Categories

Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Persiapan Persalinan Saat Hamil 8 Bulan

PREGNANCY  |  21 Sep '18

Hamil dengan usia kehamilan 8 bulan tentunya Anda sudah harus mempersiapkan kelahiran, seperti akan di mana Anda melahirkan, juga melakukan persiapan jika saja kelahiran harus dijalani dengan operasi. Selain mempersiapkan berbagai macam perlengkapan bayi Anda juga disarankan untuk melatih pernapasan, dan persiapan menyusui.

Untuk melakukan kelahiran yang normal, salah satu caranya adalah dengan mengikuti beberapa senam hamil yang disediakan beberapa rumah sakit setiap minggu. Pada senam hamil ini Anda akan dilatih pernapasan untuk persiapan melahirkan normal.

Yang perlu diperhatikan menjelang kelahiran

  1. Pertimbangkan rumah sakit yang tempat Anda bersalin yang bisa memungkinkan Anda untuk melakukan inisiasi menyusui dini (IMD), agar bayi bisa mendapatkan kolostrum atau ASI pertama. Juga pilihlah rumah sakit yan dapat menempatkan Anda dengan bayi anda dalam satu kamar, untuk memudahkan Anda memberi ASI kapan saja.
  2. Pada usia kehamilan 8 bulan Anda juga bisa mulai mengikuti latihan menyusui yang bisa ditemukan pada beberapa rumah sakit, klinik laktasi, atau asosiasi ibu menyusui Indonesia
  3. Lebih sering mengajak janin berinteraksi karena usia kehamilan 8 bulan pendengaran janin sudah sempurna.
  4. Minggu terakhir usia kehamilan 8 bulan sebaiknya sudah menyiapkan tas keperluan persalinan, agar jika sewaktu-waktu Anda mengalami kontraksi Anda tidak kerepotan lagi.

Sebagai wanita tentunya Anda tidak ingin ada sayatan pada bagian apapun ketika melakukan kelahiran. Oleh karena itu Anda bisa melakukan beberapa hal yang dapat memperkecil kemungkinan Anda mengalami sayatan.

Beberapa hal yang mengurangi risiko mengalami sayatan

  1. Lakukan senam kegel secara rutin untuk memperkuat otot bawah panggul
  2. Konsumsi nutrisi yang baik dan cukup agar kulit meregang dengan lebih baik
  3. Kompres dengan menggunakan air hangat ketika menjelang waktu persalinan
  4. Lakukan pijatan pada perineum atau bagian antara jalan lahir dengan anus. Pijatan ini juga bisa dilakukan oleh suami Anda

Semoga bermanfaat.

By: Babyologist Editor

705 Babyologist Indonesia

Comments

Related Stories