Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Pompa ASI Manual vs Pompa ASI Elektrik

16 Apr '20


Setiap pompa ASI, baik manual maupun elektrik memiliki keunggulan. Dalam memilih pompa ASI, Moms hanya perlu menyesuaikan dengan kebutuhan. Jika Moms adalah working Moms, sebaiknya Moms memilih pompa ASI elektrik dengan kualitas yang lebih bagus. Jika Moms adalah stay-at-home Moms dan tidak full eping, maka Moms bisa memilih pompa ASI elektrik atau manual. 

Sebelum kita bahas keunggulan pompa ASI manual dan elektrik, kita bahas dulu apa itu pompa ASI manual dan elektrik. Pompa ASI manual merupakan pompa ASI yang membutuhkan gerakan tangan untuk memompa ASI. Moms hanya bisa melakukan aktifitas memompa pada satu payudara dalam satu waktu. Sedangkan pompa ASI elektrik merupakan pompa ASI yang menggunakan mesin dan dapat memompa pada dua payudara sekaligus. Moms tidak perlu mengeluarkan tenaga untuk memompa sehingga akan menghemat tenaga dan waktu Moms.

Setelah mengetahui perbedaan pompa ASI manual dan elektrik, yuk kita bahas keunggulan masing-masing pompa tersebut. Pompa ASI manual memiliki beberapa keunggulan yang cukup menguntungkan bagi sebagian Moms.

Apa saja keunggulan pompa ASI manual?

  1. Gampang dibawa kemanapun karena tidak membutuhkan aliran listrik, sehingga kegiatan pumping tetap akan berjalan dengan lancar 
  2. Harganya lebih terjangkau. Meskipun ada beberapa merk pompa ASI manual yang harganya sama dengan pompa ASI elektrik, kebanyakan harga pompa ASI manual masih terjangkau. 
  3. Tidak menimbulkan kebisingan. Tentu saja hal ini juga tergantung merk pompa ASI yang Moms pilih. Ada juga pompa ASI manual yang berisik saat dipakai, entah karena tuasnya atau karena karet pompanya. 
  4. Kekuatan pompa bisa diatur sendiri. Karena memompa dengan tangan, Moms dapat mengatur kekuatan hisapan pompa. Jika terlalu keras, maka Moms bisa sedikit mengendurkan tekanan pada tuas, begitu pula sebaliknya. 

Lalu, apa ya kelebihan pompa ASI elektrik dibandingkan dengan pompa ASI manual? 

  1. Tidak membuat tangan lelah. Jika Moms memakai pompa ASI manual, kegiatan pumping Moms akan terhambat karena Moms harus berhenti jika tangan terasa lelah. Namun, jika menggunakan pompa ASI elektrik, tidak ada lagi tangan lelah karena memompa.
  2. Bisa memompa pada dua payudara sekaligus. Tentu saja hal ini sangat menghemat waktu ya Moms. Dengan memompa pada dua payudara sekaligus, Moms bisa selesai memompa lebih cepat dengan hasil yang maksimal. 
  3. Tidak mengganggu aktifitas Moms. Sembari bekerja, memasak, membaca, menulis, mengasuh si Kecil, dan aktifitas lainnya, Moms bisa memompa ASI. Sekarang ini, ada pompa ASI yang hands-free atau Moms bisa menggakan bra khusus untuk pumping. Jadi Moms tidak perlu memegang botol ASI saat sedang memompa. 

Semoga bermanfaat.

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

75 H Eka Putri

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Bergunakah ASI Booster untuk ASI Seret?

Bergunakah ASI booster untuk meningkatkan kuantitas ASI? Yuk simak cerita yang satu ini.

Langkah Cerdas Memilih ASI Booster

Hati ini bersyukur karena tepat 14 Februari yang lalu perjuangan mengASIhi menginjak bulan ketujuh. Jika dikilas balik, mengASIhi memang sebuah [...]

Lip Tie and Tongue Tie

Apakah Moms sudah mengetahui tenang lip & tongue tie? Berikut tanda penyakit lip & tongue tie yang harus diwaspadai.

Tips Bagi Ibu Eksklusif Pumping

Menjadi ibu eksklusif pumping bukanlah hal yang mudah, tetap memerlukan perjuangan. Berikut beberapa tips untuk ibu eping!

Ca Pakcoy Telur, ASI Booster ala Mom Tyas

Mom Tyas membagikan resep Ca Pakcoy Telur, salah satu ASI booster andalannya. Bagaimana resepnya?