Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Posisi Tidur yang Tepat untuk Ibu Hamil 9 Bulan

09 Jun '18


Memilih posisi tidur memasuki kehamilan usia 9 bulan ternyata tidak boleh sembarangan. Hal ini memang tidak mudah dilakukan, apalagi harus menemukan posisi yang bisa membuat Anda nyaman ketika tidur di kondisi perut yang semakin membesar, namun hal ini penting guna mencukupi kualitas tidur.

Ketika Anda tidur dengan posisi yang salah, maka resiko tekanan terhadap sejumlah organ tubuh tertentu akan meningkat, sehingga bisa berisiko munculnya berbagai jenis gangguan pada kehamilan Anda.

Posisi Tidur Yang Tepat Untuk Ibu Hamil

Di bawah ini adalah posisi tidur yang sebaiknya Anda pilih guna membuat Anda merasa nyaman ketika tidur di usia kehamilan 9 bulan, di antaranya adalah sebagai berikut:

Hindari Posisi Telentang atau Telungkup

Ketika Anda hamil, maka Anda harus menghindari tidur dengan posisi tersebut. Mengapa? Hal ini dikarenakan dengan posisi terlentang terutama di usia kehamilan 9 bulan, maka kondisi ini bisa menyebabkan terjadinya tekanan di bagian pembuluh darah yang bertugas untuk mengalirkan darah ke seluruh organ tubuh, dan kemudian tubuh akan kembali mengembalikan darah tersebut ke jantung. Jika aliran darah terganggu, maka bisa mempengaruhi janin dalam kandungan Anda.

Bukan hanya itu, ketika Anda memilih tidur dengan posisi terlentang, maka besar kemungkinan Anda akan kesulitan mengambil napas. Bahkan dengan posisi terlentang, beberapa bagian organ dalam terutama di bagian perut akan mengalami kendala.

Lakukan Posisi Tidur Miring

Jika seperti itu, posisi tidur seperti apa yang tepat untuk ibu hamil 9 bulan? Sebaiknya Anda memiliki posisi tidur dengan posisi miring ke sebelah kiri. Posisi miring ini pastinya bisa membantu Anda merasa lebih nyaman dan juga posisi ini aman untuk janin dalam kandungan.

Mengapa harus memilih posisi miring ke sebelah kiri? Hal ini dikarenakan posisi miring ke sebelah kiri dianggap sebagai posisi yang aman jika dibandingkan miring ke sebelah kanan. Posisi miring ke sebelah kiri bukan hanya tidak akan menekan bagian hati, namun posisi tersebut juga mampu membantu tubuh meningkatkan sirkulasi darah dengan baik, sehingga mampu mempermudah proses pasokan darah dan juga nutrisi ke arah plasenta yang mana nantinya akan diteruskan ke janin.

Lakukan Hal Ini Agar Lebih Nyaman

Moms, pastinya ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan agar Anda bisa merasa lebih nyaman ketika tertidur, di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Anda bisa meletakkan bantal tepat di bawah kepala Anda, terutama jika Anda mengalami nyeri di bagian ulu.
  • Anda juga bisa meletakkan bantal di bagian bawah perut ketika Anda berbaring menyamping, hal ini bertujuan untuk menompang bagian perut Anda yang besar.
  • Selain itu, Anda juga bisa meletakkan bantal di bagian sisi tubuh Anda jika mengalami sesak nafas. Hal ini bertujuan guna membuat bagian dada lebih terangkat serta bisa memperlancar saluran pernapasan Anda ya Moms.

 

Semoga bermanfaat.

By: Babyologist Editor.

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

2514 Babyologist Indonesia

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Kenali Gerakan Janin untuk Ketahui Kesehatannya

Ternyata melalui gerakan janin Moms dapat mengetahui kondisi kesehatannya. Seperti apa gerakan janin yang sehat?

Kontraksi Palsu Bahayakah?

Salah satu tanda kelahiran sudah dekat adala terjadinya kontraksi. Namun bagaimana jika yang terjadi adalah kontrakksi palsu?

Penyebab Demam Saat Hamil 9 Bulan

Demam dapat menyerang siapa saja tidak terkecuali ibu hamil. Oleh karena itu penting bagi Moms untuk waspada terhadap masalah-masalah berikut.

Mengapa Bayi Lebih Aktif di Malam Hari?

Apakah Mom pernah merasa bahwa janin cenderung bergerak aktif ketika di malam hari? Mari kita simak alsannya.

Kiat Menjalani Kehamilan Di Usia 9 Bulan

Menjelang masa persalinan, ada beberapa hal yang harus Mom perhatikan, salah satunya adalah kesehatan tubuh.

Mengenali Tanda Kontraksi Menjelang Persalinan

Kenalilah kontraksi yang akan Anda alami menjelang persalinan guna bersiap-siap menjelang saat kelahiran.

Tips Menstimulasi Persalinan Lebih Cepat

Apakah anda termasuk pasangan suami istri yang ingin mengalami proses lahiran lebih cepat? Mari lakukan beberapa tips berikut ini.

Tips Menikmati Kehamilan 9 Bulan

Apa saja yang terjadi dan yang dirasakan sang ibu yang akan mengalami proses persalinan?

Penyebab Keluhan Saat Hamil 9 Bulan

Ibu hamil harus bisa mengetahui penyebab keluhan 9 bulan yang seringkali mengganggu aktifitas dan mengganggu kenyamanan. Apa sajakah?

Jenis Makanan Tepat Untuk Ibu Hamil 9 Bulan

Mendekati masa persalian, Mom tetap harus menerapkan pola makan sehat untuk menjaga kesehatan tubuh dan janin. Oleh karena itu mari simak yang [...]

Ketahuilah Keluhan Hamil 9 Bulan

Di trimester ketiga, apa saja resiko kehamilan yang akan dialami oleh mom-to-be dan bagaimana solusi menanganinya? Mari simak yang berikut ini

Tips Melewati Kehamilan 9 Bulan dengan Aman

9 bulan menunjukkan bahwa persalinan kian dekat, pada masa ini Mom harus lebih banyak istirahat dan bersiap-siap.

Apa yang Terjadi Di Usia 37 Minggu pada Kehamilan

Perkembangan apa saja yang terjadi pada janin di usia 37 minggu kehamilan? Mari simak yang berikut ini.

Perkembangan Janin Pada Trimester 3 Kehamilan

Perkenmbangan apa saja yang terjadi pada janin dalam kandungan Moms di trimester ketiga? Yuk simak yang satu ini.

Beberapa Alasan Melakukan Operasi Caesar

Terdapat beberapa faktor yang menyebabkan seseorang menjalani operasi caesar, apa sajakah itu? mari kita simak yuk Moms.

Kontraksi Braxton-Hicks VS Kontraksi Sebenarnya

Salah satu tanda kelahiran sudah dekat adala terjadinya kontraksi. Namun bagaimana membedakan kontraksi yang terjadi? Yuk, simak yang berikut ini.

Janin Belum Turun Panggul

Di usia kehamilan yang sudah memasuki tahap akhir yaitu trimester ketiga, posisi bayi haruslah sudah turun ke bawah. Namun, jika belum, [...]