamil adalah salah satu modifikasi hatha yoga yang disesuaikan dengan kondisi ibu hamil. Tujuan prenatal yoga adalah mempersiapkan ibu hamil secara fisik, mental, dan spiritual untuk menghadapi proses persalinan.

Ada 3 elemen utama yang diperhatikan dalam melakukan prenatal yoga., yaitu :

  • Bernafas dengan penuh kesadaran.
    Sesi prenatal yoga mengajarkan saya teknik untuk bernapas dengan benar. Ada teknik napas alami, napas perut, napas penuh, bahkan napas untuk mengurangi nyeri saat kontraksi melahirkan.
  • Postur dan gerakan selama prenatal yoga,
    yang berfokus pada latihan otot dasar panggul, panggul, pinggul, paha, dan punggung. Gerakan-gerakan yang dilakukan pada prenatal yoga bukanlah gerakan yang rumit, sehingga seorang newbie seperti saya pun dapat mengikutinya. Instruktur juga akan senantiasa membantu kita mendapatkan postur yang tepat, jadi tidak usah khawatir.
  • Relaksasi dan meditasi.
    Saya rasa ini adalah bagian favorit saya dalam prenatal yoga. Setiap sesi latihan prenatal yoga, diakhiri dengan 5-10 menit relaksasi. Waktu ini sangat tepat untuk membuat kita merasa rileks, tenang, dan damai. 

Melakukan prenatal yoga menurut saya relatif simpel, karena tidak membutuhkan persiapan macam-macam. Alat yang dibutuhkan tentunya adalah yoga mat alias alas berlatih serta berbagai alat bantu, seperti gym ball dan balok. Namun, biasanya semuanya ini sudah disediakan oleh studio sehingga kita tinggal bawa diri saja.

Prenatal yoga sebaiknya dilakukan saat perut kosong, kurang lebih 1 hingga 2 jam setelah makan. Dan selama melakukan prenatal yoga, disarankan juga untuk banyak minum air putih agar tidak dehidrasi. Berikut beberapa manfaat melakukan prenatal yoga yang saya rasakan selama ini:

  1. Tubuh terasa lebih bugar dan berenergi.
    Saya merasa vitalitas tubuh meningkat setelah saya melakukan prenatal yoga. Gerakan-gerakan prenatal yoga membuat fisik terasa lebih bugar dan berenergi, bahkan saya masih dapat aktif bekerja hingga minggu-minggu akhir kehamilan.
  2. Mengurangi keluhan kehamilan.
    Beberapa gerakan dalam prenatal yoga juga dapat dimanfaatkan untuk mengurangi keluhan fisik yang sering terjadi pada kehamilan, seperti kram kaki serta nyeri di bagian punggung dan pinggang. Dan memang frekuensi kejadian kram yang saya alami jauh berkurang. Nyeri punggung dan pinggang juga tidak separah seperti kehamilan pertama saya.
  3. Kualitas tidur menjadi lebih baik.
    Saya termasuk orang yang mengalami kesulitan tidur saat hamil, terutama di trimester ketiga. Hal ini disebabkan perut yang semakin membesar membuat posisi tidur seperti apapun rasanya tidak nyaman. Dengan sesi relaksasi dan meditasi yang diajarkan di kelas prenatal yoga, saya dapat mengatur posisi tidur saya sehingga lebih nyaman. Selain itu, setiap kali selesai melakukan prenatal yoga, saya merasa kualitas tidur menjadi lebih baik. Mungkin ini dikarenakan tubuh saya lebih segar setelah melakukan gerakan-gerakan yoga, ya.
  4. Emosi menjadi lebih terkendali.
    Setiap gerakan dalam prenatal yoga harus diselaraskan dengan napas. Inhale and exhale selalu diingatkan oleh instruktur untuk membantu kita menyelaraskan gerakan yang dilakukan dengan tarikan napas. Hal ini membuat saya menjadi lebih rileks dan ternyata mampu pula meningkatkan penguasaan diri saya terhadap masalah-masalah yang memancing emosi. Sesi relaksasi dan meditasi juga membantu saya fokus pada kehadiran janin di dalam kandungan. Teknik pernapasan yang diajarkan juga sangat membantu saya saat mengalami nyeri kontraksi persalinan.
  5. Adanya momen bonding dengan janin.
    Setiap sebelum melakukan sesi prenatal yoga, instruktur selalu mengajak kita bernapas bersama dengan janin dalam rahim. Momen ini membuat saya merasa semakin dekat dengan janin, dan mengobrol lewat napas dan meditasi. Selama proses melakukan prenatal yoga pun saya mengajak janin untuk ikut bergerak dengan saya, sehingga setiap sesi prenatal yoga menjadi momen untuk meningkatkan ikatan batin antara saya dan janin.

Itu dia pengalaman saya mengikuti prenatal yoga selama hamil. Manfaat melakukan prenatal yoga tidak hanya saya rasakan secara fisik namun juga jiwa. 

By : Meiliyanti Tjioe

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

10159 Meiliyanti Tjioe

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

5 Persiapan Program Hamil yang Jarang Diketahui

Sebelum menjalankan program hamil, ternyata ada beberapa hal yang harus Moms perhatikan, apa sajakah itu?

10 Gejala Penyakit Radang Panggul

Penyakit radang panggul bisa menjadi salah satu penyebab masalah kehamilan lho Moms

Toxoplasmosis dan Pengaruhnya Terhadap Fertilitas Wanita

Toxoplasmosis adalah infeksi darah yang jarang terjadi tetapi serius. Bagimana pengaruhnya pada fertilitas wanita?

Kesehatan Mulut dan Kaitannya dengan Fertilitas Wanita

Kebersihan mulut ternyata tidak hanya dapat memikat lawan jenis tetapi juga membuat Moms lebih subur lho

4 Cara Manjur Atasi Kaki Bengkak Saat Hamil

Bagi Moms yang merasakan tidak nyaman dikarenakan kaki bengkak saat hamil, ada beberapa cara manjur untuk mengatasinya.

10 Manfaat Pijat Setelah Melahirkan

Pijat pasca melahirkan pada dasarnya adalah pijat seluruh tubuh setelah melahirkan

Pentingnya Antenatal Care Bagi Kesehatan Kehamilan

Antenatal care adalah perawatan kesehatan untuk ibu hamil. Dokter kandungan akan melakukan hal-hal berikut ini.

Pentingnya Pemeriksaan TORCH bagi Ibu Hamil

TORCH sebutan untuk penyakit-penyakit yang sangat rentan menyerang ibu hamil

Cara Melindungi Diri dari Sinar Matahari Saat Hamil

Matahari memancarkan sinar ultraviolet yang berbahaya dan menyebabkan kerusakan kulit

Apa Itu Kelas Antenatal?

Kelas antenatal adalah kelas yang mempersiapkan Moms menjalani kehamilan dan persalinan.

Tips Mengatasi Ruam Panas selama Kehamilan

Simak penjelasan berikut untuk mengetahui cara mendinginkan ruam panas saat kehamilan.

6 Pertanyaan Umum tentang Tes Antenatal Amniosentesis

Apakah Moms sedang mengalami masa kehamilan dengan usia lebih dari 35 tahun? Jangan lupa lakukan test berikut.

Normalkah Gatal-gatal Selama Kehamilan?

Gatal-gatal ringan selama kehamilan adalah normal dan terjadi pada banyak ibu hamil

Bahayakah Steroid bagi Ibu Hamil?

Setelah mengonsumsi steroid dalam jangka panjang, apakah memungkinkan untuk hamil dan apa efeknya bagi janin?

Merawat Bekas Jahitan Setelah Melahirkan Normal

Tantangan lain setelah melahirkan adalah bagaimana merawat bekas jahitan. Berikut tips ala Mom Sherly untuk mengatasinya

Minum Air Es Saat Hamil Bisa Bikin Bayi Lahir Terlalu Besar: Mitos atau Fakta?

Banyak banget nih pemikiran bahwa bayi besar di kandungan karena Mommy nya minum air es, sebenarnya ini Mitos atau Fakta?

Sebab dan Cara Mencegah Penggelapan Kulit Selama Kehamilan

Penggelapan kulit, yang dikenal sebagai melasma atau chloasma, adalah normal bagi bumil. Yuk, simak cara pencegahannya.

Tips Hamil Sehat Saat Bekerja

Bekerja pas hamil? Nggak masalah ya, Moms. Berikut tips agar hamil tetap nyaman dan aman saat bekerja.

Ini Daftar Olahraga Terbaik untuk Ibu Hamil yang Berpuasa

Jika kesehatan Moms memungkinkan untuk berpuasa, Moms hendaknya tetap berolahraga untuk menjaga kebugaran.

Cara Meredakan Leher Kaku dan Sakit Punggung Ibu Baru Melahirkan

Moms yang baru melahirkan biasanya mengalami leher kaku dan sakit punggung. Ini wajar karena vitalitas Moms sangat terkuras