Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Perkembangan Janin Yang Harus Mom Ketahui Di Setiap Bulannya

PREGNANCY  |  12 Apr '18


Memiliki seorang anak pastinya merupakan idaman semua pasangan. Bahkan ketika melihat keadaan perut yang semakin membesar, pastinya akan membuat para ibu menjadi bahagia, bukan? Namun meskipun begitu, Anda sebagai ibu tetap harus bisa menjaga dan memperhatikan setiap perkembangan calon buah hati di setiap bulannya. Hal ini jelas bertujuan agar pertumbuhan juga kesehatan Si Kecil tetap terjaga.

Tahapan perkembangan janin dari bulan 1 ke bulan 9

Lantas, hal apa saja yang penting untuk diketahui mengenai perkembangan janin? Mari kita perhatikan poin-poin penting di bawah ini:

Tahap dan proses perkembangan janin pada kehamilan 1 bulan :

Ketika usia kehamilan Anda memasuki usia 1 bulan, atau memasuki minggu pertama hingga minggu ke-4, inilah momen dimana terbentuknya bagian kantung kehamilan. Kantung kehamilan ini memiliki fungsi untuk melindungi janin dari air ketuban. Bukan hanya itu, di usia kehamilan 1 bulan ini, bagian plasenta juga ikut terbentuk yang mana berfungsi untuk menyalurkan sejumlah nutrsi yang dibutuhkan oleh janin dari tubuh sang ibu.

Selain kedua hal tersebut, di usia kehamilan 1 bulan ini juga mulai terjadinya aliran darah yang berada di dalam tubuh janin, sehingga di usia kehamilan pertama ini para ibu hamil lebih dianjurkan untuk banyak mengonsumsi asupan buah dan juga sayur yang memang memiliki kandungan yang baik. Penting untuk diingat, di usia kehamilan ini ibu hamil sangat rentan terhadap resijo keguguran, dengan begitu ibu hamil harus benar-benar menjaga kehamilannya.

Tahap dan proses perkembangan janin pada kehamilan 2 bulan :

Ketika memasuki usia 2 bulan kehamilan, bagian wajah janin mulai terbentuk dan berkembang dengan pesat. Bahkan bagian telinga juga sudah bisa terlihat meskipun bentuknya masih belum sempurna. Telinga ini terlihat menyerupai seperti lipatan yang berada di bagian kepala sebelah kanan dan juga kiri. Selain itu, di usia kehamilan 2 bulan ini, bagian bagian tangan dan juga kaki juga mulai terlihat, meskipun yang terlihat belum menyerupai kedua bagian tersebut.

Tahap dan proses perkembangan janin pada kehamilan 3 bulan :

Di usia kehamilan yang ke-3, penting untuk diketahui bahwa di masa ini bagian tubuh janin mulai terbentuk dengan baik. Bahkan bagian kuku sudah mulai terbentuk dan bagian tangan juga mulai bisa mengepal meskipun belum terlihat sempurna. Di usia 3 bulan ini, bagian kelamin juga mulai terbentuk, bahkan jika melakukan USG, Mom bisa mengetahui jenis kelamin bayi dengan jelas. Di usia ini bagian sistem kemih serta bagian organ reproduksi yang dimiliki janin mulai terbentuk dengan baik, dan bagian hati juga mulai memproduksi empedunya.

Tahap dan proses perkembangan janin pada kehamilan 4 bulan :

Di usia kehamilan 4 bulan inilah beberapa bagian tubuh Si Kecil mulai bisa terlihat, diantaranya seperti wajah, bagian kaki, tangan, dan juga jari-jemari sudah bisa terlihat dengan jelas. Jika Anda ingin melakukan USG di usia 4 bulan ini, maka Mom bisa mencoba untuk mendengar detak jantungnya.

Bukan hanya itu, di usia 4 bulan ini, janin juga mulai bisa mengisap bagian jarinya, dan ia juga sudah bisa menguap layaknya orang dewasa.

Tahap dan proses perkembangan janin pada kehamilan 5 bulan :

Memasuki usia 5 bulan, Mom sudah berhasil melewati fase morning sickness yang akan sangat menyiksa diri, karena adanya perasaan mual yang disertai dengan muntah. Banyak yang beranggapan, kalau di usia 5 bulan ini merupakan fase yang paling nyaman, bahkan dikatakan aman jika Mom ingin melakukan perjalanan jauh.

Bagaimana untuk perkembangan janin di dalam kandungan? Di usia kehamilan 5 bulan ini, janin mulai memiliki rambut-rambut halus yang bertujuan untuk menjaga kulitnya yang sangat halus. Bahkan di usia ini bayi sudah bisa mendengar suara dari luar. Selain itu, janin juga mulai memiliki kulit yang dilapisi dengan laipsan putih di seluruh tubuhnya.

Tahap dan Proses Perkembangan Janin Pada Kehamilan 6 Bulan:

Penting untuk diketahui, pada perkembangan janin usia 6 bulan ini dipastikan bagian kulit bayi mulai mengeriput, bahkan bagian kelopak matanya sudah bisa menutup dan terbuka dengan baik. Di samping itu, Si Kecil sudah bisa mendengar dengan baik dan mampu merespon setiap suara yang didengarnya. Jadi di usia ini Anda bisa mencoba untuk berinteraksi dengannya, dan biasanya ia akan memberikan repson dengan tendangan atau lonjakan.

Tahap dan Proses Perkembangan Janin Pada Kehamilan 7 Bulan:

Jika di usia 6 bulan si kecil sudah bisa mendengar suara Anda dari luar, maka di usia ke-7 ini janin sudah mampu melihat adanya cahaya. Bahkan pertumbuhannya akan terus berkembang dengan sangat pesat di usia bulan ke-7 ini. Jika beruntung, Anda juga akan melihat adanya tendangan dari Si Kecil, bahkan Anda bisa melihat adanya benjolan kaki di bagian perut ketika ia menendang.

Tahap dan proses perkembangan janin pada kehamilan 8 bulan :

Memasuki usia 8 bulan, dapat dipastikan bayi Anda sudah bisa tumbuh dan berkembang dengan baik. Bukan hanya organ luar, bagian organ dalam yang dimiliki Si Kecil juga sudah bisa bekerja dengan baik meskipun masih belum sempurna. Masa ini merupakan waktu yang tepat untuk Anda memikirkan cara untuk proses persalinan. Jika Mom menginginkan persalinan normal, maka sejak usia kehamilan 8 bulan Anda dianjurkan untuk mengikuti beberapa pelatihan atau bahkan olahraga untuk memperlancar proses persalinan, agar persalinan Anda berjalan dengan lancar tanpa adanya kendala.

Selain itu, di usia kehamilan 8 bulan ini janin akan merubah posisinya ke bawah, sehingga yang tadinya bagian kepala ada di atas, ketika usia kehamilan 8 bulan bagian kepalanya akan berada di bawah. Namun besar kemungkinan posisinya akan kembali seperti semula, dan akan kembali turun ketika waktu persalinan tiba.

Tahap dan proses perkembangan janin pada kehamilan 9 bulan :

Umumnya di usia 9 bulan ini, terutama ketika mendekati masa persalinan, posisi kepala bayi akan kembali berada di bawah dan menekan dinding rahim. Bagaimana dengan perkembangannya? Untuk perkembangannya, dipastikan ia sudah bisa berkembang dengan baik dan sempurna. Hal ini bertujuan untuk mempersiapkan dirinya untuk dilahirkan.  

 

Semoga bermanfaat.

By: Babyologist Editor.

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

1617 Babyologist Indonesia

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Warna Puting Mempengaruhi Jenis Kelamin?

Betulkah warna puting yang menghitam menandakan jenis kelamin janin adalah laki-laki?

Apa Itu 10 T Antenatal Care?

Dalam antenatal care di Indonesia, dikenal istilah rumus 10 T dalam pemeriksaan kesehatan ibu hamil.

Perlukah USG 4 Dimensi?

USG 4 dimensi menyediakan informasi yang sangat mendetail seputar janin, namun apakah hal ini perlu dilakukan?

6 Tips Memulai Senam Hamil

Sebelum memulai senam hamil, mari kita simak beberapa tips-tips berikut ini yuk Moms!

Langkah Menuju Kehamilan yang Sehat

Berikut adalah hal-hal yang dapat Mom lakukan agar tetap sehat selama menjalani masa kehamilan.

Mengenal Manfaat Bubur Kacang Hijau Untuk Ibu Hamil

Kacang hijau dikenal memiliki beragam manfaat terutama bagi ibu hamil. Apa sajakah? Mari simak ulasan berikut ini.

Screening USG 4D saat Kehamilan

Apa itu screening USG 4D pada kehamilan ? Bagaimana cara dan apa kegunaannya bagi ibu hamil? Untuk info lebih lanjut, mari simak yang berikut.

Faktor Penyebab Ibu Hamil Sering Migrain

Saat Moms menyusui sakit kepala jangan terburu-buru minum obat. Kenali dulu akar penyebabnya dan lakukan hal berikut ini.

Tips Puasa Ibu Hamil Agar Janin Tetap Sehat

Moms sedang hamil, namun ingin mengikuti puasa? Berikut tips puasa untuk Ibu Hamil yang dapat diterapkan. Yuk, disimak!

Tips Memilih Baju Hamil Yang Nyaman Sesuai Usia Kehamilan

Moms, sedang bingung memilh baju yang nyaman sesuai dengan usia kehamilan ? Yuk, simak tips berikut ini.

Sakit Punggung Pada Masa Kehamilan

Apa penyebab sakit punggung pada masa kehamilan? Dan bagaimana cara untuk membantu mencegah sakit punggung?

Nyeri Pada Vagina Saat Hamil, Berbahayakah?

Pada masa kehamilan, kerap kali wanita hamil merasakan nyeri pada vagina. Lantas, berbahayakah jika mengalami nyeri pada vagina ini?

Khasiat Sari Kurma Selama Kehamilan

Tidak hanya memiliki manfaat sebagai obat demam berdarah, ternyata sari kurma sangat bermanfaat bagi Moms hamil. Benarkah?

Ibu Hamil Wajib Jauhi Gadget, Kenapa?

sadarkah bahwa penggunaan ponsel selama kehamilan berbahaya bagi bayi Anda? Kenapa? Mari simak yang berikut ini.

Tips Menjaga Kehamilan Sampai Persalinan

Perhatikan tips berikut agar kehamilan tetap aman hingga mencapai proses persalinan.

Betulkah Mendongeng Dapat Meningkatkan IQ Janin?

Tahukah bahwa janin yang terbiasa mendengarkan dongeng, IQ nya dapat meningkat? Lantas kapan waktu yang cocok untuk memulainya?

Beda Usia Kandungan Beda Cara Stimulasi, Kenapa?

Tahukah anda bahwa stimulasi janin dalam kandungan baik dilakukan? Namun tetap ada beberapa hal yang perlu diperhatikan salah satunya usia [...]

Tips Tidur Nyenyak Saat Hamil

Apakah anda selama masa kehamilan sulit mengalami tidur? Mungkin beberapa hal berikut penyebabnya! Mari simak penyebab dan cara mengatasinya!

Resiko Mengandung Bayi Kembar

Tahukah anda mengandung anak kembar memiliki resiko dan menahan beban lebih berat dibandingkan ibu hamil anak satu? Untuk lebih lanjut, mari [...]

Mengatasi Diare Pada Ibu Hamil

Ibu hamil harus berhati-hati dalam menghadapi diare. Dr. Nadia Octavia dari Klik Dokter menjelaskan beberapa hal penting terkait berikut ini.