Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Pola Makan dan Asupan Baik pada Ibu Hamil

06 Jun '18


Wanita yang sedang hamil haruslah menjaga kesehatannya dengan sebaik mungkin, karena akan menghidupi dua nyawa dalam satu raga. Dengan begitu, seorang ibu hamil perlu memperhatikan setiap asupan makanan yang akan dikonsumsinya. Bukan berarti Moms harus menambah porsi makan yang biasanya hanya tiga kali dalam sehari, menjadi lima kali dengan porsi yang sama besarnya. Yang diperlukan dalam hal ini adalah perhatian terhadap gizi pada makanan yang dikonsumsi Moms hamil. 

Pada masa kehamilan, biasanya Moms sering merasa lapar terutama pada malam hari. Apalagi ketika mengalami susah tidur, maka jangan takut untuk memberi asupan agar kesehatan pada kandungan Moms tetap terjaga dengan baik. 
Moms yang bila biasanya hanya memerlukan 1800-1900 kalori pada setiap harinya, maka saat mengandung Moms memerlukan sekitar 2100-2200 Kalori untuk setiap harinya. Pasti Moms kebingungan untuk memenuhi asupan gizi ini.

Berikut adalah beberapa hal yang harus Moms perhatikan, diantaranya:

  • Mengubah pola makan menjadi sedikit saja, namun dengan frekuensi yang lebih banyak atau sering. 
  • Dalam mengubah pola makan seperti ini, Moms disarankan untuk makan 6 kali dalam sehari. Bisa dibagi pada saat pagi misalnya, pukul 9 melakukan sarapan dan juga mengkonsumsi makan ringan sehat. Lalu pada siang hari sekitar pukul 3, lakukanlah makan siang dan makan makanan ringan lagi. Selanjutnya sekitar pukul 8 malam, lakukan makan malam dan satu kali makan makanan ringan. 
  • Selalu menyiapkan cemilan Cemilan yang harus disiapkan yaitu berupa makanan yang tinggi akan kalori. Misalnya kacang, keju, kismis untuk taburan sereal, yogurt yang dicampurkan dengan potongan buah-buahan, atau cemilan seperti es krim.
  • Roti panggang untuk sarapan Roti panggang yang ditambah dengan satu sendok selai kacang di atasnya memiliki kalori sekitar 100 Kalori dan 7 gram protein. Ini adalah cara yang mudah untuk membuatnya dan juga lebih sederhana. 
  • Tambahan susu bubuk non fat  Ketika Moms mengonsumsi kentang yang telah ditumbuk, atau telur dan juga sereal. Lebih baik lagi bila anda menambahkan susu non fat, karena ini dapat memberikan kalori yang cukup pada tubuh ibu. 

Sebenarnya Moms yang hamil muda atau yang masih berusia trisemester pertama tidak terlalu membutuhkan kalori yang tinggi, karena pada masa itu tubuh Moms hamil dengan kebutuhan kalori yang biasanya akan membuat tubuh menjadi lebih efisien dalam pembagian energi dan juga pengeluarannya.

Akan tetapi bila kehamilan sudah berusia tua atau sedah berada pada trisemester akhir, makan kalori yang dibutuhkan akan meningkat sebanyak sekitar 200 Kalori setiap harinya. Karena tubuh ibu pada masa itu akan bekerja lebih keras daripada biasanya dan karena hal itu, ibu akan memerlukan energy yang lebih banyak juga daripada biasanya. 

 

Semoga bermanfaat. 

By: Babyologist Editor

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

1029 Babyologist Indonesia

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Ragam Manfaat Susu Hamil Untuk Ibu Hamil

Susu merupakan salah satu komponen yang sangat penting bagi ibu hamil. Lantas, nutrisi apa saja yang terkadung dalam susu untuk ibu hamil?

Sering Merinding Saat Hamil, Normalkah?

Moms, sering alami merinding saat hamil? Mari cari tahu penyebab dan cara mengatasinya berikut ini.

Waspada Mommyrexia Setelah Melahirkan

Moms, apakah itu mommyrexia? Hal apa yang menyebabkan mommyrexia ini kerap terjadi pada ibu hamil dan apa risiko nya jika terjadi?

Manfaat Penting Kelapa Muda untuk Ibu Hamil yang Perlu Diketahui

Apakah Mom tahu bahwa air kelapa dapat mendatangkan bermacam manfaat kepada ibu hamil dan janin?

Bolehkah Wanita Dengan Penyakit Lupus Hamil?

Lupus memang akan turut mempengaruhi masa kehamilan. Namun, apakah wanita masih bisa hamil meskipun menderita lupus?

Kenali Tanda Preeklamsia Pada Ibu Hamil

Apaa yang menyebabkan preeklamsia terjadi pada ibu hamil dan apa saja gejalanya? Mari simak pengalaman Mom Nike berikut.

Wajah Bengkak Selama Masa Kehamilan, Apakah Normal?

Saat hamil, beberapa ibu hamil akan mendapati wajahnya menjadi bengkak. Berbahaya atau normakah hal ini terjadi?

Kram Pada Masa Kehamilan, Apa Yang Harus Dilakukan?

Kram adalah bagian normal dari kehamilan. Namun, ada beberapa hal ketika kram bisa menjadi perhatian. Yuk, simak yang berikut ini.