Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Perlukah Memberikan Minyak Ikan untuk Anak?

GROWTH & DEVELOPMENT  |  HEALTH TIPS  |  02 Jan '19


Hi Moms, adakah Moms di sini yang memberikan suplemen minyak ikan pada anaknya?

Minyak ikan sendiri merupakan salah satu suplemen yang cukup banyak diminati oleh para orang tua dengan alasan dapat mengoptimalkan perkembangan sel otak anak. Selain itu, pada description product minyak ikan tersebut juga menuliskan hal serupa, yaitu untuk perkembangan otak, mata, tulang dan sistem saraf, serta meningkatkan nafsu makan. Kali ini saya mau memaparkan manfaat minyak ikan berdasarkan penjelasan salah seorang DSA.

Minyak ikan mengandung omega-3 yang merupakan asam lemak tak jenuh ganda dan di dalam omega-3 ini mengandung DHA dan EPA.

DHA merupakan komponen utama yang terdapat di dalam sel, khususnya sel otak dan sel mata. DHA bersama-sama dengan EPA dapat meningkatkan sistem imun dalam tubuh sehingga dapat mencegah terjadinya penularan penyakit. Selain itu, kedua komponen ini juga bermanfaat dalam mencegah terjadinya penyakit demensia. Namun sayangnya, tubuh manusia tidak dapat memproduksi omega-3, dan hanya ASI yang merupakan satu-satunya bagian dari manusia yang mengandung tinggi DHA. Omega-3 ini nyatanya hanya bisa didapatkan dari sumbernya, yaitu ikan. 

Berdasarkan paragraf di atas, ternyata memang benar ya Moms bahwa omega-3 bermanfaat untuk perkembangan otak dan mata serta berbagai manfaat lainnya. Lalu apakah minyak ikan ini juga memiliki manfaat yang sesuai dengan deskripsi tersebut?

Lebih lanjut, DSA ini memaparkan mengenai suatu penelitian yang membandingkan antara dua populasi. Populasi pertama adalah sekumpulan anak yang mendapatkan omega-3 yang berasal dari sumbernya, yaitu ikan. Populasi kedua mendapatkan omega-3 yang berasal dari minyak ikan. Ternyata hasil menunjukkan bahwa populasi yang mendapat omega-3 dari minyak ikan tidak menunjukkan adanya perkembangan sel otak yang signifikan. Berbeda dengan populasi yang mendapatkan omega-3 langsung dari ikan justru menunjukkan outcome adanya perkembangan sel otak. Berdasarkan hal ini, maka minyak ikan tidak memiliki manfaat yang bermakna dalam mengoptimalkan perkembangan otak, ujar DSA tersebut.

So Moms, pilihan mana yang akan Moms pilih, ikan atau minyak ikan?

 

Semoga bermanfaat.

By: Editha Aldillasari

Copyright by Babyologist

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

637 Editha Aldillasari

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Mengoptimalkan Tumbuh Kembang Anak dengan Multivitamin

Bukan suplemen yang dijual di pasaran, tapi ada 5 vitamin dan mineral yang sangat penting dan dibutuhkan anak.