Categories

Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Pertumbuhan Janin Saat Usia Kehamilan di Minggu ke-13

PREGNANCY  |  11 Mar '19

Pada perkembangan kehamilan di minggu ke-13 atau memasuki usia 4 bulan, janin akan mengalami pertumbuhan yang signifikan. Pada minggu ini pula, Moms sudah bisa merasa tenang karena gejala-gejala berat yang dialami pada trimester pertama sudah resmi terlewat.

Kali ini, Moms perlu menyiapkan tenaga baru untuk bulan kehamilan yang penuh kegembiraan. Kenapa? Tentu saja karena mulai minggu ke 13 ini, janin akan mengalami perkembangan yang cepat dan akan semakin berkembang hingga waktu kelahirannya. Adapun beberapa perkembangan janin tersebut di antaranya sebagai berikut.

Pertumbuhan Janin pada di Minggu ke-13

  1. Janin Mulai Tampak Nyata
    Memasuki usia minggu ke-13, janin mulai tampak nyata karena sudah bisa dideteksi dengan mudah dengan USG. Mulai minggu ini, ukuran badan janin akan tumbuh lebih cepat dibanding minggu-minggu sebelumnya.
    Setidaknya, panjang janin akan mencapai 7 cm dan berat badannya sekitar 30 gram. Kaki-kaki akan bertumbuh semakin panjang dan jelas. Bahkan, kedua lengannya juga akan tumbuh mengikuti ukuran badannya. Ukuran badan dan kepala mulai proporsional.

  2. Sidik Jari, Mata dan Telinga Sudah Dapat Diidentifikasi
    Memasuki minggu ke-13, tidak hanya ukuran badan yang tumbuh menjadi lebih proporsional melainkan juga sidik jari, mata dan telinga. Si Kecil juga sudah bisa membuat gerakan-gerakan kecil seperti membuka dan menutup mata atau mengisap jari tangan meskipun ototnya masih belum berkembang sempurna.

  3. Organ Vital Tubuhnya Mulai Aktif
    Perkembangan kehamilan di minggu ke-13 juga ditandai dengan organ vital yang terbentuk dan mulai berfungsi sepenuhnya. Plasenta telah berkembang dan bertugas untuk memasok oksigen ke tubuh janin. Selain itu, plasenta akan menghasilkan hormon progesteron dan esterogen yang sangat penting untuk menjaga kehamilan.

Itulah beberapa perkembangan yang dialami si Janin di usia kehamilan 12 minggu. Pada usia ini, mungkin Moms perlu lebih perhatian dalam menjaga stamina dan kesehatan agar masa kehamilan ini bisa berjalan dengan baik. Berikut beberapa hal yang sangat disarankan dilakukan ibu hamil.

Tips Menjaga Kesehatan pada Kehamilan 13 Minggu

Lakukan Check-up Kesehatan Ibu dan Janin

Konsultasi kesehatan dan tes kehamilan sangat penting agar dokter dapat mengetahui kondisi jabang bayi. Dokter biasanya akan memberikan beberapa suplemen gizi atau vitamin agar janin bisa menerima asupan nutrisi yang diperlukan.

Berolahraga Rutin

Hamil bukanlah alasan untuk meniadakan olahraga dalam daftar kegiatan Moms. Olahraga bahkan diharuskan agar tubuh Moms bisa bertahan saat melalui proses kehamilan. Namun, jaga intensitas olahraga agar tidak terlalu berat. Tarik napas secara teratur dan segeralah beristirahat jika Moms mulai merasa sesak napas atau pusing.

Daftar Tes Kesehatan Kehamilan

Untuk menjaga perkembangan kehamilan di minggu ke-13, Moms mungkin akan menjalankan sejumlah tes kesehatan sebagai berikut:

  • Pengukuran tekanan darah dan berat badan ibu
  • Pemeriksaan gula dan protein di dalam urine ibu
  • Pemeriksaan denyut jantung janin
  • Pengukuran besar rahim dengan palpasi eksternal
  • Pengukuran panjang bagian bawah hingga ke rahim ibu
  • Pemeriksaan varises pada tangan dan kaki
  • Konsultasikan selalu dengan dokter mengenai jadwal tes kesehatan kehamilan.

Semoga bermanfaat.

By: Babyologist

Copyright by Babyologist

228 Babyologist Indonesia

Comments

Related Stories