Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Perut Gatal Di Masa Kehamilan

PREGNANCY  |  23 Jan '18


Memiliki kulit kering dapat memicu rasa gatal semakin memburuk dan menyebabkan timbulnya goresan pada area peut ibu hamil. Oleh karena itu penting untuk menjaga diri dan kulit perut yang terhidrasi dengan baik biasanya akan membantu menyamarkan rasa gatal. Jadi usahakan selalu banyak minum air putih diluar penggunaan krim atau lotion di kulit Anda.

Berikut adalah beberapa penyebab rasa gatal pada ibu hamil:

  • Terjadi peningkatan suplai darah ke kulit.
  • Melebarnya jaringan di bawah lapisan kulit seiring membesarnya kandungan.
  • Kulit Anda merupakan tipe kulit kering.
  • Terjadi perubahan hormon yang menimbulkan rasa tidak nyaman, termasuk gatal pada tangan, telapak tangan, kaki, serta perut.
  • Kondisi medis pada kulit yang umum terjadi, seperti eksim.
  • Iritasi kulit akibat infeksi jamur maupun gigitan tungau.

Bagaimana cara mengatasi kulit gatal pada ibu hamil?
Mandi dengan air hangat dapat mengeringkan kulit Anda, jika tidak terpaksa, sebaiknya jangan mandi dengan air hangat atau berendam dengan ar hangat terlalu lama di bathtub. Setelah mandi juga segera gunakan lotion atau krim di kulit perut, terutama di daerah yang sering terasa gatal. Jika Anda mengeringkan tubuh setelah mandi dengan handuk, pilih handuk yang bahannya lembut di kulit, juga hindari menggosok-gosok kulit terlalu kencang dengan handuk.

Saat rasa gatal yang Anda rasakan melebihi normal atau terdapat ruam di kulit, sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter kandungan sebelum menggunakan obat anti gatal tertentu.

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

2023 Ricka Puspita Atmadja

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Bolehkah Ibu Hamil Menyetir Mobil?

Apakah Anda sedang hamil namun tetap ingin mengemudi? Mari perhatikan apa saja yang mesti dipertimbangkan.

Bahaya Penyakit Rubella Pada Masa Kehamilan

Banyak terdapat resiko pada kehamilan jika tidak melakukan vaksin rubella. Benarkah demikian, dan apa ciri-cirinya? Mari simak yang berikut.

Berbahayakah Plasenta Previa?

Ada perlunya Moms mengenali salah satu kondisi serius yang mungkin Moms hadapi, ya itu plasenta previa. Apa itu? dan apa dampaknya? yuk kita pelajari!

Bolehkah Menggendong Anak Saat Hamil?

Berikut adalah beberapa hal yang perlu moms ketahui jika hendak menggendong si kecil . Apa sajakah? Mari simak yang berikut ini.

Resiko Ibu Hamil Menggunakan Heels

Sepatu heels mungkin memang tidak dapat dipisahkan dengan wanita, khusunya bagi para wanita yang terbiasa menggunakannya. Lantas, bagaimana [...]

Solusi Atasi Sulit Tidur Saat Hamil

Bagaimana cara mengatasi sulit tidur ketika hamil? Mari simak tips dari Mom Ricka berikut ini.

Mitos Baby Boy or Baby Girl

Berikut adalah beberapa mitos yang sering didengar seputar wanita hamil. Betul atau tidaknya itu semua, mari kita simak bersama berikut ini.