Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Preggo Story: Prenatal Gentle Yoga Sejak UK 20 Weeks

MY STORY  |  PREGNANCY  |  30 Jan '20


Hallo Moms, di artikel kali ini saya mau sedikit flashback kegiatan saya saat masa kehamilan kemarin. Selama masa kehamilan, saya masih tetap bekerja seperti biasa, dari hari Senin sampai dengan Jumat. Lelah? Pasti, apalagi dengan kondisi saya yang sedang hamil. Semakin hari rasanya semakin terasa capek dan pegal karna setiap hari harus bekerja dan naik kendaraan sendiri. Tapi saya sangat menikmati proses itu, saya menjalaninya dengan sangat happy. Sebisa mungkin saya selalu berusaha untuk mengelola stress supaya tetap “waras”.


Di sela pekerjaan saya yang lumayan padat saat itu, saya luangkan waktu untuk terus memberdayakan diri demi kelancaran proses persalinan. Saya rajin baca artikel tentang kehamilan, persalinan, menyusui, parenting, dan semacamnya. Nah untuk kegiatan olahraga, Sebelumnya saya sempat galau antara Prenatal Gentle Yoga atau senam hamil. Tapi setelah saya cari tahu lebih dalam tentang Prenatal Yoga dan juga Senam hamil, akhirnya saya menjatuhkan pilihan pada Prenatal Gentle Yoga sebagai olahraga dalam upaya memberdayakan diri selama masa kehamilan. Salah satu alasan kenapa saya lebih memilih prenatal yoga, adalah karna sebelum hamil saya sudah sempat ikut kelas yoga. Selain tentunya pada saat itu sedang booming Prenatal Gentle Yoga juga, sih hehe.

Singkat cerita, di usia kehamilan 20 minggu, saya mulai bergabung di kelas PGY yang diadakan oleh Mifa Bhavana (Jogja). Saya ikut kelas yoga reguler yang diadakan setiap hari Sabtu dan Minggu. Selama trimester 2, saya hanya ikut kelas setiap 2 minggu sekali. Tapi, diluar itu, setiap hari saya melakukan PGY sendiri di rumah berbekal video YouTube Bidankita dan juga gerakan yoga yang diajarkan di kelas. Moms tidak perlu khawatir ya untuk melakukan PGY sendiri tanpa instruktur, asalkan Moms sudah tahu dan paham “pakem” gerakan yoganya. Saran saya untuk Moms yang ingin melakukan PGY sendiri dirumah, Moms bisa ikut kelas PGY dengan instruktur dulu minimal 3 kali, dan setelah paham baru melakukan sendiri tanpa instruktur. Karna memang ada gerakan yoga yang tidak boleh dilakukan pada kondisi tertentu, misalnya kondisi bayi sungsang ataupun plasenta previa. Seperti pada kondisi saya, saya sempat mengalami SPD, dan saya disarankan untuk menghindari gerakan open hips terlebih dahulu sampai keluhan SPD saya sembuh. Setelah memasuki trimester 3, saya ikut kelas yoga reguler setiap seminggu sekali, dan tetap melakukan PGY di rumah setiap hari. Sampai sehari sebelum melahirkan pun saya masih ikut kelas yoga di Mifa Bhavana.

Yang saya rasakan setelah rutin melakukan PGY, keluhan “umum” yang dirasakan saat masa kehamilan seperti punggung pegal, sesak nafas, kaki bengkak, dll sangat minim saya rasakan, bahkan bisa dibilang hampir tidak saya rasakan. Badan juga terasa lebih fit dan lebih rileks, karna di kelas yoga juga diajarkan untuk relaksasi. Selain itu, di kelas Yoga diajari teknik pernafasan yang sangat membantu pada saat masa kehamilan dan juga proses persalinan.

Nah bagi Moms yang sedang hamil dan sedang memberdayakan diri supaya tetap fit selama masa kehamilan dan juga lancar saat proses persalinan, Moms bisa mencoba Prenatal Gentle Yoga sebagai olahraga sehari-hari ya.

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

236 Dewi Pangestika

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

6 Daftar Pertanyaan Wajib Sebelum Memilih Tempat Bersalin

Di usia kehamilan saya yang udah mulai memasuki 26w ini, saya sudah mulai berpikir tentang persalinan. Sebagian Moms-to-be juga mungkin [...]

Pengalamanku Alami Hidramnion di Usia Kehamilan 25 Minggu

Tak disangka, saya kembali divonis Polihidramnion di usia kandungan 25 minggu.

Ultrasonography (USG) 4 Dimensi

Yakin banget semua pasti familiar dengan USG 2D yang biasa hitam putih & bisa dilihat waktu monthly check up.

Keluhan Umum Selama Kehamilan Trimester 2

Ternyata di trimester 2 kehamilan, beberapa ketidaknyamanan akan muncul lho Moms, apa saja ya?

Preggo Story: Trimester 2, Calon Ibu Harus Pinter

Menikmati masa-masa kehamilan tuh ternyata sangat menyenangkan ya? Banyak sekali hal yang dilalui dan dipelajari

Kehamilan Kosong, Terus Bayinya di Mana?

Hamil kosong, pernah dengar gak moms tentang kehamilan kosong ini?

Placenta Previa: Pengalaman Pendarahan di Usia Kandungan 15 Minggu

1 April 2019 lalu atau tepatnya saat usia kandungan saya 14 minggu, saya mengalami pendarahan ringan.

Trimester Kedua - Waktu yang Tepat untuk Traveling Saat Hamil

Trimester kedua adalah masa yang paling menyenangkan selama hamil, iya gak Moms? Yuk, simak pengalaman mom Floren.

Pengalaman Menjalani Operasi Pengangkatan Kista saat sedang Hamil

Simak bagaimana Mom Laura bisa selamat dari kista selama menjalani masa kehamilannya.