Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Perlukah Membersihkan Bahan Makanan Si Kecil dengan Pembersih Sebelum Diolah?

BRANDS  |  HEALTH TIPS  |  MY STORY  |  23 Mar '21


Setelah si Kecil memasuki usia 6 bulan, dia sudah mulai masuk masa MPASI. ASI saja tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya yang semakin beragam. Hal ini bisa membuat Moms deg-degan dan tambah repot. Memikirkan reaksi si Kecil pertama kali makan MPASI sampai menyisihkan waktu ekstra untuk menyiapkan makanan akan menghiasi hari-hari Moms ke depan.

Ketika berbicara mengenai MPASI, yang ada di benak Moms mungkin adalah seputar kapan si Kecil menunjukkan tanda-tanda siap MPASI, makanan apa yang tepat untuk makanan pertamanya, peralatan makan apa yang harus dipersiapkan, hingga bagaimana mengatur jadwal MPASI. Terkadang, Moms lupa bahwa selain mempersiapkan peralatan dan menu MPASI, Moms juga harus ekstra teliti dalam menjaga kehigienisan peralatan makan dan menu yang akan disantap si Kecil. Apabila keduanya tidak higienis, kuman penyakit akan masuk ke dalam perut si Kecil dan membuatnya sakit. Oleh karena itu, Moms perlu dengan teliti membersihkan peralatan, buah, hingga sayuran yang akan diolah.

Agar peralatan MPASI dan bahan MPASI yang akan diolah tidak menjadi sarang kuman penyakit, bakteri, bahkan virus, ikuti langkah-langkah berikut:

1. Cuci tangan sebelum mempersiapkan peralatan dan bahan MPASI

Cuci tangan dengan menggunakan sabun khusus cuci tangan mengandung antiseptik. Bersihkan sela-sela jari dan kuku sebelum membersihkan peralatan MPASI dan bahan-bahan makanan yang akan diolah. Hal ini untuk mencegah perpindahan kuman penyakit dari tangan Moms ke peralatan si Kecil dan bahan makanan yang akan diolah menjadi MPASI.

2. Lepas semua bagian peralatan MPASI sebelum dicuci

Moms harus memastikan semua bagian peralatan MPASI bersih, tidak ada bagian yang terselip kotoran seperti bagian dot atau tutup makanan. Jangan malas untuk melepas komponen-komponen botol susu, wadah makanan, dan food processor supaya tidak ada endapan yang dapat merusak peralatan dan menjadi sarang penyakit.

3. Gunakan sabun cuci khusus untuk membersihkan peralatan MPASI

Precious Bee Baby Liquid Cleanser merupakan pembersih khusus peralatan bayi seperti botol bayi dan perlengkapan lainnya agar tetap higienis dan steril. Cleanser ini juga dapat dipakai untuk mencuci buah-buahan dan sayuran yang akan diolah menjadi MPASI.

Precious Bee Baby Liquid Cleanser ini benar-benar aman dipakai karena terbuat dari bahan-bahan food grade, naturally biodegradable, dan anti-bacterial. Tidak hanya itu, sabun cuci khusus ini tidak mengandung parfum dan pewarna buatan, serta dapat menghilangkan residu susu dan noda membandel.  Karena tidak mengandung parfum, jangan heran kalau setelah mencuci peralatan makan atau makanan Moms tidak mendapati bau wangi seperti pembersih lainnya. Setelah dibilas, botol susu tidak berbau atau tidak ada wangi menempel seperti pembersih lainnya.

Berikut ini cara pakai Precious Bee Baby Liquid Cleanser:

Untuk mencuci peralatan MPASI si Kecil

·         Larutkan ½ sendok teh Precious Bee Baby Liquid Cleanser dengan 1 liter air

·         Rendam peralatan MPASI ke dalam larutan

·         Gunakan sikat khusus untuk membersihkan peralatan MPASI

·         Bilas dengan air mengalir

Untuk mencuci buah dan sayuran untuk MPASI

·         Larutkan ¼ sendok teh Precious Bee Baby Liquid Cleanser dengan 5 liter air

·         Rendam buah dan sayuran bahan MPASI selama 5 menit

·         Bersihkan buah dan sayuran

·         Bilas dengan air mengalir

Selain untuk mencuci peralatan MPASI dan bahan MPASI, Precious Bee Baby Liquid Cleanser juga cocok untuk membersihkan mainan dan aksesori si Kecil lainnya.

4. Gunakan sikat khusus untuk membersihkan botol susu

Agar botol susu awet dan tidak mengandung residu susu, segeralah cuci sesaat setelah dipakai. Sikat khusus botol susu lebih efektif untuk membersihkan lemak-lemak susu yang menempel di dinding botol dan dot. Gosok bagian bibir botol dan bersihkan bagian dalam botol dengan menggunakan sikat botol susu. Jangan mencampur sikat khusus ini dengan peralatan pembersih lainnya.

5. Bilas peralatan MPASI dan bahan makanan dengan menggunakan air mengalir

Jangan pernah menggunakan air tampungan untuk membilas peralatan si Kecil dan bahan makanan yang akan diolah menjadi MPASI. Alasannya, air tampungan berisiko sudah tercemar kuman penyakit. Sebaiknya, gunakan air mengalir dari keran untuk membilas.

6. Rendam peralatan MPASI dalam air panas atau gunakan sterilizer

Proses sterilisasi sederhana seperti merendam peralatan MPASI ke dalam air panas sudah cukup untuk benar-benar membersihkan peralatan-peralatan tersebut dari kuman penyakit. Namun, jangan merendam terlalu lama karena bisa merusak bentuk peralatan MPASI. Idealnya, Moms cukup merendam peralatan MPASI selama 5 menit. Selain merendam dalam air panas, Moms dapat membersihkan peralatan MPASI dalam sterilizer. Cara ini lebih praktis dan terjamin kehigienisannya.

7. Simpan peralatan MPASI dalam wadah tertutup

Siapkan wadah khusus untuk menyimpan peralatan MPASI agar bebas dari risiko terkontaminasi debu, kotoran, dan kuman penyakit. Pastikan kondisi peralatan MPASI dalam keadaan benar-benar bersih dan kering sebelum disimpan.

Referensi: BabyBee, Ibu dan Balita

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

2310 Babybee Indonesia

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Awet Muda dan Kulit Sehat, Hindari Polusi Bagi Lansia

Seiring dengan bertambahnya usia, tubuh manusia semakin tidak mampu mengimbangi efek bahaya

Bingung Mempersiapkan Menu Pertama untuk MPASI? Intip Ini Dulu!

Saat si Kecil berusia 6 bulan, dia sudah bisa makan menu MPASI pertamanya. Selain mendukung tumbuh kembang si Kecil, pemberian MPASI mulai usia [...]

Tak Hanya Botol Susu yang perlu Steril, Si Kecil Juga Butuh Udara Bersih

Orang tua terkadang terlalu intens dalam membersihkan peralatan makan si Kecil termasuk botol susu. Namun, terkadang, orang tua lupa dalam [...]

Teknik Spoon Feeding untuk Memulai MPASI

Seiring bertumbuhnya si Kecil, variasi asupan gizinya sudah bertambah tidak hanya ASI saja.

Selain Jaga Protokol Kesehatan, Lakukan Hal Ini Lindungi Keluarga dari COVID-19

Kasus infeksi virus Corona masih terus meningkat padahal vaksin COVID-19 belum dapat

Ketahui Cara Mengatasi Alergi Si Kecil Sejak Dini

Si Kecil bersin-bersin ketika bermain dengan kucing? Atau badannya memerah usai bermain di taman? Gejala tersebut merupakan gejala alergi. [...]

Tips Efektif Cegah Ruam Popok di Masa Pandemi

Apakah Moms merasa kaget dan khawatir ketika pertama kali mendapati kulit pantat si Kecil merah-....

Memompa ASI Tanpa Rasa Sakit dengan Dr. Brown’s Silicone Breastpump

Moms kesulitan dalam memompa ASI? Tenang, Moms tidak sendirian. Banyak busui, baik new Moms maupun