Categories

Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Pregnancy - Week 31

PREGNANCY  |  28 Feb '17

Di minggu ini bayi anda panjangnya sekitar 41cm dari ujung kepala sampai ujung kaki, dengan berat badan kurang lebih 1,5 kilogram. Dia bisa menggerakkan kepalanya dari kiri ke kanan atau sebaliknya, dan jika anda tidak bisa tidur di malam hari karena bayi anda terus menendang dan bergerak kesana kemari, bersyukurlah karena itu tandanya bayi anda sehat. Saat ini, tangan, kaki dan tubuh bayi anda sudah dalam proporsi yang semestinya. Begitu juga dengan kepalanya. Sumsum tulang belakang juga sudah mulai memproduksi sel darah merah, menggantikan tugas hati yang selama ini telah melakukan pekerjaan ini.

Apakah belakangan ini anda sering merasa rahim anda tiba-tiba mengencang? Banyak wanita merasakan kontraksi yang tidak disangka-sangka ini di trimester kedua dan ketiga. Kontraksi ini disebut sebagai Braxton Hicks. Biasanya berjalan selama 30 detik, tidak terjadi dengan reguler, jarang-jarang, dan tidak sakit. Jika anda merasakan sakit yang terus-menerus, konsultasikan dengan dokter atau bidan anda. Tidak jarang juga banyak ibu hamil yang mengeluh lelah karena susah tidur di malam hari. Usahakan istirahat yang cukup dan mulai mengurangi aktifitas yang berlebihan di minggu-minggu ini sebelum bayi anda lahir. Trust us, you would want to enjoy the calm before the storm!

 

Catatan:

Setiap bayi memiliki perkembangan yang berbeda-beda, bahkan di dalam rahim sekalipun. Informasi diatas dirancang untuk memberikan gambaran umum perkembangan janin. 

354

Comments