Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Pregnant with a Toddler

PARENTING  |  PREGNANCY  |  06 Nov '18


Hamil anak kedua saat anak pertama masih dibawah 2 tahun cukup menjadi sebuah tantangan tersendiri ya Moms, terlebih di bulan-bulan awal dan tengah kehamilan, di mana saya masih bergelut dengan keriwehan morning sickness. Mulai dari emosi yang tidak stabil, rasa mual sepanjang hari, semua terpaksa membuat saya secara otomatis tidak bisa mendampingi Eegan seperti biasanya. Beberapa tips yang sangat membantu saya adalah:

Get a helper

Helper disini bisa jadi suami, nanny, orang tua, dan lain sebagainya. Saya sendiri bersyukur di kala mual dan tidak bisa masak untuk Eegan contohnya, ada mama atau suami yang menyiapkan makanan Eegan dan membantu menyuapi Eegan. Beberapa aktivitas yang dapat saya kerjakan untuk Eegan, tetap saya kerjakan, namun ada beberapa hal di hari tertentu yang terpaksa saya lepas. Contohnya terkadang dalam memandikan dan memasak.

Get activities

Karena saya tidak bisa terlalu banyak jalan, otomatis saya harus menyiapkan lebih banyak aktivitas di rumah. Mulai dari buku, mainan, TV, dan lain-lain. Sehingga Eegan bisa lebih betah dirumah dan bermain di dalam ruangan.

Buang perasaan bersalah

Pada awal kehamilan anak kedua, sangat wajar untuk merasa bersalah pada anak pertama. Awalnya saya juga seperti itu ya Moms, tapi saya atasi dengan menonton beberapa vlog keluarga yang memiliki anak jarak dekat, and they have so much fun! Ini membuat saya lebih semangat dan tidak bersedih atau merasa bersalah dengan mengetahui bahwa anak-anak ini nantinya akan menjadi sahabat. 

Kemandirian anak

Nah ini juga sangat membantu. Latihan mandiri yang saya terapkan ke Eegan akhirnya sangat membantu saya di kehamilan kali ini. Contohnya di siang hari dikala saya mual dan hanya bisa berbaring, Eegan tanpa rewel bisa bermain sendiri, menonton sendiri tanpa mengganggu. Dan kami tetap bermain bersama setiap hari. On weekends, kami akan mengajak Eegan ke playground atau tempat bermain to make it up to him.

Semoga bermanfaat.

By: Marlisa Tenggara.

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

2162 Marlisa Tenggara

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

New Moms Wajib Waspada Gejala berikut!

Bagi para new Moms dan juga new Dads, hal-hal berikut ini perlu diperhatikan ya. Yuk, simak bersama.

Benarkah Janin Bisa Mendengar dan Belajar Bahasa?

Sejak masih di dalam kandungan, janin ternyata sudah mampu mendengar dan belajar menyerap bahasa lho Moms!

Jarak Aman untuk Hamil Kembali

Merencanakan kehamilan selanjutnya? Berapa jarak yang aman untuk melakukan hal ini?

Pentingnya Kalsium untuk Ibu Hamil dan Menyusui

Ternyata ketika hamil dan menyususi, kalsium pada tubuh Moms akan diambil oleh si Kecil untuk memenuhi kebutuhan bayi.