Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Operasi Benjolan Payudara Karena Salah Memompa ASI

FEEDING  |  MY STORY  |  15 Jul '20


Moms apa punya pengalaman yang sama? Kalau bicara soal MengAsihi rasanya sedikit membuat sedih.

Yap pertamakalinya menjadi seorang Mama, pastinya saat hamil sudah membayangkan setelah si kecil lahir nanti kita akan melewati hari-hari yang seru dan romantis bersama si kecil pada saat proses menyusui. Tapi angan-angan itu ternyata tidak terwujud, karena nyatanya saya menemukan permasalahan-permasalahan ketika saat proses mengAsihi si kecil.

Selain nipple payudara saya ternyata tipe internal nipple sehingga membuat si kecil kesulitan menghisap, Asi saya juga memang tidak keluar sedikitpun di 3 hari pertama setelah melahirkan, sampai akhirnya dengan terpaksa bayi saya di berikan susu formula oleh pihak rumah sakit karena katanya bayi saya sangat kelaparan pada saat di ruang khusus bayi.

Hal ini terus berlanjut dan membuat saya sedih, mungkin karena ini juga akhirnya Asi saya benar-benar sulit untuk keluar bahkan Asi terbanyak yang saya dapatkan pada saat saya berusaha memompa 1 jam yaitu sekitar 20 ml dari kedua payudara.

Saya benar-benar merasa bingung dan sedih, rasanya lebih banyak air mata keluar dari pada Asi yang menetes pada saat itu. Tapi saya tetap berusaha untuk meningkatkan produksi, berbagai cara pun saya lakukan seperti meminum booster Asi yang macam-macam bentuk nya, meminum jamu tradisional, makan makanan yang rasanya pahit, melakukan urut tradisional, sampai terkahir saya menemui dokter dan akhirnya menyarankan saya untuk melakukan pijat laktasi, tapi setelah memberikan surat rujukan ke klinik khusus pijat laktasi alangkah kagetnya saya karena ternyata di payudara saya saat itu terdeteksi benjolan.

Akhirnya kami stop mengusahakan kelancaran Asi karena akhirnya saya harus melakukan pemeriksaan benjolan yang terdapat di payudara saat itu. Benar saja saat itu saya harus melakukan operasi karena ternyata ada tumor jinak di payudara saya (FAM). Setelah itu ya bagaimana lagi rasanya terlalu sedih untuk di ceritakan tapi untuk terpuruk dan menyesali keadaan rasanya tidak adil bagi anak saya, karena anak saya membutuhkan Mama yang ceria dan kuat saat mengurusnya, dan lagi pula kasih sayang seorang Mama tidak melulu soal Asi dan menyusui tapi ada banyak hal yang bisa kita lihat dari perjuangan seorang Mama sehingga seorang Mama tetap jadi seseorang yang paling berarti di dunia.

Moms dalam cerita ini saya hanya menyampaikan agar Moms semua tetap semangat apapun yang akan Moms hadapi saat menjadi seorang Mama. Oh ya ada ilmu yang saya dapatkan dari seorang dokter pada saat saya konsultasi, mengingat akhirnya payudara saya bermasalah ternyata karena juga di sebabkan kesalahan saya saat awal-awal memerah Asi secara manual.

Tips Memompa Asi:

1. Rileks.
Rileks saat memompa ternyata penting sekali, karena stres dapat menghambat kemampuan tubuh melepaskan cairan ASI. Usahakan jangan memompa Asi pada saat terburu-buru karena itu tidak akan efektif ya Moms.

2. Banyak minum.
Minum ini penting banget untuk menjaga produksi Asi. Moms bisa meminum air putih, jus, smoothies dll untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi juga.

3. Jaga kesehatan.
Istirahat yang cukup, banyak makan buah-buahan, sayuran dan biji-bijian akan sangat membantu produksi Asi yang berkualitas, jangan lupa juga untuk tetap menjaga kebugaran tubuh dengan melakukan aktivitas fisik dalam rutinitas kita.

4. Sering memompa.
Prinsip Asi itu semakin di kosongkan maka akan semakin banyak di produksi lagi, karenanya jangan ragu untuk selalu memompa sampai payudara terasa kosong ya Moms bahkan Moms di sarankan memompa setelah menyusui si kecil.

5. Menggunakan alat pompa yang tepat.

Belajar dari kesalahan saya karena saat itu saya memerah Asi memakai tangan tanpa cara-cara yang tepat, kadang juga memakai pompa manual dan saya menggunakannya tidak dengan cara yang tepat juga akhirnya dokter menyarankan saya untuk berhenti karena bisa jadi katanya benjolan yang terdapat di payudara saya adalah dari kesalahan saya memerah Asi juga.

Memilih pompa Asi yang tepat, nyaman dipakai, dan sesuai kebutuhan adalah keharusan ya Moms, jangan sampai menyesal kemudian seperti yang saya alami. FAM yang saya alami memang tidak sepenuhnya dari kesalahan saat saya memompa tapi dokter mengatakan cara-cara saya dalam memompa yang salah bisa juga menyebabkan payudara saya akhirnya tidak sehat.

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

296 Risny Saputra

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Tips Sukses Memompa ASI untuk Working Mom

Para working Moms, tips berikut ini sangat membantu untuk menyukseskan menyusui si Kecil loh! Yuk, disimak!

Butuh Komitmen Untuk Working Moms Tetap MengASIhi

Komitmen merupakan salah satu hal yang wajib dimiliki oleh para ibu bekerja dan yang memperjuangkan ASI. Yuk, simak cerita berikut ini.

Sulit Memompa di Kantor? Coba Datang Lebih Pagi

Datang ke kantor lebih pagi ternyata bisa menjadi Salah satu kuncii keberhasilan memompa loh Moms. Yuk, simak berikut ini.

Working Mom yang Eping Cerdas Memilih Pompa ASI

Bagi para Ibu bekerja, memompa ASI tentunya membutuhkan usaha ekstra. Yuk, simak tips dari Mom Inayah Soenaryo berikut ini.

Tips Mengatasi Kendala Menyusui

Moms, yuk simak tips mengatasi kendala menyusui ala Mom Dinar Indah Palupi berikut ini.

Si Kecil Mengalami GTM, Tetap Perjuangkan Hak ASI!

Di kala si Kecil GTM, jangan berhenti untuk memperjuangkan ASI untuk si Kecil ya stay at home Moms dan juga working Moms.

Tips Aman Memompa Asi Untuk Working Moms di Masa Adaptasi Kebiasaan Baru

Pandemi dan masa adaptasi kebiasaan baru tentunya menuntut Moms semua juga memiliki kebiasaan baru dalam hal memompa ASI. Yuk, simak berikut ini.

Sukses Memompa ASI di Kala Bekerja

Ini cara working Moms untuk tetap bisa memompa ASI di kala sibuk beraktivitas.

Tips Sukses Memompa ASI Untuk Para Working Moms ala Ummah Uwais

Yuk Moms simak tips sukses memompa ASI ala Ummah Uwais berikut ini.

10 Fitur yang Harus Dimiliki Pompa ASI Dual Motor

Tahukah, Moms, tentang keunggulan pompa ASI elektrik dual motor? Inilah 10 fitur penting dari pompa ASI jenis tersebut.

Pastikan Memilih Pompa ASI dengan Dual Motor, ya, Moms!

Pompa ASI saat ini juga hadir dengan dua pilihan, elektrik atau manual, dual pump atau single pump. Memilih pompa ASI yang nyaman memang [...]

Mengenal Manfaat Dual Motor pada Pompa ASI

Saat ini, sudah banyak inovasi-inovasi baru pada alat pompa ASI. Moms dapat mencari pompa ASI terbaik dengan fitur-fitur berikut.

Manfaat Pompa ASI Dual Motor untuk Moms dan Si Kecil

Seiring dengan perkembangan zaman dan semakin meningkatnya kesadaran busui tentang berbagai manfaat pumping, semua kalangan ibu menyusui kini [...]

Kelebihan Pompa ASI Dual Motor: Nyaman dan Efisien

Berbagai jenis pompa ASI saat ini sangat mudah ditemukan di pasaran dari mulai model manual hingga elektrik dengan berbagai merk dan varian [...]

Pompa ASI Dual Motor Pilihan Buat Working Moms

Dalam memilih pompa ASI, ada hal lain yang perlu Moms perhatikan selain membeli yang sesuai kebutuhan Moms. Sebelumnya, tahukah Moms ada pompa [...]

Keunggulan dari Pompa ASI Dual Motor

Pompa ASI memang sudah menjadi barang yang harus dimiliki para ibu menyusui. Dengan adanya pompa ASI, Moms akan sangat terbantu saat melakukan [...]

Manfaat Pompa ASI Dual Motor untuk Kelancaran Menyusui

Banyaknya jenis pompa ASI sering membuat busui bingung. Aku menyarankan Moms untuk menggunakan pompa ASI Dual Motor.

Kenalan, Yuk, dengan Pompa ASI Dual Motor!

Moms pejuang ASI sudah seharusnya mendapatkan yang terbaik untuk mendukung produksi ASI mereka. Selain makan makanan bergizi, Moms juga perlu [...]

Pompa Asi Dual Pump, Membantuku Pasca Melahirkan

Memerah susu sangat disarankan terutama untuk ibu yang bekerja di luar dan mempunyai mobilitas tinggi. Bagiku, alat yang cukup membantu dalam [...]

Moms, Inilah 6 Kelebihan Dual Motor Breast Pump!

Nah, bagi Moms yang lebih menyukai pompa ASI elektrik, sekarang ada, loh, pompa ASI elektrik dual motor. Yuk, simak lebih lanjut agar tahu [...]