Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Perkuat Pertahanan Tubuh Si Kecil, Bantu Ia Kembali Beraktivitas

BRANDS  |  MY STORY  |  17 Mar '22


Seperti yang kita ketahui, sistem imun si Kecil masih belum sempurna karena dia masih dalam masa pertumbuhan. Padahal, kita masih berada di dalam pandemi COVID-19. Banyak orang tua khawatir akan kesehatan si Kecil, tak terkecuali Moms.  Apa yang dapat Moms lakukan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh si Kecil sehingga dapat menangkal COVID-19 serta penyakit lainnya?

Sesungguhnya, ada banyak cara yang bisa Moms lakukan untuk mendukung pengembangan sistem imun si Kecil. Namun, tidak ada langkah yang instan. Cara utama dan terbaik supaya sistem kekebalan tubuh terjaga pada dasarnya adalah dengan hidup sehat. Yuk, Moms, simak langkah apa saja yang dapat Moms lakukan untuk mendukung hidup sehat yang selanjutnya akan berkontribusi memperkuat pertahanan tubuh si Kecil!

Pastikan si Kecil cukup istirahat

Waktu istirahat, terutama waktu tidur, sangat bermanfaat untuk menyegarkan dan mengisi kembali tenaga tubuh, baik itu untuk orang dewasa maupun anak-anak. Ketahui bahwa jumlah jam tidur yang dibutuhkan oleh anak-anak bervariasi menurut usia. Seorang bayi baru lahir bisa tidur dari 12 hingga 16 jam sehari. Sementara itu, anak-anak dan remaja membutuhkan 8-10 jam tidur setiap harinya. Setiap individu anak juga berbeda, ada yang membutuhkan tidur lebih banyak, ada pula yang tidur lebih sedikit.

Moms dapat mendorong si Kecil untuk tidur yang sehat dengan membatasi screen time. American Academy of Pediatrics (AAP) sebagaimana dikutip Kids’ Health melarang screen time pada bayi yang lebih muda dari 18 tahun. Perkecualian diberikan apabila screen time bertujuan untuk video chatting dengan kakek-nenek, anggota keluarga lainnya, atau teman, karena dianggap sebagai quality time untuk berinteraksi dengan orang lain.

Selanjutnya, balita berusia 18 hingga 24 bulan dapat mulai menikmati screen time dengan pengawasan orang tua atau pengasuh. Si Kecil yang sudah berusia 18-24 bulan sudah mampu belajar dengan bantuan orang dewasa. Saat si Kecil berusia 2-3 tahun, dia boleh menonton program pendidikan berkualitas tinggi hingga 1 jam sehari.

Anak-anak yang lebih dewasa, seperti yang mulai beranjak remaja, harus benar-benar mematikan gawai 1 atau 2 jam sebelum waktu tidur. Gawai juga sebaiknya tidak berada di kamar tidur pada malam hari. Selalu jaga jadwal tidur si Kecil teratur, ya, Moms!

Dorong si Kecil selalu aktif

 

Olahraga selain membuat badan sehat juga mengurangi kemungkinan si Kecil untuk sakit. Faktanya, anak-anak harus benar-benar aktif selama satu jam sehari. Aktif di sini tidak harus berarti senam aerobik atau olahraga di gym, bisa saja dengan berkegiatan aktif di taman bermain atau sekadar berjalan-jalan di sekitar rumah. Lebih banyak belum tentu lebih baik, sesuaikan dengan kondisi dan minat bakat anak, ya, Moms! Jika si Kecil memang cerdas di bidang olahraga atau seorang atlet junior, pastikan bahwa olahraga tidak membuatnya ngantuk atau kelelahan. Sebab, terlalu banyak berolahraga hingga kelelahan dapat menyebabkan masalah pada sistem kekebalan tubuh juga, loh, Moms!

Ajarkan si Kecil mengelola stres

Stres dapat membuat siapa pun, tak terkecuali anak-anak, menjadi kurang sehat dan lebih rentan terhadap infeksi. Maka, pastikan si Kecil memiliki waktu senggang untuk bermain, serta memiliki akses ke aktivitas atau orang-orang yang dapat membuatnya bahagia. Karena kita masih dalam masa pandemi, pastikan akses ke orang lain tersebut aman dan steril, ya, Moms! Bisa cukup melalui video call atau tetap menerapkan protokol kesehatan yang berlaku.

Moms juga perlu meluangkan waktu bersama sebagai sebuah keluarga. Ciptakan kesempatan bagi si Kecil untuk membicarakan apa pun, termasuk hal-hal yang membuat mereka khawatir. Terlebih lagi, kondisi pandemi COVID-19 ini telah membuat banyak anak mengalami kecemasan dan depresi. Untuk itulah, jika Moms khawatir akan suasana hati si Kecil yang tak kunjung membaik atau kesehatan emosionalnya, segera konsultasikan ke dokter.

Pastikan si Kecil diimunisasi lengkap

Imunisasi dapat mencegah penyakit menular mematikan seperti polio, tetanus, hepatitis, batuk rejan, campak, dan sebagainya. Tanpa vaksin, si Kecil berisiko sakit parah hingga cacat bahkan kematian. Tentu saja, imunisasi pada bayi, balita, dan anak-anak akan mencegahnya mudah terkena penyakit batuk pilek, yang sangat diperlukan di masa pandemi ini. Karena itulah, pastikan rangkaian imunisasi si Kecil lengkap sesuai dengan usianya, ya, Moms.

Tidak hanya itu, seluruh anggota keluarga yang memenuhi syarat untuk vaksin COVID-19 juga harus divaksinasi lengkap. Sebab, kekebalan komunal sangat membantu mencegah penyakit parah sehingga si Kecil dapat beraktivitas dengan lebih leluasa.

Jangan abaikan protokol kesehatan

Selain imunisasi, si Kecil juga harus diajarkan untuk menaati protokol kesehatan, seperti menggunakan masker jika keluar rumah, rajin mencuci tangan dengan menggunakan air mengalir dan sabun, menjaga jarak, dan menerapkan etika batuk. Biasakan juga mengajak si Kecil untuk berjemur minimal sekitar 10-15 menit setiap harinya, yang bisa dilakukan antara pukul 09.00 dan 15.00. Penerapan protokol kesehatan dapat meningkatkan imunitas si Kecil dalam menangkal berbagai macam penyakit, termasuk virus Corona.

Berikan si Kecil diet sehat

Makanan bernutrisi seperti sayuran, buah, biji-bijian, dan protein tanpa lemak besar kontribusinya dalam perkembangan tubuh si Kecil. Diet sehat memberikan tenaga yang cukup untuk melakukan aktivitas sehari-hari serta memperkuat sistem imun si Kecil.

Untuk memenuhi kebutuhan kalsium si Kecil, selain dari ASI, Moms juga bisa memberikan susu pertumbuhan. Susu pertumbuhan yang baik adalah yang mengandung sinergi nutrisi. Jadi, selain kalsium, susu tersebut juga harus mengandung nutrisi lain yang mendukung si Kecil tumbuh sehat dan cerdas.

 

Susu Morinaga Chil Kid Gold mengandung AA & DHA, Omega 6 & Omega 3, Kolin, Zat Besi, Protein, dan Vitamin B12. AA & DHA merupakan asam lemak esensial rantai panjang yang penting dalam struktur dan perkembangan otak. Sedangkan Omega 6 & Omega 3 adalah asam lemak yang merupakan bahan pembentuk AA & DHA. Kemudian, Kolin berfungsi menunjang perkembangan sistem sel saraf dan memperkuat daya ingat (memori). Kandungan Zat Besi dalam susu ini meningkatkan konsentrasi dan stimulasi kecerdasan. Lalu, ada Protein juga yang merupakan salah satu komponen esensial dalam pertumbuhan dan perkembangan anak. Terakhir, susu yang tersedia dalam varian rasa Vanilla dan Madu ini juga mengandung Vitamin B12 yang berperan sebagai koenzim dalam pembentukan asam nukleat, misalnya pembentukan sel darah merah. Semua kandungan dalam Susu Morinaga Chil Kid Gold yang tersebut di atas mendukung Kecerdasan Multitalenta si Kecil.

Jika Moms ingin menjaga kesehatan saluran cerna si Kecil agar daya tahan tubuhnya optimal, Moms bisa memilih Susu Morinaga Platinum MoriCare+ Triple Bifidus. Susu pertumbuhan ini adalah satu-satunya susu pertumbuhan dengan sinergi Probiotik Triple Bifidus dan Prebiotik GOS, dengan Formula Yang Disempurnakan bantu perkuat Daya Tahan Tubuh si Kecil serta Zero Sugar. Susu yang juga tersedia dalam varian rasa Vanilla dan Madu ini juga mengandung Kalsium, Vitamin D, Magnesium, Whey Protein (Alfa Laktalbumin), dan 15 Vitamin & 9 Mineral untuk mendukung Tumbuh Kembang Optimal si Kecil.

Sepanjang tahun, para Moms membagikan produk melalui aplikasi, website, dan sosial media Babyologist. Produk-produk yang paling banyak dibagikan inilah yang berhak menjadi nominasi kategori-kategori dalam setiap kategori Babyo Awards 2021. Lantas, pemenang setiap kategori dipilih berdasarkan voting yang diikuti oleh para Moms. Dengan komitmennya terhadap pertumbuhan anak terutama peningkatan sistem imun anak, brand Morinaga khususnya produk Morinaga Chil Kid Gold berhasil meraih penghargaan Babyo Awards 2021 Kategori Susu Pertumbuhan Anak.

Bantu si Kecil kembali beraktivitas dengan menerapkan pola hidup sehat yang memperkuat pertahanan tubuh yaitu tidur cukup, selalu aktif, mengelola stres dengan baik, imunisasi lengkap, menaati protokol kesehatan, dan makan makanan bernutrisi serta minum susu pertumbuhan.  Imun kuat, si Kecil pun sehat.

Referensi: CDC, COVID19.go.id, Harvard, Kids’ Health

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

6033 Babyologist Indonesia

Comments

LATEST POSTS

Rahasia Si Kecil dalam Bergerak Aktif dan Nyaman Seharian

Si Kecil yang selalu aktif bahkan kadang terlampau aktif tidak selalu merupakan hal yang buruk. Kendati demikian, hal ini bisa menjadi tantangan [...]

Cara Jitu Rawat Kulit Kering si Kecil

Bayi yang baru lahir memiliki kulit yang lebih sensitif dan 30% lebih tipis dibandingkan dengan kulit orang dewasa pada umumnya. Karena itu, [...]

Rahasia Juara Anak Prima: Kombinasi Stimulasi & Nutrisi

Tumbuh kembang anak hingga usia 6 tahun sangat penting untuk didukung. Moms dapat memastikan si Kecil tumbuh dan berkembang secara normal untuk [...]

Anak Hebat Bukan Yang Selalu Ranking Satu!

Kebanyakan orang tua beranggapan anak hebat adalah anak yang pintar secara akademis. Padahal, anak hebat adalah anak yang cerdas emosi, cerdas [...]

Ayah, Peranmu untuk Masa Depan si Kecil Besar Loh!

Mengasuh anak itu bukan hanya tanggung jawab Ibu saja tetapi juga merupakan tanggung jawab sang Ayah. Berbagi peran dengan sang Ayah sangat [...]

Pentingnya Mengajarkan si Kecil Mengekspresikan Emosi

Pernahkah Moms melihat si Kecil marah hingga menangis tanpa henti? Atau justru Moms kesulitan memahami karena si Kecil menjadi diam? Mungkin, si [...]

Si Kecil Menolak Potty Training? Ini Sebab dan Cara Mengatasinya

MAMYPOKO – Live #2Si Kecil Menolak Potty Training? Ini Sebab dan Cara Mengatasinya Dalam

Gadget dan Perkembangan Kognitif, Membantu atau Menghambat?

Semenjak pandemi, pembatasan interaksi sosial secara langsung membuat gadget semakin lekat dengan kehidupan si Kecil. Anak-anak, bahkan bayi [...]

Pentingnya Mengganti HEPA Filter Secara Berkala

Mungkin Moms bertanya-tanya, apa sih HEPA filter itu? High Efficiency Particulate Air (HEPA) filter adalah filter yang memiliki cara kerja [...]

Pasca-Lockdown, Polusi Udara Masih Menjadi Masalah Utama Selain COVID-19

Semakin terkendalinya pandemi membuat beberapa tempat mulai beroperasi kembali seperti sebelum pandemi, tentu saja kini disertai anjuran untuk [...]

Pentingnya Air Purifier pada Ruang Komunal untuk Dukung Kegiatan Tatap Muka

Sebagaimana diberitakan oleh VOA news, pemerintah di banyak negara di Asia termasuk Indonesia telah melonggarkan peraturan physical distancing [...]

Si Kecil Makin Lahap, Makanan Hangat dalam Sekejap

Bayi tumbuh dengan cepat selama tahun pertama kehidupan. Termasuk juga jenis dan tekstur makanan yang dapat dimakan si Kecil selama tahun [...]

10 Produk Ibu dan Anak Terfavorit Babyo Awards 2021

Babyo Awards 2021 telah resmi berakhir dan memilih brand terfavorit pilihan Moms. Simak brand terfavorit pilihan Moms disini!

Bebas Gunting Rambut di Rumah Saja, Untuk Siapa Saja

Selain merapikan penampilannya, potong rambut juga harus memberikan pengalaman menyenangkan kepada si Kecil. Itulah sebabnya psikolog anak....

Terhindar dari Virus, Ini Ragam Manfaat Air Purifier Bagi Aktivitas Moms!

Kondisi polusi udara ditambah pandemi COVID-19 membuat orang perlu ekstra hati-hati dengan lingkungan sekitar. Sebagai respons terhadap kondisi [...]

Kapan Sebaiknya Si Kecil Belajar Minum Secara Mandiri? Simak Tips Berikut, Moms!

Tidak hanya sebagai media minum, botol susu juga memberikan rasa aman dan nyaman untuk bayi dan balita. Karena itulah...

Mulai Lagi Beraktivitas, Optimalkan Nutrisi & Imun si Kecil

Setelah hampir 2 tahun di rumah saja karena pandemi COVID-19, anak kurang memiliki waktu untuk beraktivitas di luar rumah, khususnya ....

Dukung Si Kecil Miliki Cita-Cita Setinggi Langit

Mendampingi si Kecil menemukan jati diri sejak dini perlu persiapan yang matang. Sebagian besar anak bercita-cita dapat menciptakan sesuatu yang [...]

Nutrisi Prima Untuk Cegah Stunting & Tumbuh Kembang Anak

Cegah Stunting dan Optimalkan Tumbuh Kembang Anak dengan Nutrisi Lengkap Tinggi badan merupakan

Mom Kembali Bekerja, Gimana Merawat Si Kecil, Ya?

Pandemi COVID-19 yang sudah berjalan hampir 2 tahun ini tentunya menyebabkan banyak perubahan gaya hidup. Namun, ada juga sisi positifnya. Para [...]