Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Perjalanan Awal MPASI Nada 6 Bulan

BABY  |  FEEDING  |  MY STORY  |  15 Dec '19


Kali ini aku ingin sedikit berbagi perjalanan awalku memberi MPASI untuk Nada. Aku tipikal orang yang tidak bisa instan, segalanya butuh persiapan matang. Persiapan menuju MPASI Nada yang aku lakukan searching menu bergizi dan simple di internet, bikin jadwal makan, bikin tabel kenaikan tekstur, baca highlight dokter Metahanindita, beli peralatan masak, beli MPASI instan, ikut kelas masak sanggar ASI, baca buku MPASI dokter meta. Aku sendiri bingung mempersiapkan semua ini. Apa pun yang ada di depan, aku lakukan, sebisaku. Bermodal niat, doa, keyakinan, belajarlah aku tentang MPASI. Sebelum hari itu tiba, aku sudah membayangkan proses Nada makan. Hanya bisa berdoa semoga dia mau makan. Dalam hati berharap Nada suka MPASI fortifikasi, karena setelah membaca tentang MPASI fortifikasi lebih signifikan bisa menaikkan berat badan dan dilihat dari gizinya lebih pasti, meski untuk belajar tekstur, tidak bisa pakai bubur fortifikasi harus dengan masakan homemade. Tapi dalam hati aku merasa mungkin untuk usia Nada yang 6 bulan dia sedang belajar makan dan butuh gizi baik. Sepertinya MPASI fortifikasi lebih memadai untuknya (pikirku kala itu).

6 Agustus 2019
Sesuai rencana, MPASI Nada hari pertama, menunya MPASI fortifikasi. Nada lahap untuk pertama kali makan. Alhamdulillah, dia juga nyaman duduk di babychair. Makin bahagia aku sebagai orang tua yang mengidamkan anaknya makan MPASI fortifikasi. Hari pertama pun terlewati dengan bahagia. Hari kedua, kebetulan ada acara kondangan di rumah saudara. Dan mulailah muncul masalah di sini, jadwal jadi berantakan. Dan sore itu tiba2 Nada tak mau makan, ternyata badannya demam. Layaknya orang sakit, nafsu makan pun berkurang. Betapa sedih hatiku di saat MPASI baru mulai, dia baru belajar makan, justru dia demam. Dan cobaan demam ini pun berlangsung selama seminggu. Sesi cerita tentang sakitnya Nada sudah ada dalam artikel pertamaku.

Satu minggu MPASI
Satu minggu berlalu, ya berlalu begitu saja dengan kesedihan yang menyiksa. Ekspektasiku tentang MPASI yang indah, berubah, segala sesuatu yang aku persiapkan seperti hilang tak ada guna. Jujur saja kalau diingat saat itu, mentalku betul-betul diuji sebagai ibu. Bagaimana tidak? Tiap hari begadang, Nada rewel, makan sedikit, jadwal makan berantakan. Dan aku pulang dari rumah sakit dengan membawa banyak PR. PR untuk menjadi ibu yang lebih baik dalam segala hal. Memikirkan bagaimana harus menjaga kesehatan Nada dan juga MPASI Nada yang harus dievaluasi. Baiklah satu persatu aku kumpulkan puing-puing yang terpecah-belah ini, akan coba kurangkai kembali agar menjadi utuh dan aku kembali bisa menikmatinya, memandangnya dengan bahagia. Dimulai dari memasakkan satu menu untuk Nada. Dan alhamdulillah dia mau makan meski belum banyak. Hari berikutnya aku coba fortif Nada bener2 ngga mau. Oke fix aku simpulkan sementara dia emang ngga doyan fortifikasi. Hari pun berganti, ya begitulah, porsi menu dia hanya sedikit. Meski begitu, dia masih kuat menyusu. Aku pun berusaha positif thinking dia memang anak nenen yang belum doyan makan banget. Berdasarkan apa yang kubaca, anak memang ada dua tipe 1) tipe pemakan dan 2) tipe bukan pemakan. Tipe pertama ya makan sesuai porsi anak pada umumnya bahkan lebih. Tipe kedua dia makan 3 suap saja sudah kenyang. Sementara kesimpulanku Nada memang tipe bukan pemakan. Karena tiap makan dia jarang habis.

Sudah satu bulan MPASI
Saat paling menegangkan adalah menimbang BB. Sedikit pesimis dengan timbangan Nada nanti. Karena satu bulan MPASI awal bagiku sangat buruk. Sangat buruk karena aku gagal mengajari dia makan. Ya itulah perasaanku. Tapi entahlah kalo bagi sebagian orang hal itu sudah cukup baik dilakukan. Dalam hati berdoa semoga Nada ngga turun BB karena kemarin sakit seminggu, terlebih dia makan masih sangat sedikit. Harap-harap cemas. Tapi seketika kecemasanku berubah bahagia dan perasaan lega setelah bertemu timbangan. MasyaAllah. Nada naik 300 gram!!! Sempat ngga menyangka dia naik BB meski hanya sesuai kenaikan minimal tapi aku sangat bersyukur. Allah masih sayang kita Nad. Ya, di tengah kegalauanku terjawab sudah lewat kenaikan BB Nada. Tak hanya itu, TB Nada pun naik 2 cm. MasyaAllah. Benar-benar di luar dugaan. Memang manusia hanya mampu menebak, sedangkan Allahlah Penentu segalanya. Seperti mendapat angin surga, aku pun kembali semangat untuk berjuang MPASI Nada. Dan semakin hari alhamdulillah satu persatu kegalauan hilang karena Nada mulai suka camilan2. Ternyata dia tipe anak yang suka MPASI BLW yaitu makan sendiri dengan tangannya. Camilan seperti Yummy Bites, Promina Puff, roti Marie Sun dia suka. Ya apa pun yang dipegang dia suka dan lahap. Porsi makannya pun bertambah meski tetap belum banyak, bagiku ini sudah cukup lebih baik dari sebelumnya. Oh ya, selama MPASI, Nada belum GTM, hanya saja dia makannya memang sedikit. Mohon doanya agar Nada bisa makan lebih baik dan lebih lahap lagi ya Moms. Kudoakan juga semoga putra-putri Moms yang akan MPASI maupun yang sudah MPASI selalu diberikan kelancaran, makan dengan lahap, BB nambah banyak, no GTM. Aamiin.

Itulah sedikit sharingku tentang perjuangan di awal MPASI. Mungkin di luar sana banyak perjuangan yang lebih ekstrem atau justru mulus-mulus saja perjalanan awal MPASI. Tenang saja, Tuhan selalu tahu kapan kita mampu. Untuk Moms yang tidak mengalami tantangan selama awal MPASI, bersyukurlah karena dengan kemudahan itu, bisa memotivasi diri untuk selalu memberikan yang terbaik bagi si Kecil ya Moms. Untuk Moms yang mendapat ujian awal MPASI bersabarlah, tetap tenang, karena kalau kita tenang, anak pasti juga tenang dan nyaman untuk makan. Tetap percaya suatu saat anak akan ada masanya untuk lahap makan. Tapi perlu waspada jika memang sulit makan membuat BB seret selama 2 bulan. Dan jika hal itu terjadi wajib menemui dokter untuk konsultasi ya Moms. Selamat dan semangat berjuang menjaga amanah terbaik ini.

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

261 Meidisya Isnaini

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Resep MPASI 6MO+ : Chicken Corn Porridge with Tofu and Broccoli

Ingin berikan MPASI yang berbeda bagi si Kecil usia 6 bulan ke atas? Cek resep Chicken Corn Porridge with Tofu and Broccoli berikut ini.

Resep MPASI: Capcay Nasi Tim Gurih (9 M+)

Memasak MPASI untuk si kecil kadang memang gampang-gampang susah.

Kaldu Ayam Homemade ala Mom Nurul

Halo Moms, aku mau memulai resep per-Mpasi-an ini dengan bikin "Kaldu Ayam Homemade".

Tomat Untuk MPASI? Apa Saja Sih Manfaatnya?

Tomat banyak sekali manfaatnya loh Moms. Yuk berikan tomat pada MPASI si Kecil

Bubur Sumsum Saus Buah Naga (8M+)

Saya membuatkan kakak dastan bubur sumsum tidak menggunakan kuah kinca tetapi pakai buah untuk saus

Buah Naga, Buah Istimewa untuk MPASI Anak

Ketika anak memasuki masa MPASI, pasti semua orang tua ingin memberikan makanan yang terbaik untuk buah hatinya.

Resep Gethuk Singkong Gulung: Snack MPASI 8M+

Aku mau coba bikin makanan selingan untuk anak dengan inspirasi dari jajanan tradisional yang banyak dijual di pasaran.

MPASI 4 Bintang: Bubur Hati Ayam + Buncis

Salah satu cara agar si kecil suka makan adalah membuat menu MPASI yang beragam setiap harinya

Persiapan MPASI Anti Mubazir dan Rincian Biaya yang Perlu Dipersiapkan

Hai moms aku mau share barang-barang MPASI nya kiya nih

Tim Slow Cooker, Resep MPASI Bubur Ayam Wortel (6M+)

Buat yang mau mulai MPASI boleh cobain resep Bubur Ayam Wortel kesukaan Vonn berikut ini yuk

Persiapan MPASI si Kecil Bebas Galau

Apa saja yang perlu diperhatikan saat MPASI? Dan bagaimana pemberian MPASI yang tepat?

Review Nayz Bubur Organik

Sejak memulai MPASI 1.5 bulan yang lalu Praya sudah aku perkenalkan dengan jenis MPASI rumahan dan instan.

Bubur Santan Labu Kuning: Rasa Gurih Penambah Nafsu Makan si Kecil

Memasuki usia 6 bulan, si Kecil sudah mulai bisa diperkenalkan dengan makanan pendamping ASI atau MPASI.

Bubur Nasi Kuah Sayur Patin: Resep MPASI ala Mommy Attaqi

Ikan patin ternyata kaya manfaat karena mengandung omega 3 & DHA yang dapat mengoptimalkan perkembangan anak.

Manfaat Memberikan Snack pada si Kecil

Banyak yang mengatakan bahwa memberikan snack pada Si Kecil terutama yang masih bayi itu tidak baik

Manfaat Ikan Tuna dan Membuat MPASI dari Tuna

Yuk buatkan si Kecil MPASI dari ikan tuna karena sangat banyak sekali manfaatnya

Kunci Sukses Bayi Lancar MPASI

Apa kunci utama yang harus dipersiapkan saat memasuki masa MPASI?

MPASI Misoa Nyemek (9 month)

Beberapa hari terakhir kemarin, Defan sepertinya ogah-ogahan makan, padahal Defan tidak sedang tumbuh gigi.

Resep MPASI: Sup Bakso Udang (7M+)

Karena masih meraba-raba preferensi Rubi, saya mencoba memasak udang sebagai bahan utama MPASInya.

Resep Menu MPASI: Bubur Tim Tongkol Wortel (7M+)

Saat ini saya sedang gencar memberi Rubi ikan sebagai sumber utama protein hewani, terutama ikan laut.