Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Perjuangan Menyapih si Kecil yang Sudah Berusia 2 Tahun

FEEDING  |  MY STORY  |  TODDLER  |  01 Dec '19


Menyapih dalam beberapa artikel didefinisikan sebagai proses mengenalkan mamalia muda dengan sumber pangan dewasanya. Namun menyapih yang akan saya bahas kali ini definisi menyapih berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia, yaitu proses menghentikan anak menyusu. Sesuai dengan anjuran agama Islam bahwa anak perlu disapih ketika menginjak usia 2 tahun. 

Awalnya saya ragu untuk menyapih anak saya di hari ulang tahunnya yang ke-2. Ada rasa kasihan dan belum siap melihat dia sepenuhnya lepas dari ketergantungannya menyusu. Namun, setelah mempertimbangkan dari berbagai sisi menyusu di usianya yang sekarang sudah kurang bermanfaat.

Berikut yang menjadi point pertimbangan saya untuk menyapih di usia 2 tahun

1. Nutrisi pada ASI sudah tidak mencukupi kebutuhan nutrisinya
2. Nafsu makannya kurang karena sudah dibuat kenyang oleh ASI
3. Ibu bisa beristirahat dan lebih produktif melakukan hal lain

Selain 3 pertimbangan di atas, beberapa hari sebelum menyapih kebetulan anak saya radang tenggorokan dan ketika konsultasi ke dokter spesialis anak, dokter tersebut mengkhawatirkan berat badan anak saya yang seharusnya bisa lebih berat untuk anak seusianya. Beliau menyarankan untuk segera disapih agar nafsu makannya meningkat. Selama ini memang saya dibuat bingung dengan mencari solusi bagaimana cara meningkatkan nafsu makannya. Mungkin menyapih adalah salah satu solusi yang perlu saya coba.

Hal-hal yang saya persiapkan ketika akan menyapih

1. Niat, diniatkan menyapih untuk kebaikan anak
2. Mental yang kuat, karena selama prosesnya pasti akan mengaduk-aduk perasaan
3. Support system, hal ini penting. Jangan lupa komunikasikan rencana menyapih ini dengan support system, dalam hal ini bisa suami dan atau pengasuh.
4. Peralatan pengalih, saya menyiapkan pacifier, botol susu dan mainan untuk mengalihkan perhatian anak ketika ingin menyusu.
5. Susu pengganti, sebetulnya ini tidak wajib namun tidak ada salahnya. Saya sendiri memilih UHT sebagai pengganti ASI dengan berbagai pertimbangan.

Memulai prosesnya tidak begitu saja saya berhenti menyusui ketika anak ulang tahun ke-2. Sebulan sebelumnya saya sudah sounding ke anak dengan terapi bisikan “Nak, nanti setelah tiup lilin ulang tahun kamu ga boleh menyusu lagi ya” kurang lebih seperti itu dan hal tersebut saya lakukan setiap hari menjelang dia tidur. Di luar ekspektasi saya, ternyata anak saya paham dengan sendirinya. Ketika melihat kue dan lilin ulang tahun sehari menjelang ulang tahunnya dia bilang “Tetta tiup yiyin, tetta ga nen agi”. Meskipun pada prakteknya, anak saya tetap memohon ingin menyusu apalagi di waktu-waktu menjelang jam tidurnya.

Sebelumnya saya membayangkan bagaimana dia akan marah atau tantrum ketika ingin menyusu, namun justru dia memintanya sangat memohon dengan sangat halus. Hal inilah yang membuat hati saya tercabik bahkan goyah ingin rasanya menyusui dia lagi. Begitupun ayahnya yang ikut tidak tega melihat anak saya memohon seperti itu. Tapi jika tidak dilakukan, mau kapan lagi? This too shall pass. Saat seperti ini diperlukan sekali adanya briefing dengan support system. Jadi bisa saling menguatkan.

Selama proses menyapih, ada satu hal yang terlewat yaitu kondisi payudara. Saya melupakan point penting tersebut. Bisa dibayangkan bagaimana ASI yang terus diproduksi tapi tidak dikeluarkan? Saya telat menyadari hal tersebut hingga menyebabkan bengkak, tersumbat hingga mastitis. Akhirnya saya kompres dengan air hangat dan pompa manual. Tapi dipompa sampai habis bukanlah solusi saat menyapih, karena menyebabkan produksi ASI semakin banyak. Untuk mengurangi produksi ASI, perlu tetap rutin memompa tapi jangan sampai habis. Paling tidak payudara ibu tidak bengkak. Lambat-laun produksi ASI akan berkurang.

Pada kasus anak saya, tidak membutuhkan waktu lama untuk terbiasa tidak menyusu. Cukup satu minggu bertarung dengan rengekan manja dan payudara bengkak. Mungkin hal ini terjadi karena proses menyapih dilakukan di saat yang tepat. Selanjutnya yang perlu dipikirkan adalah asupan nutrisi dan pola makannya selepas menyusui. Karena terbukti yang dikatakan dokter sebelumnya benar, nafsu makan anak saya jauh lebih meningkat setelah disapih.

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

371 Ninda Nuralimah

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Snack MPASI Dadar Gulung Mini Buah Naga Vla Keju Susu (12M+)

Yuk coba resep yang satu ini dari Mom Dinar!

Resep MPASI: Bacem Hati Ayam

Hati ayam cocok untuk dijadikan bahan MPASI karena mengandung berbagai macam manfaat yang diperlukan tubuh seperti vitamin A, B12, C, asam [...]

Resep Kreasi Puding Biskuit Silky Promina ala Mom Nafisah

Simak Mom Nafisah membagikan resep kreasi puding dengan bahan Biskuit Silky Promina berikut ini.

Review : Promina Homemade Salmon Kentang Wortel (8+)

Semenjak Rubi MPASI, saya sering mencoba berbagai merek dan varian MPASI terfortifikasi. Salah satu produk yang saya coba adalah Promina [...]

Review : Bubur Tim Promina Tim Salmon Norwegia (8+)

Satu lagi review tentang MPASI terfortifikasi varian salmon yang dicoba Rubi, nih, Moms. Sebelumnya, Rubi mencoba Promina Homemade. Sekarang, [...]

Review Gerber Puffs Strawberry Apple, Your Little One’s Finger Food

Gerber Puffs Strawberry Apple ini merupakan makanan selingan sereal yang bisa diberikan untuk anak usia 8 bulan ke atas.

Resep MPASI Nasi Goreng Kunyit (12M+)

Resep MPASI Nasi Goreng Kunyit yang dibagikan Mom Dinar berikut cocok untuk balita usia 12 bulan ke atas.

Sup Telur Puyuh Kuah Rempah, Makanan Bergizi untuk si Kecil yang Sedang Flu

Memasuki musim penghujan sering kali membuat orang dewasa terserang Flu. Namun nyatanya flu tidak hanya dapat menyerang orang dewasa saja loh [...]

Snack MPASI Stik Buah Naga Keju (12M+)

Buah naga bisa dibuat berbagai macam makanan salah satunya stik untuk camilan anak loh Moms

Keputusanku Memberikan Sufor di Usia 1,5 Tahun

Karena satu dan lain hal akhirnya aku memutuskan untuk memberikan si Kecil sufor di usia 1,5 tahun

Cemilan Mengenyangkan untuk si Kecil: Ketan Serundeng Homemade

Kali ini saya ingin membuat cemilan yang mengenyangkan perut Zila dan jadilah ketan serundeng

Cerita Tentang Menyapih Mas Athar

Moms sedang ingin menyapih si Kecil? Simak tips berikut ini yuk

Mengapa Pemberian ASIP Menggunakan Dot Tetap Dipilih?

Media pemberian ASIP sangat beragam ada dot, pipet, gelas, sendok, dan spuit.

Cemilan Toddler: Resep Biji Ketapang

Anak yang berusia toddler pasti sudah mengerti dengan jajan. Daripada jajan yuk bikin cemilan Moms

Berapa Sih Porsi Makan Anak 1 Tahun?

Sebenarnya si Kecil sudah makan cukup, kebanyakan atau malah terlalu sedikit ya?

Belum 2 Tahun Arnold Sudah Kusapih

Proses menyapih tidak semudah yang didengar dari cerita orang lain ya Moms, sangat butuh perjuangan

Biskuit Buah Pir

Yuk, variasikan cemilan si Kecil dengan berbagai bahan yang menyehatkan. Simak resep biskuit buah pir berikut!

Tahapan Dalam Proses Weaning With Love

Bagaimana perjalanan menyapih si Kecil oleh Mom Chriesty? Lalu apa do's and dont's saat menyapih?

Menyapih Dot Tanpa Drama

Apakah sebentar lagi si Kecil akan memasuki umur 2 tahun Moms? Waktunya menyapih! Simak tips menyapih ala mom Risti.

Tips Menyapih ala Mami Nano

Awal menyapih benar-benar penuh drama dan tangisan karena Nano lagi batuk. Yuk, simak tips ala mom Lyssa!