Categories

Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Perlukah Membuat Akun Media Sosial untuk Anak?

OTHERS  |  PARENTING  |  07 Jun '18

Bicara tentang media sosial, sepertinya sudah menjadi bagian dari kehidupan jaman sekarang ya, Moms. Bukan hanya orang dewasa, bahkan anak-anak sekarang pun sudah mengenal dan menggunakan media sosial, baik itu 'menumpang' di akun media sosial milik orangtua, atau bahkan punya akun media sosial sendiri. Dan alasannya pun bermacam-macam, mulai dari sekedar membagikan momen lucu atau agar kerabat yang tinggal jauh dari kita bisa dengan mudahnya melihat foto maupun video Si Kecil.

Kita semua pun pasti tahu bahwa penggunaan media sosial itu sendiri memiliki dampak baik dan buruk. Lalu apa saja sisi positif dan negatif dari akun media sosial tersebut? 

Jika dilihat dari sisi positifnya, memang benar media sosial memungkinkan Moms untuk lebih mudah berhubungan dengan keluarga atau kerabat. Selain itu, media sosial juga bisa dijadikan diary yang menyimpan banyak momen perkembangan anak dari waktu ke waktu. Momen-momen lucu tersebut bisa tersimpan selamanya di akun media sosial tanpa memenuhi memori handphone.

Tapi Moms juga pasti sudah tidak asing dengan berita kasus penculikan anak di bawah umur bahkan hingga perdagangan anak. Bagaimana caranya tindak kriminal yang mengancam bayi dan anak-anak tersebut bisa terjadi? Tidak lain karena foto dan video Si Kecil dapat dengan mudah diakses oleh pihak-pihak yang tak bertanggung jawab karena beredar luas di internet.

Ternyata bukan hanya bahaya penculikan lho, Moms. Mengunggah foto atau video anak di media sosial juga dapat memicu tindakan bullying dan para pengidap pedofilia untuk melakukan tindakan yang tidak pantas lainnya.

Jadi, perlukah membuatkan akun media sosial untuk anak?

Yuk simak beberapa pertimbangannya di bawah ini:

Pastikan selalu menjaga keamanan Si Kecil dengan tidak mencantumkan location tag yang menunjukkan tempat atau lokasi dari foto dan video yang diunggah. Karena ini akan mempermudah orang asing untuk mengetahui di mana kita berada.

Membatasi pertemanan di akun media sosial anak juga merupakan tindakan penting. Moms bisa menggunakan mode 'private account' pada media sosial Si Kecil, sehingga jika ada yang ingin mengajukan pertemanan Moms bisa selektif memilihnya.

Jangan mencantumkan informasi terlalu detail mengenai data diri anak, baik dalam profil biodata akun maupun caption foto dan video yang diunggah.

Jangan pula memasukkan foto-foto yang bersifat pribadi. Seperti saat sedang mandi, ganti baju, atau hal-hal yang berkaitan dengan privasi.

Nah, di atas adalah beberapa pertimbangan untuk mencegah efek negatif ketika membuat akun media sosial untuk anak. Tapi semua kembali lagi ke orangtua masing-masing yah, Moms. Walau bagaimanapun, setiap orangtua pasti tahu yang terbaik untuk anaknya.

Semoga bermanfaat.

By: Rae Fathy Aulia Rusba. 

3386 Rae Fathy Aulia Rusba

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Stimulasi Bayi Merangkak, Berdiri, dan Merambat

Untuk dapat merangkak, bayi butuh keseimbangan tubuh yang baik. Moms bisa mengikuti beberapa langkah ini untuk menstimulasi si Kecil.

Tips Merawat Bayi Prematur

Moms, yuk simak pengalaman dan tips merawat bayi prematur ala Mom Febby berikut ini. Semoga bermanfaat.

Membuka Rekening Tabungan Anak, Sejak Kapan?

Pendidikan anak saat ini sangat penting. Biasanya orangtua akan menyiapkan anggaran dengan membuka tabungan. Kapan sebaiknya dimulai?

Tahapan Belajar Bicara Anak

Mom harus memahami tahapan komunikasi anak agar dapat memastikan pertumbuhannya tergolong normal dan baik.

Stimulasi Kemampuan Bahasa Anak

Kecerdasan linguistik anak haruslah diasah sejak dini, hal ini bertujuan untuk mempercepat kemampuan berbicaranya.

8 Kata Positif yang Sering Saya Ucapkan pada Anak

Mari kita simak apa saja kata-kata yang sering Mom Valent Cindy gunakan untuk Gavin setiap harinya.

Waspada Penyakit Terbaru Screen Dependencies Disorder

Waspadai penyakit terbaru, Screen Dependencies Disorder. Penyakit apa lagi ini? Apa yang orang tua dapat lakukan untuk mencegah ini?