Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Preggo Story: Trimester 1, Ngidam Sebel Sama Suami

MY STORY  |  PREGNANCY  |  04 Oct '19


Hallo moms, kali ini aku mau cerita tentang gimana rasanya ngejalanin kehamilan di Trimester 1. Oh ya, ini menurut pengalamanku aja ya, pastinya cerita hamil setiap wanita beda-beda, just enjoy your pregnancy, moms :D

2 Juni 2018, setelah aku tau kalo positif hamil, paginya aku langsung disuruh periksa sama suami, kita berdua milih periksa di RSKIA Sadewa yang kebetulan deket dari rumah. Waktu itu kebetulan suami harus kerja, jadi gak bisa nemenin periksa pertama. Jadilah aku berangkat sendiri ke RS, sesampainya di sana aku masih clueless banget tuh mau periksa sama dokter siapa, karena baru mau cek dulu, aku putusin buat periksa ke dokter yang ada saat itu dan antriannya gak terlalu lama. Akhirnya aku diarahin periksa sama dr. Hasto, setelah nunggu lumayan lama sekitar 1,5 jam, antrianku dipanggil juga.

Selama nunggu tuh lumayan deg-degan, udah ngebayangin ada adek di dalem perut aja :D. Dan pas di USG, ternyata belum ada kantong rahimnya, baru penebalan dinding rahim aja, tapi kata dokter ini memang tanda mau hamil. Padahal menurut mens terakhirku, ini udah masuk 5 weeks. Aku disuruh balik 2 minggu lagi sama dokter, buat lihat udah ada kantong rahim atau belum. Waktu itu aku dikasih asam folat aja sama dokter. Setelah di USG itu aku bukannya lega tapi malah semakin deg-degan, karena kan emang belum ada kantong rahimnya juga, jadi masih belum bisa "hore".

Abis periksa, aku langsung hubungin suami, cerita semua hasil periksanya.

2 minggu kemudian, aku balik lagi periksa ke dokter kandungan, kali ini dianterin sama suami. Berharap udah ada kantong rahim dan bahkan udah ada embrionya. Kali ini aku periksa sama dr. Ayu Wityasti, SpOG, setelah menunggu antrian yang gak terlalu lama akhirnya tiba giliranku buat periksa. Nah pas di USG, akhirnya udah kelihatan tuh ada kantong rahimnya, tapi embrionya belum kelihatan, jadi baru ada buletan kecil item aja.

Akhirnya aku disuruh balik periksa 2 minggu lagi, karena 2minggu lagi diperkirakan usianya udah sekitar 8 weeks, jadi harusnya udah kelihatan embrionya. Waktu itu aku masih dikasih asam folat aja sama dokter. Abis USG ke dua itu aku malah makin deg-degan banget melebihi dari deg-degannya 2 minggu yang lalu. Saat itu aku langsung agak panik, minta ke suami buat jangan dulu dishare kabar hamilku dan nunggu sampe emang udah kelihatan embrionya. Karena emang aku sama suami belum cerita ke siapapun tentang kehamilan ini, bahkan ke orangtua.

Kenapa aku bisa sepanik dan deg-degan ini, karena sebelumnya aku denger cerita dari temenku sendiri, kalau dia positif hamil saat test pack, tapi setelah periksa, ternyata dia Blighted Ovum/kehamilan kosong (sekarang Alhamdulillah temenku udah melahirkan putri cantiknya). Tapi suami selalu ngingetin aku kalo gak boleh mikir macem-macem, harus selalu bersyukur sama Allah, jangan berprasangka buruk, banyak berdoa. Dari situ aku langsung ngerasa tenang. Terimakasih suami.

30 Juni 2018, 2 minggu setelah periksa kedua, aku sama suami ke dokter kandungan lagi buat memastikan kandunganku sehat dan berharap embrionya udah kelihatan. Sambil harap-harap cemas nunggu antrian, aku berusaha buat tetap tenang biar gak diomelin sama suami. Tiba saatnya aku diperiksa, dan akhirnya waktu di USG, Alhamdulillah embrio udah kelihatan, MasyaaAllah aku sama suami seneng banget, kita berdua sampe speechless gak ngerti mau ngomong apa, mau tanya apa ke dokter saking amazednya liat "peanut butter" di perutku. Aku hampir nangis sih sebenernya pas USG itu tapi aku tahan-tahan, malu sama bu dokter. Detak jantung adek juga udah kedengeran, Subhanallah bikin merinding, makin mau nangis. Dan menurut hasil USG, adek udah umur sekitar 9 weeks. Sama dokter aku masih dikasih asam folat aja karena kata dokter kandunganku sehat, dan aku selama sebulan lebih ini gak ada keluhan apapun, bahkan mual muntah pun enggak.

Kali ini aku disuruh periksa sama dokter setiap sebulan sekali. Aku udah lega banget adek udah keliatan di perut, sehat juga, sekarang tugasku jaga adek, jaga badan biar tetep sehat terus.

31 Juli 2018, jadwal periksa bulanan ke dokter kandungan. Selama sebulan aku sama suami udah gak sabar banget pengen liat perkembangan adek. Sejauh ini sih Alhamdulillah aku gak ada keluhan yang gimana-gimana, tapi kali ini nafsu makanku turun. Intensitas mual juga makin bertambah dari sebelumnya, ya walaupun gak tiap hari banget mual. Muntah juga bisa dihitung jari, cuma 5 kali aja dari awal hamil sampe sekitar 3 bulan ini. Setelah di USG, adek ternyata udah sekitar umur 13 weeks. Udah keliatan bentuk kepala, tangan, kakinya yang masih kecil banget, detak jantung juga normal, semua sehat, sesuai sama usianya. Lagi-lagi periksa kali ini aku masih dikasih asam folat aja sama dokter. Jadwal periksa juga sebulan lagi. Udah lewat trimester 1 nih.

Alhamdulillah selama trimester 1 ini, berjalan sangat lancar tanpa keluhan apapun selama hamil, mual muntah juga gak begitu parah, masih bisa makan nyaman tanpa takut muntah. Ya walaupun sempat kurang nafsu makan, tapi cuma sebentar. Yang gak bisa ditahan selama trimester 1 ini tuh, aku berasa ngantukan banget dan gampang capek, rasanya sepanjang hari cuma pengen tidur mulu (kalo itu sih dari sebelum hamil juga udah ngantukan). Sekarang juga males banget dandan, sekedar pake moisturizer aja males banget hampir gak pernah, apalagi bedak sama lipstik.

Kalo ngidam, aku sih ngerasa gak ngidam yang aneh-aneh, semua makanan bisa masuk, sesekali aja pengen banget makan sesuatu dan itu juga gak yang nyusahin suami, palingan awal-awal aku ngerasa sebel banget sama suami, itu termasuk ngidam juga gak sih?

Untuk urusan dapur, selama kemarin nafsu makan turun dan gampang capek sering mual, aku jadi jarang banget masak, hampir gak pernah malah, jadilah suami yang handle urusan masak. Alhamdulillah punya suami yang bisa dan suka masak, jadi bisa saling kerjasama. Makasih ya pak.

Kayaknya itu deh pengalamanku selama hamil di trimester 1, so far so good. Oh ya, pas awal hamil kan barengan sama bulan Ramadhan tuh, aku juga masih tetep puasa sampe full Alhamdulillah, dan gak ada kendala apapun. Kapan-kapan deh coba di share pengalaman puasa pas lagi hamil, Insyaa Allah.

Mungkin segini dulu aja sharing tentang kehamilan kali ini, besok ketemu lagi di cerita trimester 2 ya, doakan aku sama adek sehat terus, biar bisa selalu berbagi bahagia. Terimakasih yang udah baca.

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

318 Dewi Pangestika

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Pengalaman Flek ketika Hamil di Trimester Pertama

Sebagian dari ibu hamil mengalami flek di trimester pertama.

Q&A Kegalauan Bumil TM1 (Part 2)

Hai Moms! Melanjutkan artikel sebelumnya, hari ini kita bahas berbagai kegalauan lain selama hamil.

Morning Sickness Bikin IQ Bayi Tinggi?!

Kondisi kehamilan setiap ibu berbeda beda, ada yang sensitif banget ada yang aman-aman saja.

Q&A Kegalauan Bumil TM1

Hai Moms! By the way usia kandungan bumil-bumil semua udah berapa weeks nih?

Keguguran pada Usia Kehamilan 8 Minggu

Kehamilan yang ditunggu-tunggu harus berujung keguguran di minggu ke-8

Bolehkah Snorkeling Saat Hamil?

Saat usia kandungan menginjak 12 minggu / sekitar 3 bulan, saya pergi berlibur bersama teman-teman ke Pahawang.

Panas-Dingin di Trimester Satu

Yang saya hadapi saat pertama kali tahu hamil adalah: demam berkepanjangan hampir 5 minggu lamanya. Kok bisa?

Unusual Habits in Pregnancy

Hari ini saya ingin membahas tentang kebiasaan-kebiasaan baru yang muncul setelah kehamilan yang pertama ini.

Kista di Awal Kehamilan

Apakah Moms juga mengalami kista dimasa awal kehamilan? Jangan khawatir Moms, simak informasi berikut.

Saat Pertama Kali Merasakan Denyut Jantung Janin

Ternyata gerakan dalam perut ketika hamil belum tentu si janin bergerak loh Moms, tapi bisa jadi itu detak jantungnya

Tokso yang Mengawali Kehamilanku

Apakah Moms sudah menunggu-nunggu untuk positif hamil dengan jangka waktu yang lama? Hati-hati terkena tokso!

Mual Tiap Kali Menyikat Gigi Saat Hamil?

Mual muntah menjadi faktor utama yang sangat mengganggu aktivitas sehari-hari di trimester awal kehamilan.

Hamil Muda Perjalanan Jauh? Why Not!

Apa saja yang boleh dilakukan oleh ibu hamil ketika sedang melakukan perjalanan?

Hamil pada Minggu Ketujuh

Berbagai kasus memang sering terjadi dalam dunia kehamilan, contohnya kasus seperti mom Yan yang hamil diluar kandungan.

Keguguran yang Bisa Mengancam Kehamilanku

Abortus Imminens sering disebut ancaman keguguran, dimana kondisi janin masih sehat namun beresiko mengalami keguguran

Pengalaman Kehamilan Kedua Mom Ryana Dea

Bagaimana pengalaman kehamilan kedua Mom Ryana Dea di saat ia juga masih harus menyusui si Kecil?

Cerita Awal Kehamilan Baby P

Pada waktu libur Lebaran 2018, ada satu hari tiba-tiba aku lemes banget, teler maunya tidur terus.

Hamil 2 Kantong Menjadi 1 Kantong, Kok Bisa?

Awal menjadi new Mom, aku senang sekali diinfoin Dokter Kandungan bahwa terdetect ada 2 kantong.

Apa Bedanya Morning Sickness dan Hiperemesis Gravidarum?

Apakah Moms mengetahui tentang perbedaan morning sickness dan hiperemesis gravidarum? Yuk, simak informasi berikut!

Rasa Ngantuk Berlebih Saat Hamil

Rasa ngantuk berlebih dialami ibu hamil terutama pada saat trimester pertama kehamilan. Bagaimana mengatasinya?