Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Perlukah Imunisasi Campak Tambahan?

HEALTH TIPS  |  20 Apr '18

Selain imunisasi wajib yang diberikan terhadap anak, Departemen Kesehatan Republik Indonesia menyarankan bahwa setiap anak melakukan imunisasi campak tambahan. Sebab imunisasi campak tambahan ini sudah diteliti dapat mencegah berbagai macam penyakit, seperti paru-paru, campak jerman, Hepatitis A, radang selaput otak dan kanker mulut rahim. Namun pemberian imunisasi campak tambahan tersebut belum termasuk ke dalam daftar imunisasi PPI dan belum disubsidi oleh pemerintah, sehingga imunisasi campak tambahan itu sifatnya tidak wajib.

Adapun beberapa jenis imunisasi campak tambahan yang dianjurkan oleh pemerintah untuk diberikan kepada setiap bayi agar kekebalan tubuh bayi semakin lebih kuat, diantaranya yaitu : 

  • Imunisasi Hib
    Salah satu jenis imunisasi campak tambahan yang dianjurkan pemerintah untuk diberikan kepada bayi yaitu imunisasi Hib. Imunisasi Hib ini bertujuan untuk mencegah bayi terkena infeksi virus haemophilus influenza tipe B, yang mana virus tersebut sangat berbahaya dan dapat mengakibatkan radang selaput otak. Adapun jadwal pemberian imunisasi Hib ini yaitu pada saat bayi usia 2 bulan, 4 bulan, 6 bulan dan 15 bulan.
  • Hepatitis A
    Setelah bayi mendapatkan vaksin hepatitis B pada saat baru lahir, bayi juga sebaiknya diberikan vaksin hepatitis A. hal ini tentunya bertujuan untuk mencegah bayi terkena penyakit hepatitis A yang cukup serius, yaitu dapat merusak organ hati. Pemberian vaksin ini sebaiknya dilakukan ketika anak sudah berusia 2 tahun.
  • MMR (Masies, Mumps dan Rubella)
    Pemberian vaksin MMR sangat dianjurkan sekali untuk diberikan kepada anak, dan diberikan pada saat anak berusia 25 bulan dan di usia 6 tahun. Tujuan dari pemberian imunisasi MMR yaitu untuk mencegah terjadinya penyakit campak, rubella dan gondok.
  • HVP (Humanpapilloma Virus)
    Selanjutnya, imunisasi campak tambahan yang dianjurkan yaitu imunisasi HPV. Pemberian vaksin ini bermanfaat untuk mencegah datangnya virus humanpapilloma yang dapat menyebabkan kanker rahim.
  • Tifoid
    Terakhir yaitu vaksin Tifoid. imunisasi campak tambahan pemberian vaksin tifoid memiliki manfaat untuk mencegah terjadinya infeksi bakteri salmonella typhi yang merupakan penyebab penyakit tifus. Yang mana kita tau sendiri penyakit tyfus ini seringkali menyerang anak-anak bahkan orang dewasa, jadi agar terhindar dari penyakit tersebut sebaiknya Moms memberikan imunisasi tifoid. Adapun untuk pemberian imunisasi jenis ini yaitu pada saat anak sudah berusia 2 tahun, dan bisa diberikan kembali pada saat berusia 3 tahun.

Semoga bermanfaat.

By: Babyologist Editor

 

BACA JUGA: Waspada Terserang Herpes Simplex

118 Babyologist Editor Send Message to Writer

Related Stories