Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Perlukah Booster ASI?

MY STORY  |  19 Dec '18


Di usia Celine yang sudah hampir 1 tahun ini, saya bersyukur banget karena hasil pumping masih bisa memenuhi botol. Salah satu pertanyaan yang paling banyak ditanyakan pada saya adalah apakah saya mengonsumsi booster ASI?

Apa booster ASI itu perlu? 

Menurut saya, booster ASI itu perlu, TAPI BUKAN YANG UTAMA. Kenapa? Karena prinsip dasar ASI adalah Supply by Demand. Kalau semakin sering pumping/menyusui, maka otomatis ASI yang diproduksi akan semakin banyak. Jadi, percuma konsumsi booster ASI tapi jarang pumping/menyusu, tidak akan ada efeknya.

Jika sudah rajin pumping atau menyusu tapi hasilnya masih sedikit atau bayi menunjukkan gejala tidak cukup ASI, maka Moms perlu cari tahu dulu apa sih penyebab ASI tidak bertambah. Bisa jadi ada penyebab lain yang membuat ASI sedikit, misalnya PCOS, menggunakan KB hormonal, mengonsumsi obat/suplemen yang berpengaruh pada ASI, stres, dsb. Seperti saya yang PCOS, jadi harus jaga makan supaya hormon bekerja dengan baik dan ASI lancar.

Jika kedua hal tadi sudah dilakukan, maka Moms bisa pertimbangkan untuk konsumsi booster ASI. Booster ASI tidak cuma produk yang berlabel "booster ASI", tapi bisa dari makanan kita sehari-hari, yaitu makanan yang bersifat laktogenik.

Yang rutin saya konsumsi antara lain: alpukat, pepaya, wortel, bayam, daun katuk, kacang mede, almond, macadamia, minyak & biji wijen, oat, barley, jahe, kunyit, beras merah, flaxseed.

Untuk suplemen setelah coba beberapa merek, yang paling ampuh adalah yang kombinasi Fenugreek dan Blessed Thistle. Saya tidak konsumsi suplemen booster ASI setiap hari, hanya ketika saya lihat hasil pumping mulai drop. Misal drop 10 ml, saya langsung konsumsi suplemen. Jangan tunggu sampai drop banget baru konsumsi booster ASI, karena supply ASI kalau sudah turun lumayan susah untuk menaikkan lagi.

Selain rutin pumping/menyusu, jangan lupa power pumping minimal 1x sehari, berturut-turut hingga supply ASI meningkat. Supaya ASI lancar, usahakan pancing LDR sebelum mulai pumping. Moms juga perlu tahu kalau ASI banyak tidak selalu payudara terasa keras. 

Jadi kesimpulannya, jadikan booster ASI itu sebagai penunjang saja ya Moms. Kalau mau ASI banyak, tetap harus rajin pumping/menyusui. 

 

Semoga bermanfaat.

By: Kristiani Chen

Copyright by Babyologist

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

575 Kristiani Chen

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

8 Langkah Mudah Sukses ASI selama Pandemi dan New Normal

Moms bisa menjaga produksi ASI agar tetap berkualitas dengan 8 langkah mudah ini.

Sisi Lain New Normal for New Mom

Buat para busui yang mau sukses mengASIhi di masa new normal ini, tips berikut ini wajib disimak.

Efek Relaksasi PD dengan Menggunakan Pompa ASI Dual Motor

Pilihlah pompa ASI dual pump yang dual motor sehingga Moms bisa mengatur tekanan kedua pompa sesuai kedua payudara.

Jangan Salah Memilih Pompa ASI, Moms!

Pompa ASI Dual Motor adalah Pompa ASI elektrik yang memiliki dua mesin. Aku dapat mengatur daya isap masing-masing mesin tersebut sehingga [...]

Pilih Pompa ASI Dual Motor untuk Kemudahan Menyusui

Ada beberapa kondisi yang mengharuskan para ibu untuk memompa ASI Pada awal-awal menyusui.

4 Keuntungan Menggunakan Pompa Dual Motor

Memang, Pompa ASI dual motor sangat membantu para ibu terutama working Moms. Mereka bisa tetap memompa ASI saat berada di kantor dan membawa [...]

Sukses Menjadi Mama Eping Berkat Dual Motor Breast Pump

Tidak semua ibu beruntung untuk bisa menyusui bayinya secara langsung. Beberapa di antaranya memutuskan untuk menjadi Mama Eping dan [...]

4 Kelebihan Breast Pump Dual Motor untuk Working Moms

Apa saja 4 keunggulan pompa ASI dual motor dibandingkan dengan pompa ASI biasa? Simak penjelasan berikut.

Demam sebagai Tanda Dehidrasi pada Newborn

Pelekatan menyusui yang tidak tepat bisa membuat si Kecil demam karena dehidrasi lho Moms!

Tips Pumping Menyenangkan ala Mom Reza

Apakah Moms merasa bosan dengan rutinitas pumping? Yuk coba ikuti tips pumping menyenangkan dari Mom Reza!