Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Persiapkan Gigi Sehat Sejak Dalam Kandungan

HEALTH TIPS  |  10 May '17


Siapa yang tak ingin memiliki anak dengan gigi putih bak mutiara seperti layaknya bintang iklan pasta gigi? Pastinya, semua orang tua mendambakan hal yang sama. Namun ternyata, ada yang lebih penting ketimbang sekadar memiliki gigi putih, yaitu gigi kuat dan sehat yang bebas dari lubang.

Untuk memiliki gigi kuat yang bebas dari lubang, tentunya harus berawal dari struktur gigi yang kuat. Karena hal inilah yang membuat risiko gigi berlubang pada anak maupun orang dewasa dapat diminimalisir. Gigi berlubang atau karies pada dasarnya adalah sebuah penyakit yang merusak struktur gigi hingga akhirnya menyebabkan gigi berlubang. Ada banyak dampak negatif yang disebabkan oleh terjadinya lubang pada gigi, mulai dari sekadar nyeri, tanggalnya gigi, abses, hingga berujung pada kematian.

Untuk anak-anak, gigi berlubang disinyalir dapat memengaruhi prestasi belajar di sekolah. Anak yang memiliki lubang pada giginya cenderung lebih banyak absen ketimbang anak yang memiliki gigi sehat. Hal ini berbuntut pada turunnya prestasi akademis, yang dilihat dari penurunan nilai mata pelajaran yang mereka alami.

KAPAN STRUKTUR GIGI MULAI TERBENTUK?
Kendati memiliki struktur gigi yang kuat sangatlah penting bagi anak, namun banyak di antara orang tua yang “kecolongan” dan tak mempersiapkannya sedari dini. Banyak yang menyangka jika proses pembentukan gigi yang kuat baru bisa dimulai ketika sang bayi mengalami erupsi gigi pertamanya, yaitu saat berusia kurang lebih enam bulan setelah kelahiran. Padahal, proses pembentukan struktur gigi bermula saat kehamilan menginjak usia trimester pertama, atau tepatnya ketika kehamilan memasuki usia empat minggu. Pada tahap ini, janin menyerap kalsium serta fosfat yang mengalir di aliran darah sang ibu, lalu termineralisasi menjadi gigi. Namun ternyata, tak hanya gigi susu saja yang pembentukan strukturnya dimulai sejak masa kehamilan. Pertumbuhan struktur gigi permanen anak pun mulai menyusul terbentuk ketika kehamilan menginjak usia 20 minggu dan akan berlanjut hingga si bayi lahir dan tumbuh besar.

Ada sejumlah langkah yang dapat dilakukan untuk mempersiapkan struktur gigi yang kuat selama masa kehamilan. Yang terpenting pastinya mengonsumsi makanan dengan gizi yang seimbang dan terjaga kualitas serta kebersihannya.
Selain karbohidrat, protein, mineral, dan beragam vitamin yang biasa dibutuhkan oleh ibu hamil, ada pula beberapa asupan ekstra yang sangat dibutuhkan guna menunjang kekuatan struktur gigi sang bayi. Makanan yang kaya akan kalsium seperti susu dan telur ataupun fluoride semisal ikan teri, udang rebon, brokoli, ataupun sawi, disebut sebagai makanan yang memiliki peran penting terhadap pembentukan struktur gigi bayi.

HAL-HAL YANG HARUS DIHINDARI SELAMA PROSES KEHAMILAN
Menjaga pola makan yang sehat saja tidaklah cukup. Ada beberapa hal yang sebaiknya dihindari, karena dapat berdampak langsung pada pertumbuhan struktur gigi si bayi.

Berikut di antaranya:

  • Hindari makanan-makanan yang berpotensi mendatangkan infeksi, misalnya: telur setengah matang atau mentah, kerang mentah, keju brie, dan sebagainya. Karena jika ibu hamil terkena infeksi yang disebabkan oleh virus ataupun bakteri, perkembangan struktur gigi bayi pun dapat terganggu.
  • Hindari mengonsumsi alkohol dan rokok karena kandungan yang terdapat di dalamnya dapat membawa dampak buruk tak hanya bagi perkembangan struktur gigi, namun juga janin secara keseluruhan.
  • Sinar-X. Walaupun tindakan sinar-X saat hamil mungkin untuk dilakukan dengan beberapa syarat tertentu, namun sebaiknya ibu hamil berkonsultasi dengan ahlinya sebelum melakukan tindakan tersebut.
  • Bayi prematur. Banyak penelitian yang membuktikan bahwa kelahiran prematur dapat mempengaruhi perkembangan struktur gigi bayi. Hal ini disebabkan karena bayi yang lahir prematur dapat kehilangan momen pembentukan mineral tambahan.

Sumber : drf. Suzanty Arianny, Sp. KGA
Dokter Gigi Spesialis Kedokteran Gigi Anak

Written by: Corry Cecilia

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

1028 Corry Cecillia

Comments

LATEST POSTS

[REVIEW MOMWID] BRAND'S Saripati Ayam, Essence of chicken

Ada yang pernah mendengar tentang sari pati ayam atau essence of chicken? Ternyata Saripati Ayam ini sangat bermanfaat untuk Ibu Menyusui [...]

Kenali Gejala Dan Penanganan Anemia Pada Si Kecil

Apa gejala anemia pada si Kecil? Apa yang harus dilakukan jika si Kecil terkena anemia?

Hal-Hal Sederhana Untuk Mencegah Penyebaran Virus Corona Ala Mom Risny

Yuk simak cara Mom Risny menjaga keluarganya dari virus Corona.

What is Eczema?

What is Eczema?

Perhatikan Hal Berikut untuk Mencegah Virus Corona

Maraknya virus corona banyak membuat orang tua panik. Simak tips berikut agar si Kecil terhindar dari virus ini yuk Moms and Dads!

Penting untuk Diperhatikan Pasca Persalinan

Momen setelah bersalin tentu membahagiakan ya Moms and Dads. Tapi ada hal-hal penting yang perlu diperhatikan loh! Yuk, simak berikut ini.

Tips Mengenakan Masker untuk Si Kecil Demi Mencegah Coronavirus

Mengenakan masker merupakan salah satu cara pencegahan si Kecil tertular virus Corona. Tapi bagaimana jika si Kecil menolak masker?

Mengatasi Sinusitis Pada Balita

Pernah mendengar balita terkena sinusitis? Apa tandanya? Bagaimana cara mengatasinya? Yuk simak berikut ini!

Pengalamanku Alami Wasir Stadium 3 Pasca Melahirkan

Wasir setelah melahirkan? Pasti ga nyaman ya Moms. Yuk simak cerita berikut ini.

Mengenal Kulit Bayi dan Cara Menjaganya

Atopic dermatitis adalah kelainan kulit kronis yang menyerang 15-20% anak-anak serta 3% orang dewasa.

Cara Membuat Mosquito Spray Repellent dengan Variasi Essential Oil

Salah satu fungsi minyak esensial adalah dapat digunakan sebagai anti nyamuk. Bagaimana cara membuatnya?

Apakah Suntik TT Aman? Bagaimana Jika Tidak Suntik TT Sebelum Menikah?

Vaksin TT akan membantu dalam pencegahan tetanus dan sangat diperlukan bagi calon pengantin.

Sindrom Marfan: Kelainan Genetik pada Jaringan Ikat Manusia

Kelainan genetik pada jaringan ikat ini paling umum memengaruhi mata, pembuluh darah, tulang & jantung.

Mengenal Gejala Sindrom Bipolar, Gangguan Kepribadian Ganda Serius

Sindrom bipolar adalah gangguan mental yang ditandai dengan perubahan suasana hati ekstrem dan fluktuasi tinggi.

Mengenal Sindrom Behcet, Kelainan Langka yang Menyerang Pembuluh Darah

Sindrom Behcet merupakan kelainan langka yang menyebabkan pembuluh darah di seluruh tubuh mengalami peradangan.

Sindrom Asherman, Sindrom Langka yang Pengaruhi Menstruasi

Apa itu sindrom asherman yang mempengaruhi menstruasi pada wanita? Yuk kenali lebih dekat sindrom langka ini

Campak Jerman Pada Busui Apakah Berbahaya?

Campak jerman atau yang dikenal dengan campak 3 hari, sebenarnya berbeda dengan campak pada umumnya loh Moms.

Sindrom Klinefelter dan Dampaknya Terhadap Kesuburan Pria

Sindrom Klinefelter adalah kondisi genetik yang cukup umum ditemukan hanya pada pria. Bagimana dampaknya pada kesuburan?

9 Gejala Diabetes Tipe 2 yang Harus Diwaspadai

Mengenali tanda-tanda dan gejala awal dari kondisi kronis ini sangat perlu agar penderita dapat segera dirawat.

Pengertian, Penyebab dan Gejala Penyakit Kista

Benjolan berbentuk kantung yang dapat muncul di mana saja di tubuh ini dapat dialami oleh semua kalangan usia.