Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Persiapan Melahirkan Normal

PREGNANCY  |  02 Nov '17


Sebelum waktunya melahirkan, preggo mommies pastinya perlu memutuskan metode lahiran apa yang mau dijalani nantinya. Nah, untuk mommies yang ingin lahiran normal, saya mau sharing pengalaman saya lahiran normal dan apa saja yang menurut saya perlu dipersiapkan. 

Dari sebelum hamil, saya orang yang ngotot banget ingin lahiran normal. Meskipun sempat mengalami 2x keguguran (saya akan share next time) saya tetap ngotot mau lahiran normal. Keinginan saya didukung oleh Obgyn yang menangani lahiran saya, jadi buat mommies yang juga punya riwayat keguguran berulang, jangan patah semangat kalau mau lahiran normal ya. Bisa kok. 

Lalu, persiapan apa saja yang perlu dilakukan? 

1. Persiapan Fisik

  • Selama masa kehamilan
    Berolahragalah selama hamil moms. Meskipun rasanya malas, capek, perut berat, kalau tidak ada resiko tinggi pada kehamilan, please exercise moms. Selain mengurangi pegal-pegal saat hamil, olahraga juga melatih kekuatan yang dibutuhkan saat lahiran nanti. Hampir semua jenis olahraga bisa mommies lakukan: prenatal yoga, renang, cardio, atau bagi yang sudah sering berolahraga sebelum hamil, boleh dilanjutkan dengan menyesuaikan intensitasnya. Jika tidak yakin, boleh konsultasikan dengan dokter, olahraga apa yang baik untuk dilakukan. 
  • Menjelang due date (week 36 - sebelum melahirkan)
    Banyak-banyaklah jalan. Yes mom! Pasti sudah sering dengar kalau mau lahiran normal banyakin jalan. Betul kok moms, jalan-jalan bisa semakin menguatkan otot panggul kita sekaligus menyiapkan jalan lahir yang lebih matang. Lakukan juga gerakan yang bisa membantu mempersiapkan jalan lahir seperti squat, birth ball exercise, dll. Gerakannya bisa cari di YouTube kok. 
  • Waktu melahirkan
    Nah, selama proses lahiran, kita tidak pernah tahu proses pembukaannya berapa lama. Kalau sebentar, be thankful! Kalau lama? Seperti yang saya alami selama 16 jam? Tentunya butuh extra tenaga yah moms. Usahakan makan dan minum cukup selama proses kontraksi berlangsung moms. Kelihatannya mudah? Trust me moms, waktu pembukaan sudah besar, susah untuk mau makan dan minum. But eat and drink anyway!

2. Persiapan Mental

Buat saya, lahiran normal itu butuh niat yang sangat kuat moms. Saya yang ngotot bahkan dari sebelum hamil ini, pada waktu pembukaan sudah 8cm, saya sempet minta c-section loh moms! Iya, sudah 8cm, sudah hampir 16 jam berlalu, dan sangat lelah dan hampir tidak kuat menahan sakit itulah niat saya tiba-tiba hilang. Pikir saya "ngga penting deh ga bisa normal, yang penting ini cepetan lahir, cepetan sakitnya hilang". Bodoh ya mom? Udah hampir selesai mau nyerah duluan? Well, percaya ga percaya mom, saya dibilangin obgyn saya bahwa memang rata-rata orang menyerah di titik tersebut dan meminta c-section. 

Disinilah mom, saya tahu niat kuat saja tidak cukup. Saya bersyukur keluarga dan dokter bekerjasama untuk membantu saya tetap lahiran normal. Saya bersyukur mereka percaya saya bisa. Niat kuat disertai dukungan keluarga dan juga berserah pada Tuhan, moms pasti bisa. 

Semoga sharing saya bermanfaat. Kalau mau tanya lebih detail bisa contact ya moms. Have a great pregnancy journey!

By: Melly Wijaya 

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

2502 Melly Wijaya

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

-Progessence Phyto Plus Young Living- Selamat Mal...

-Progessence Phyto Plus Young Living- Selamat Malam ❤️❤️❤️ Okeey, di post kali ini aku akan bahas tentang essential oil Progessence Phyto Plus [...]

Melahirkan Lancar Aman Damai dengan BPJS #sharingbubuice

#sharingbubuice Ada yang masih hamil? Ada yg pegang kartu bpjs? Disimpen baik-baik ya kali aja kepake 😍 Oke jadi sebelumnya aku uda banyak de [...]

Tips Tradisional, Murah & Mudah agar ASI Lancar Jaya

Masalah yang paling sering dihadapi oleh ibu menyusui adalah kurangnya produksi ASI . Sayangnya, banyak ibu yang tidak mengetahui cara [...]

Pengalaman Melahirkan Prematur

Kita yang merencanakan Allah yang menentukan. Benar benar diluar rencana. Saat aku sudah merencanakan lahiran normal di bidan dekeeeet bgt dari [...]

Pengalaman melahirkan di masa pandemi Covid-19

Akhirnya aku bisa menyempatkan waktu untuk nulis artikel lagi, karena masih repot ngurusin bayi dan batitaku. 2 Bulan lalu aku melahirkan di [...]

Bahayakah Jika Ibu Hamil Makan Nanas?

Bahayakah Jika Ibu Hamil Makan Nanas? Kita tentu sering sekali mendengar tentang bahayanya makan nanas ketika hamil. Banyak yang berkata bahwa [...]

Persiapan, Resiko dan Keuntungan Hamil di Usia 35 tahun

Moms berusia 35 tahun atau lebih dan merindukan kehamilan? Perhatikan hal-hal berikut ini ya.

Tips Meminimalisir Kehamilan Resiko Tinggi

Bagi yang merencanakan kehamilan, simak yang satu ini yuk.

Pengalamanku Berpuasa Saat Hamil Muda

Yuk simak tips berpuasa bagi ibu hamil muda berikut ini.

Tidur Siang Saat Hamil Bisa Sebabkan Bayi Lahir dengan Craddle Cap?

Betulkah tidur siang di saat hamil dapat menyebabkan si Kecil terlahir dengan cradle cap?

Tips Menjalani Kehamilan dengan Nyaman

Siapa ibu hamil disini yang sering khawatir? Rasa stres dan khawatir bisa membuat kehamilan jadi ga nyaman loh.

Tips Meminimalisir Stretch Mark Selama Kehamilan

Bagaimana caranya menimalisir stretchmark selama kehamilan? Yuk, simak tips berikut ini.

Macam-macam Test Lab Selama Kehamilan

Tes laboratorium sangat penting dalam menunjang kesehatan kehamilan. Simak macam-macam tes lab selama kehamilan berikut ini, Moms!

Manfaat Birth Ball untuk Persalinan

Bermanfaatkah birth ball di masa kehamilan dan juga saat bersalin? Yuk, simak bersama berikut ini.

Sisi Positif dan Negatif Es Krim untuk Ibu Hamil

Siapa disini yang suka es krim? Bagaimana dengan mengonsumsi es krim selama masa hamil, boleh tidak? Yuk, simak berikut ini.

Manfaat Prenatal Gentle Yoga

Apa saja manfaat dari prenatal yoga? Yuk, kita simak cerita yang satu ini!

Bumil Pelihara Kucing? Aman Nggak Sih?

Amankah untuk ibu hamil memelihara kucing? Bagaimana dengan risiko toksoplasma? Yuk simak yang berikut ini.

Mitos dan Fakta Seputar Kehamilan

Mitos tentang masa kehamilan masih banyak terdengar. Yuk simak mitos-mitos berikut ini sehingga kita menjadi lebih bijak.

Tips Babymoon Aman dan Nyaman

Moms and Dads sedang merencanakan babymoon? Simak tips berikut ini agar liburannya berjalan dengan baik ya!

Sakit Pinggang: Tanda Kehamilan, atau Hanya Menstruasi?

Bingung apakah Moms sedang mengalami tanda menstruasi atau hamil? Mari simak beberapa perbedaan berikut.