Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Positif Toksoplasma Ketika Hamil

MY STORY  |  PREGNANCY  |  04 Apr '19


Kehamilan keduaku sama sekali tidak direncanakan. Ketika sedang berlibur mengunjungi rumah mertua di luar kota, aku tiba-tiba mual sehabis makan dan darah haid aku berwarna coklat (flek). Langsung ke dokter kandungan terdekat karena merasa hamil dan alhamdulillah memang dinyatakan hamil dan sudah berusia 5 minggu.

Ketika hamil 8 minggu, aku sudah kembali ke kerumah dan mengunjungi dokter kandungan favoritku. Dokter suruh cek darah tapi pada saat itu ramai sekali antriannya, aku mual dan pusing jadi aku putuskan ditangguhkan saja cek darahnya. Nah ternyata aku makin mual, tidak bisa makan sama sekali dan pusing hebat. Pusingnya itu bener-bener yang nggak bisa buka mata, rasanya sakit banget kepalanya, apalagi ketika sujud, ya Allah nggak tahan sakitnya.

Obat yang dikonsumsi yaitu Panadol biru. Aku check up ke dokter lagi ketika kandungan 14 minggu. Saat itu kondisi sudah membaik, masih muntah tapi tidak pusing hebat lagi dan sudah ada nafsu makan. Pada saat itulah aku cek darah. 3 hari kemudian hari sabtu jam 5 sorean dokter kandunganku, misscalled 3 kali kemudian mengirim foto hasil darah melalui whatsapp. Ternyata Igm toksopositif. Saat itu rasanya lemes dan aku langsung ke dokter kandunganku. Setelah diskusi panjang lebar (hampir 1 jam) aku harus melakukan beberapa hal, yaitu:

  1. Mengonsumsi antibiotik spirasin dan obat tambahan Isoprinosin.
  2. Cek Igg dan Avidity toksosegera. 
  3. Tidak boleh sama sekali mengonsumsi yang mentah-mentah dan bakar-bakar.
  4. Konsultasi ke dokter kandungan lain jika masih ragu.

Akhirnya, hari Senin aku langsung cek darah lagi. Hasilnya sungguh buruk. Igg: Positif, Avidity: Low yang artinya aku lagi terserang tokso saat hamil (toksoplasma adalah infeksi yang terjadi pada manusia dan penyebabnya biasanya adalah dari kotoran kucing). Sedih, hancur dan takut itu yang aku rasakan. 

Perlu diingat bahwa aku itu phobia kucing, jadi aku mikir kok bisa kena? Ternyata toksoplasma itu kecil sekali kemungkinannya didapat dari kucing peliharaan. Jadi dokter kandungan bilang jangan menyalahkan kucing, apalagi bagi pecinta kucing.

Nah, janin yang terinfeksi tokso itu biasanya bakal: hydrocephalus, cacat penglihatan atau pendengaran.

Singkat cerita, kehamilan 24 minggu aku ke Jakarta dan check ke dokter fetomaternal di RSIA Bunda Menteng. Secara detail belum ditemukan tanda-tanda janin terkena tokso (biasanya janin yang terserang tokso ditandai dengan hydrocephalus). Kalau ingin tahu, disarankan untuk tes air ketuban. Suami tidak mengizinkan, akhirnya harus puas dengan hasil 4D saja.

Aku rajin cari-cari info tentang tokso. Aku bacain jurnal-jurnal, aku lihat-lihat di komunitas online, ada yang perjuangannya berbuah manis, ada yang tidak.

Aku stop mengonsumsi Spirasin ketika kehamilan udah masuk minggu ke 32 minggu. Obat Isoprinosyn sudah dihentikan ketika minggu ke 28. Aku bener-bener diet ketat ya yang artinya jarang banget makan di luar, selalu makan makanan yang mama aku masak. Terus aku juga rutin cek darah. Awal ketahuan positif tokso Igm aku: 6,51. Ketika cek darah sebelum melahirkan, Igm: 2,64.

Akhirnya, 26 Juli 2018 tiba, anak keduaku lahir secara normal dan diperiksa secara kasat mata tidak ada kelainan apapun. Seminggu setelah melahirkan, bayi mungilku disuruh tes darah. Hasilnya Igg Positif dan Igm Negatif. Igg positif karena bawaan dari mamanya. Sekarang anakku sudah 7 bulan, tumbuh secara normal dan tidak ada cacat mata atau pendengaran.

Semoga bermanfaat.

By: Livinia Alawiyin

Copyright by Babyologist

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

889 Livinia Alawiyin

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Begini Efeknya Kalau Menunda KB

Moms ada yang berencana KB tapi terus tertunda? Wajib simak cerita yang satu ini!

Jangan Sepelekan Pemeriksaan USG Saat Kehamilan, Ini Alasannya!

USG di masa kehamilan itu penting loh Moms! Yuk, simak ulasan berikut ini.

Ceritaku Hamil Kembar dan Mengalami Preeklampsia

Dibalik kelucuan memiliki bayi kembar, ternyata ada hal-hal yang perlu diwaspadai, salah satunya preeklampsia.

Cerita Kehamilan dan Melahirkan Mom Devita

Moms, yuk simak cerita kehamilan dan melahirkan Mom Devita berikut ini.

Cerita Promilku di Usia 35 Tahun

Moms sedang merencanakan program hamil? Simak yang satu ini yuk!

Aku Ngidam Belut, Amankah Di Konsumsi Saat Hamil?

Amankah ibu hamil mengonsumsi belut? Baca yang berikut ini.

Pengalaman Kuretase di Usia Kehamilan 11 Minggu

Salah satu resiko yang dapat terjadi pada Ibu hamil adalah keguguran. Setelah itu biasanya Mom akan dianjurkan untuk kuretase.

Pengalaman Program Hamil dengan Memiliki Myoma di Rahim

Di awal pernikahan aku dan suami sudah berencana ingin segera memiliki momongan. Karena kami sudah berpacaran 4 tahun, jadi rasanya sudah cukup [...]

7 Langkah Persiapan Persalinan Penuh Cinta

Ternyata perkara melahirkan bukan terjadi begitu saja. Tanpa persiapan, maka tak jarang kenangan buruk yang akan tersimpan dalam waktu yang [...]

Ceritaku Hampir Khilaf Saat Hamil

Siapa Moms yang pernah merasa galau ketika tahu hamil? You're not alone. Baca cerita ini yuk.

Proses Persalinan Anak Kedua Lebih Cepat, Benarkah?

Kata orang melahirkan anak kedua akan jauh lebih mudah dan lebih cepat dari anak pertama. Benarkah demikian?

Tips Jarak Kehamilan Antara Kakak dan Adik

Berapa jarak kehamilan yang ideal? Setiap orang pasti punya alasannya masing-masing ya. Berikut ini cerita dari Mom Ngel Zhuang.

7 Hal Penting yang Harus Dipersiapkan Sebelum Persalinan

Memasuki trimester ketiga, ibu hamil biasanya akan merasakan dag dig dug antara bahagia karena akan segera bertemu dengan sang buah hati dan [...]

Hindari Perkataan Negatif Terhadap Ibu Hamil

Yuk hindari mom-shaming dan bersama-sama memberikan dukungan terhadap para orang tua lainnya. Simak cerita berikut ini ya.

Tips Mengatasi Perut Gatal Saat Hamil

Ibu hamil sering mengalami gatal-gatal di kulit karena berbagai hal. Apa pun penyebabnya, berikut ini beberapat tips mengatasi perut gatal saat hamil.

Perbedaan USG 2D, 3D dan 4D

Bagi Moms yang tengah hamil tentunya USG sudah tidak asing lagi, ya. Seiring perkembangan zaman USG untuk memeriksa kondisi janin pun semakin [...]

5 Tanda Awal Kehamilan yang Dapat Dideteksi Tanpa Testpack

Apakah Moms mengalami telat haid? Atau merasa eneg mual ingin muntah setiap pagi dan bertanya-tanya jangan-jangan Moms sedang hamil? Jika memang [...]

Couvade Syndrome: Suami Ngidam saat Istri Hamil Ternyata Bukan Mitos

Salah satu hal yang sering dianggap tidak masuk akal adalah suami yang ikut ngidam saat Moms hamil. Di dunia medis, hal ini disebut sebagai [...]

3 Manfaat Jeruk Lemon bagi Kehamilan

Ibu hamil disarankan untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya termasuk vitamin C. Oleh karena itu, jeruk lemon juga baik untuk kesehatan ibu hamil.

Berhubungan Intim Terbukti Berhasil Memancing Kontraksi

Kata orang berhubungan intim di kala hamil tua dapat memicu kontraksi. Betulkah demikian?