Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Perlu Bepergian di Saat New Normal? Perhatikan Tips Berikut Ini!

BABY  |  BRANDS  |  03 Jul '20


Selepas fase karantina untuk mencegah penularan penyakit Corona, muncul fase New Normal. Pada fase ini, orang-orang sudah diperbolehkan untuk berkegiatan seperti sejak sebelum pandemi berlangsung namun dengan tetap menerapkan langkah-langkah preventif mengatasi COVID-19. 

Keluar rumah memang merupakan salah satu ide bagus untuk menjaga kesehatan fiisk dan mental Moms, si Kecil, dan keluarga. Akan tetapi, sebelum bepergian keluar rumah di saat New Normal ini, praktikkan tips-tips berikut:

Tips bepergian bersama si Kecil yang aman selama New Normal

1. Usahakan tidak menyentuh permukaan apa pun saat berada di luar

Jika Moms tinggal di rumah keluarga, mungkin hal ini tidaklah terlalu berbahaya. Namun, bagi Moms yang tinggal di rumah susu atau apartmen, Moms harus menghindari atau hati-hati ketika menyentuh railing tangga, tombol lift, atau kenop pintu. Gunakan sarung tangan, handuk kertas, atau tisu saat harus menekan tombol lift atau menyentuh kenop pintu. 

Beri tahu si Kecil agar tidak menyentuh benda-benda di luar rumah. Urungkan niat untuk mengajak si Kecil bermain di taman bermain. Segera bersihkan tangan Moms dan si Kecil ketika tidak sengaja menyentuh permukaan benda.

2. Terapkan physical distancing secara tegas

Pertahankan jarak fisik minimal 1 meter saat Moms dan si Kecil berada di luar ruangan. Meski kemungkinan tertular dari orang yang berpapasan sangat kecil, jangan anggap remeh kemungkinan tersebut dengan cara menjaga jarak seluas mungkin.

3. Dilarang bepergian bersama dengan orang yang tidak tinggal serumah

Bergabung dengan tetangga atau keluarga lain untuk berjalan-jalan memang terlihat menyenangkan, namun, untuk sementara, hindari membuat janji bepergian dengan anggota keluarga atau orang lain yang tidak tinggal serumah. Pada praktiknya, akan sangat sulit untuk menjaga jarak dengan mereka, terutama si Kecil yang meski telah Moms peringatkan mungkin belum paham betul artinya physical distancing.

4. Naiklah kendaraan pribadi

Kendaraan umum di Indonesia memang telah memberlakukan protokol kesehatan pencegahan COVID-19. Meski begitu, jika lokasi bepergian masih dekat dan terjangkau, Moms lebih baik menggunakan kendaraan pribadi karena membantu mengurangi kontak dengan orang lain, lebih aman, dan lebih irit.

5. Bawalah keperluan esensial ketika bepergian selama pandemi

Dokter spesialis penyakit dalam di RSUD Sawah Besar, Jakarta Pusat, dr. Andi Khomeini Takdir Haruni, SpPD(K), merinci 8 barang yang harus dibawa setiap individu untuk mendukung upaya pencegahan Coronavirus di masa New Normal ini. Barang-barang esensial tersebut adalah masker kain, vitamin C, hand sanitizer, alat makan pribadi, masker cadangan, tisu basah, semprotan desinfektan, dan alat ibadah pribadi. 

Perlengkapan di atas merupakan perlengkapan esensial yang harus dibawa oleh orang dewasa. Di samping itu, Moms perlu juga membawa peralatan yang menunjang kebutuhan si Kecil seperti perlengkapan tidur (kain bedong, baju tidur tertutup hingga kaki, kasur empuk, dsb.), perlengkapan menyusui (pompa ASI, cooler bag, nipple cream, dsb.), diaper bag, tisu basah bayi bebas alkohol dan paraben, serta peralatan untuk membawa si Kecil saat bepergian seperti car seat, baby carrier, atau stroller.

Ngomong-ngomong soal stroller, nih, perlengkapan travelling si Kecil satu ini memang tidak boleh terlupakan. Stroller memudahkan Moms untuk mengistirahatkan si Kecil ketika dia mengantuk atau lelah. Tidak hanya itu, stroller juga berguna untuk mengamankan si Kecil saat Moms harus melakukan aktivitas sehari-hari di dekatnya. Agar stroller yang Moms pilih sesuai dengan kebutuhan si Kecil, pilihlah stroller dengan kriteria-kriteria berikut:

  • Desain ramah lingkungan, utamakan memilih stroller dengan material plastik daur ulang dan polypropylene
  • Ringan tetapi kuat alias mudah dibawa-bawa tetapi tidak mudah rapuh
  • Mudah dilipat, disimpan, dan dibuka kembali
  • Bagian-bagiannya seperti seater, frame, dan gagang stroller mudah dibersihkan; terutama di masa pandemi ini, rutinlah membersihkan stroller dengan cairan desinfektan atau air sabun
  • Tempat duduk luas sehingga nyaman digunakan dari bayi baru lahir hingga usia balita
  • Mudah dimanuver di medan jalan yang tidak selalu mulus, roda tidak kaku tetapi tetap kuat
  • Bagaimana, Moms? Sudah siap bepergian dengan si Kecil di era New Normal ini? Selalu jaga kesehatan baik Moms maupun si Kecil dan hindari keluar rumah jika badan tidak fit, ya, Moms.

Referensi: Fimela, Grid Health ID, Harvard Medical School, Indozone

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

337 Greentom Indonesia

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Bepergian dengan Si Kecil Tanpa Rempong, Memangnya Bisa?

Tentu Mom merasakan bagaimana repotnya saat Mom ingin bepergian bersama si Kecil. Tapi jangan salah, Mom bisa loh Bepergian tanpa rempong! Yuk [...]