Categories

Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Perkembangan Janin di Kehamilan 6 Minggu

HEALTH TIPS  |  PREGNANCY  |  07 Mar '19

Saat usia kehamilan sudah memasuki minggu ke-6, Moms harus betul-betul memperhatikan kondisi kesehatan. Mengapa demikian? Dalam perkembangan kehamilan di minggu ke-6, janin mengalami perkembangan bentuk yang semakin nyata.

Berbagai gejala yang akan dirasakan Moms pun turut mengiringi kehamilan di minggu keenam ini. Tidak jarang, ibu hamil baru akan benar-benar yakin hamil di minggu keenam. Tes kehamilan yang menunjukkan hasil positif saat usia kehamilan 6 minggu biasanya valid, jarang meleset. Moms perlu mengetahui gejala-gejala kehamilan di usia 6 minggu sebagai berikut.

Gejala yang Dirasakan pada Usia Kandungan 6 Minggu

  • Mual
    Tidak semua ibu hamil akan mengalami gejala yang sama. Ada juga ibu hamil yang tidak merasakan mual sama sekali saat hamil 6 minggu. Namun, mual-mual adalah gejala kehamilan paling umum yang dirasakan para ibu hamil.
  • Merasa Lelah
    Merasa lelah terus-menerus adalah salah satu pertanda kehamilan di usia 6 minggu. Kelelahan pada ibu hamil sedikit berbeda dengan kelelahan yang dirasakan orang yang tidak hamil. Istirahat ekstra bisa menjadi solusi mengatasi kelelahan pada ibu hamil. Pastikan bahwa Moms beristirahat cukup sehingga kesehatan Moms benar-benar terjaga.
  • Selera Rasa dan Penciuman Meningkat Drastis
    Perkembangan kehamilan di minggu ke-6 juga ditandai dengan kepekaan terhadap rasa. Moms akan mengalami perubahan selera makan. Beberapa ibu hamil bertambah nafsu makannya, sementara yang lainnya malah tidak bernafsu makan sama sekali. Biasanya, Moms akan sangat sensitif dan menginginkan makanan-makanan yang memang sesuai dengan selera. Fenomena ini sering juga disebut dengan ngidam makanan.
    Pada kehamilan minggu ke-6, penciuman Moms juga akan menjadi sangat peka. Moms mungkin akan menjadi sangat anti bau-bauan tertentu yang sebelumnya tidak pernah Moms permasalahkan atau bahkan Moms sukai.

Beberapa Perkembangan Bayi Minggu ke-6

  • Janin Berukuran Sebesar Biji Delima
    Masih terkait dengan perkembangan kehamilan di minggu 6, janin di kandungan Moms akan tumbuh sebesar biji delima. Janin masih sangat lemah karena ukurannya masih sangat kecil.
  • Berat si Kecil Bertambah
    Salah satu indikator janin tumbuh adalah beratnya terus bertambah. Pada minggu ke-6 kehamilan, janin akan tumbuh sangat pesat bahkan hingga 3.000 juta kali lebih berat daripada minggu-minggu sebelumnya.
  • Tumbuh Tunas Lengan
    Pertumbuhan janin juga meliputi pertumbuhan organnya. Pada usia kandungan 6 minggu, tumbuh alat gerak bayi termasuk tunas lengan. Pertumbuhan ini belum terlihat jelas jika diperiksa melalui USG.
  • Gelombang Otak si Kecil Sudah Bisa Dicatat
    Pada minggu ke-6, dokter kandungan sudah bisa mendeteksi gelombang otak si Kecil. Otak si Kecil mengalami perkembangan cukup signifikan pada fase ini.

 

Semoga bermanfaat.

By: Babyologist

Copyright by Babyologist

361 Babyologist Indonesia

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Abortus Imminens, Ancaman Kehamilan di Trimester Pertama

Fase kehamilan paling rentan adalah di trimester pertama yaitu bulan pertama sampai dengan bulan ketiga kehamilan.

Kenali Apa Saja Perkembangan Kehamilan di Minggu 7

Apa saja perkembangan yang terjadi saat usia kandungan memasuki minggu ketujuh? Simak penjelasan berikut ini.

Gejala dan Penyebab Hamil Anggur

Mengapa hamil anggur bisa terjadi? Yuk simak penjelasan seputar hamil anggur di artikel berikut.

Bolehkah Puasa Bagi Ibu Hamil Usia 4 Bulan?

Mendekati bulan puasa, mungkin ibu hamil merasa khawatir dengan kandungannya, mari kita perhatikan tips berikut.

Kenapa Bumil Dianjurkan Konsumsi Susu Kedelai?

Susu kacang kedelai memiliki banyak kandungan nutrisi baik. Lantas, bagaimana manfaatnya jika Moms hamil mengonsumsinya?

Ketahui 4 Langkah Penting Saat Persiapan Kehamilan

Kehamilan bukan hanya tentang kesiapan seorang wanita untuk mengandung janin selama 9 bulan. Lantas apa saja yang harus diperhatikan?