Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Preggo Story: Trimester 2, Calon Ibu Harus Pinter

MY STORY  |  PREGNANCY  |  07 Oct '19


Hallo moms

Menikmati masa-masa kehamilan tuh ternyata sangat menyenangkan ya? Bisa lihat perut yang semakin buncit, ngerasain tendangan dari dalem perut, Alhamdulillah bersyukur banget dikasih kepercayaan sama Allah buat merasakan kehamilan ini.

Ini cerita tentang apa aja yang aku alamin di kehamilan trimester 2. Katanya sih kehamilan trimester 2 tuh masa di mana kehamilan paling ngerasa "nyaman". Dan setelah aku alamin sendiri emang beneran loh. Di trimester 2 ini badan jauh lebih fit daripada pas trimester 1 dulu, yang masih sering mual bahkan muntah (walaupun cuma 2 kali aja sih) dan gampang capek.

Karena terakhir kali periksa dokter suruh periksa sebulan sekali aja, aku balik ke dokter kandungan lagi di bulan September, yang mana udah masuk di trimester 2.

1 September 2018, rasanya lama banget nunggu hari ini. Nah kalo selama sebulan ini agak beda nih sama sebelumnya. Kali ini mual dan muntah udah hilang yeeaayy, bisa makan nyaman lagiii :D.

Berat badanku juga udah mulai naik ya walaupun belum banyak sih, baru sekilo doang. Waktu itu kita nunggu agak lama karena emang dapet antrian gede, padahal udah gak sabar banget pengen ketemu adek. Setelah nunggu hampir 1 jam, akhirnya giliranku buat periksa. Seperti periksa sebelum-sebelumnya, aku ditanya keluhannya apa, karena emang gak begitu ada keluhan ya udah aku langsung disuruh baring buat USG.

Pas USG itu adek lucu banget malah dadah-dadah sama bapak ibuknya :D tangan, kaki, kepala, tulang punggung, otak, udah mulai kelihatan jelas banget. Detak jantung adek juga normal, bagus, plasenta sama air ketuban juga bagus. Alhamdulillah memasuki usianya sekitar 18 weeks lebih, beratnya udah sekitar 170 gram. Nah buat multivitaminnya, masuk trimester 2 ini aku dikasih zat besi sama kalsium. Dokter juga masih nyaranin buat periksa sebulan sekali.

Masuk trimester 2 ini aku mulai olahraga. Aku pilih Prenatal Gentle Yoga buat olahraga sehari-hari. Cari-cari fasilitator Prenatal Yoga di Jogja, ketemulah sama Mifa Bhavana. Aku rutin ikut kelas prenatal yoga setiap 2 minggu sekali, tapi di rumah tiap pagi aku juga yoga sendiri modal download video dari YouTube Bidankita. Selain yoga, aku juga belajar tentang Gentle Birth dari buku-buku sama web Bidankita.

3 bulan kedua ini aku sedikit ada keluhan nyeri di tulang kemaluan (Symphysis Pubis Disfunction). Setelah konsultasi dengan instruktur yogaku, kemungkinan postur tubuhku yang harus dibenerin, supaya gak ada keluhan lagi. Aku juga diajarin untuk melakukan gerakan yoga untuk mengatasi SPD.

Selain belajar tentang kehamilan dan juga persalinan yang nyaman, aku juga ikut seminar tentang ASI dari Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia (AIMI). Aku sadar, pengetahuan tentang mengASIhi itu gak kalah penting. Untuk bekal supaya gak ada drama saat mengASIhi besok.

Gak banyak cerita di trimester 2 ini, karena Alhamdulillah hamilnya juga nyaman banget, gak ada drama apapun, semuanya sehat. Trimester 2 aku habiskan untuk belajar tentang kehamilan, persalinan nyaman, menyusui, dan apapun yang belum aku tau tentang motherhood karena calon ibu itu harus pinter.

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

588 Dewi Pangestika

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

6 Daftar Pertanyaan Wajib Sebelum Memilih Tempat Bersalin

Di usia kehamilan saya yang udah mulai memasuki 26w ini, saya sudah mulai berpikir tentang persalinan. Sebagian Moms-to-be juga mungkin [...]

Preggo Story: Prenatal Gentle Yoga Sejak UK 20 Weeks

Hallo Moms, di artikel kali ini saya mau sedikit flashback kegiatan saya saat masa kehamilan kemarin.

Pengalamanku Alami Hidramnion di Usia Kehamilan 25 Minggu

Tak disangka, saya kembali divonis Polihidramnion di usia kandungan 25 minggu.

Ultrasonography (USG) 4 Dimensi

Yakin banget semua pasti familiar dengan USG 2D yang biasa hitam putih & bisa dilihat waktu monthly check up.

Keluhan Umum Selama Kehamilan Trimester 2

Ternyata di trimester 2 kehamilan, beberapa ketidaknyamanan akan muncul lho Moms, apa saja ya?

Kehamilan Kosong, Terus Bayinya di Mana?

Hamil kosong, pernah dengar gak moms tentang kehamilan kosong ini?

Placenta Previa: Pengalaman Pendarahan di Usia Kandungan 15 Minggu

1 April 2019 lalu atau tepatnya saat usia kandungan saya 14 minggu, saya mengalami pendarahan ringan.

Trimester Kedua - Waktu yang Tepat untuk Traveling Saat Hamil

Trimester kedua adalah masa yang paling menyenangkan selama hamil, iya gak Moms? Yuk, simak pengalaman mom Floren.

Pengalaman Menjalani Operasi Pengangkatan Kista saat sedang Hamil

Simak bagaimana Mom Laura bisa selamat dari kista selama menjalani masa kehamilannya.