THE DAILY

Cara Mom Afra Mengajarkan Makna Hari Pahlawan pada si Kecil Cara Mom Afra Mengajarkan Makna Hari Pahlawan pada si Kecil
16 Nov '18

Ibu Hamil, Hentikan Olahraga Jika Alami Hal Ini Ibu Hamil, Hentikan Olahraga Jika Alami Hal Ini
16 Nov '18

Review: Valor & Breath Again from Young Living Review: Valor & Breath Again from Young Living
16 Nov '18

Tangisan Palsu Bayi Tangisan Palsu Bayi
16 Nov '18

Infeksi Jamur pada Diaper Rash Infeksi Jamur pada Diaper Rash
15 Nov '18

Disartria, Gangguan Berbicara karena Lemah Otot Disartria, Gangguan Berbicara karena Lemah Otot
15 Nov '18

Mengatasi Pilek pada si Kecil Tanpa Obat Mengatasi Pilek pada si Kecil Tanpa Obat
15 Nov '18

How I Meet Babyologist.. How I Meet Babyologist..
15 Nov '18

Si Kecil sudah 14 Bulan tapi Masih Ngiler? Si Kecil sudah 14 Bulan tapi Masih Ngiler?
15 Nov '18

Tips Sukses Memberikan ASI untuk Working Moms Tips Sukses Memberikan ASI untuk Working Moms
15 Nov '18

6 Tips Memulai Senam Hamil 6 Tips Memulai Senam Hamil
15 Nov '18

Hentikan Kebiasaan Membandingkan Perkembangan si Kecil Hentikan Kebiasaan Membandingkan Perkembangan si Kecil
15 Nov '18

Langkah Menuju Kehamilan yang Sehat Langkah Menuju Kehamilan yang Sehat
15 Nov '18

No Minder! Lahiran Normal Vs. Caesar? No Minder! Lahiran Normal Vs. Caesar?
15 Nov '18

Baby Spa, Sekedar Tren atau Bermanfaat? Baby Spa, Sekedar Tren atau Bermanfaat?
15 Nov '18

Menjemur Newborn di Pagi Hari Dapatkah Menurunkan Bilirubin? Menjemur Newborn di Pagi Hari Dapatkah Menurunkan Bilirubin?
15 Nov '18

Kiat-Kiat Mengajarkan Anak Berbicara Menjelang Tidur Kiat-Kiat Mengajarkan Anak Berbicara Menjelang Tidur
15 Nov '18

Cara Selamat Menjadi Ibu Baru di Bulan Pertama Cara Selamat Menjadi Ibu Baru di Bulan Pertama
15 Nov '18

3 Imunisasi yang Wajib Diulang pada Anak 3 Imunisasi yang Wajib Diulang pada Anak
15 Nov '18

Tips Mengatasi Mood Makan si Kecil ala Mom Ruly Tips Mengatasi Mood Makan si Kecil ala Mom Ruly
14 Nov '18

Diet Hamil Itu Merubah Pola Makan Bukan Mengurangi Makan? Diet Hamil Itu Merubah Pola Makan Bukan Mengurangi Makan?
14 Nov '18

Cap Cay Kuah Tofu 12M+ Cap Cay Kuah Tofu 12M+
14 Nov '18

Review MOOIMOM Hands Free Pumping Bra Review MOOIMOM Hands Free Pumping Bra
14 Nov '18

Makanan Peningkat Imunitas Tubuh si Kecil Makanan Peningkat Imunitas Tubuh si Kecil
14 Nov '18

Perlukah Suplemen Omega-3 Disertai Omega-6 dan 9? Perlukah Suplemen Omega-3 Disertai Omega-6 dan 9?
14 Nov '18

Pola Makan Sehat Bumil Saat Diet Hamil Pola Makan Sehat Bumil Saat Diet Hamil
14 Nov '18

Review Mom Nancy: Parklon PE Roll Mat Review Mom Nancy: Parklon PE Roll Mat
14 Nov '18

Apa Manfaat Asam Folat untuk Janin? Apa Manfaat Asam Folat untuk Janin?
14 Nov '18

Babyo Review Panci, Spatula, dan Talenan by Mother's Corn Babyo Review Panci, Spatula, dan Talenan by Mother's Corn
14 Nov '18

READ MORE

Categories

Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Perihal Penting Seputar Kehamilan Muda

PILLAR POST 1  |  PREGNANCY  |  Trimester 1  |  Trimester 2  |  Trimester 3  |  13 May '18

Ketika memasuki masa kehamilan, umumnya para wanita hamil kerap kali merasakan khawatir terkait kondisi kehamilannya, bahkan tidak jarang mereka di buat bingung oleh kondisi ini. Bukan hanya perasaan bahagia karena akan hadirnya Si Kecil di sebuah keluarga. Perasaan cemas pun akan timbul karena adanya beberapa perubahan pada kondisi tubuh wanita hamil. Terutama ketika kehamilan tersebut merupakan kehamilan pertama. Agar Anda tidak khawatir dengan perubahan-perubahan yang terjadi di masa kehamilan, berikut adalah hal-hal yang wajib anda ketahui pada masa kehamilan muda.

  • Perubahan pada tubuh
    Umumnya para wanita hamil akan mengalami beberapa perubahan, terutama yang berkaitan dengan perubahan fisik di trimester pertama kehamilan. Hal ini, di karenakan adanya peralihan dari kondisi wanita yang tidak hamil menjadi wanita hamil. Maka dari itu, umumnya para wanita yang sedang hamil muda akan mengalami beberapa perubahan yang cukup drastis. Perubahan-perubahan tersebut dimulai dari sensai mual yang disertai dengan muntah atau di sebut juga dengan morning sickness, sampai perasaan mudah merasa lelah serta adanya perubahan mood yang mungkin saja akan sulit untuk di hindari. Namun meskipun demikian, tidak semua ibu hamil akan mengalami kondisi ini, mengingat adanya variasi di dalam setiap tubuh individu.
  • Perdarahan 
    Terdapat sekitar 25% wanita hamil yang  akan mengalami sedikit pendarahan, terutama di awal kehamilan atau di masa kehamilan trimester pertama. Darah yang keluar frekuensinya cukup sedikit, atau bisa di artikan sebagai bercak. Hal ini menunjukkan adanya proses implantasi atau dalam kata lain proses menempelnya embrio di bagian dinding rahim Moms. Jika pedarahan yang keluar dalam frekuensi yang cukup banyak, sebaiknya anda mewaspadai hal ini, karena dikhawatirkan kondisi kandungan Anda mengalami keguguran atau bahkan kehamilan yang terjadi di luar rahim.
  • Payudara membesar
    Kecenderungan wanita hamil beranggapan, bahwa keadaan perut mereka akan membesar di awal kehamilan. Nyatanya hal tersebut tidaklah benar, karena di trimester pertama kehamilan kondisi perut masih belum terlihat membesar. Adapun perubahan bentuk atau ukuran tubuh yang terlihat secara jelas terdapat pada bagian payudara.
  • Konstipasi
    Di masa kehamilan, biasanya akan terjadi pergerakan sejumlah otot usus yang lebih lambat dari sebelumnya. Hal ini di karenakan adanya hormon prosterogen yang memiliki efek mampu menurunkan kontraksi atau bahkan pergerakan otot di bagian dinding usus.
  • Keputihan
    Jika seorang iwanita hamil mengalami keputihan, maka hal tersebut merupakan salah satu hal yang cukup normal. Bahkan gejala kehamilan tersebut dialami oleh hampir semua ibu hamil, dengan presentasi 85%.
  • Mual muntah dan morning sickness
    Kondisi mual yang disertai dengan muntahan juga merupakan kondisi yang normal, bahkan sebagian besar wanita hamil mengalami kondisi ini. Sebaiknya Anda tidak perlu mengkhawatirkan hal ini.Jika kondisi semakin parah,Anda dianjurkan untuk segera berkonsultasi kepada dokter kandungan Anda.
  • Mudah lelah
    Moms, kondisi tubuh Anda ketika hamil pastinya akan bekerja lebih keras, Maka dari itu, biasanya di masa kehamilan Anda juga akan mengalami mudah merasa lelah.
  • Mengidam
    Terdapat sekitar 65% wanita hamil akan mengalami ngidam, di mana kondisi ini di tandai dengan Anda yang menginginkan suatu hal atau menginginkan makanan tertentu. Dan kondisi ini biasanya di kaitkan dengan janin dalam kandungan.
  • Sering berkemih
    Walaupun usia kehamilan baru menginjak usia kehamilan trimester pertama, biasanya para wanita di usia kehamilan muda kerap kali mengalami keinginan untuk berkemih yang mana frekuensinya lebih sering. Kondisi ini di karenakan adanya proses perkembangan janin dalam kandungan yang mana mampu mendorong jalur kemih.
  • Perubahan mood atau mood swings
    Penting untuk di ketahui, bahwa terkadang wanita hamil juga akan mengalami yang namanya perubahan mood, di mana hal ini di sebabkan adanya perubahan hormon dalam tubuh wanita hamil.

Hal penting yang harus di lakukan oleh wanita pada usia kehamilan muda

  • Kunjungan ke dokter kandungan
    Ketika Anda sudah memastikan bahwa Anda positif hamil melalui alat test pack, maka, hal utama yang harus Anda lakukan adalah merencanakan diri untuk menemui dokter dan memeriksakan kehamilan Anda tersebut. Ketika Anda memeriksakan diri ke dokter, maka Anda juga harus memastikan kalau Anda menerima pemeriksaan USG di trimester pertama kehamilan guna mengetahui kondisi janin dalam kandungan Anda.
  • Memenuhi asupan asam folat
    Semua wanita  hamil pastinya membutuhkan asupan asam folat, terutama di usia kehamilan trimester pertama. Untuk asupan asam folat ini Anda bisa memperolehnya dari sejumlah makanan atau bahkan minuman yang memiliki kandungan gizi tersebut, dan jika perlu Anda juga bisa membeli suplemen penambah asam folat dengan catatan atas persetujuan dokter kandungan Anda.
  • Memenuhi asupan zat besi
    Bukan hanya asam folat, wanita hamil juga pastinya membutuhkan asupan kandungan gizi dan juga nutrisi lainnya, salah satunya adalah zat besi yang bisa membantu janin dalam proses perkembangannya. Jika Anda kekurangan zat besi, di pastikan Anda akan mengalami komplikasi pada kehamilan, diantaranya seperti kekurangan sel darah merah atau anemia.
  • Hati-hati dalam mengonsumsi obat
    Mungkin Anda beranggapan untuk memperkuat kehamilan atau janin dengan mengonsumsi berbagai jenis suplemen atau obat. Faktanya hal tersebut tidaklah benar, karena ketika Anda mengonsumsi obat-obatan atau bahkan multivitamin tanpa anjuran dokter, apalagi dengan dosis yang berlebihan bisa berakibat fatal pada kesehatan Anda serta janin dalam kandungan. Jika Anda ingin mengonsumsi suplemen, maka sebaiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter mengenai obat-obatan yang akan Anda konsumsi. Intinya, berhati-hatilah dengan sejumlah obat yang Anda konsumsi di masa kehamilan.
  • Kurangi kafein
    Bagi Anda pencinta kopi atau teh, maka sebaiknya ketika Anda hamil Anda mengurangi asupan kedua jenis minuman tersebut, karena kopi dan teh  memiliki kandungan kafein dalam jumlah yang cukup banyak. Sebaiknya, Anda membatasi asupan kafein di masa kehamilan guna menjaga kesehatan tubuh serta janin dalam kandungan.

Kebiasaan baik yang baik untuk di terapkan oleh wanita di masa kehamilan muda

  • Jangan mencoba menurunkan atau menaikkan berat badan
    Mengapa? Penting untuk Anda ketahui, bahwa masa kehamilan bukanlah waktu yang tepat untuk Anda menurunkan berat badan.Jika Anda tetap mempertahankan berat badan dengan cara mengurangi porsi makan di masa kehamilan, di pastikan Si Kecil yang berada di dalam kandungan tidak akan menerima asupan nutrisi yang baik, sehingga perkembangannya akan terganggu. Solusinya? Cara terbaiknya adalah, Anda bisa mempertahankan bera badan Anda sebelum merencanakan kehamilan atau sebelum Anda hamil. Jika berat badan Anda bertambah selama masa kehamilan namun tidak ingin memiliki berat badan yang berlebih, maka Anda bisa menyesuaikan asupan makanan dengan mengonsumsi makanan sehat yang tidak memiliki kandungan kalori serta lemak dalam jumlah berlebih. Ingat! Jangan pernah  sembarangan mempertahankan berat badan dengan mengurangi asupan makan Anda tanpa adanya saran dari tim medis.
  • Mencoba untuk lebih aktif 
    Mengapa? Ketika aktivitas Anda tidak seimbang dengan olahraga selama masa kehamilan, maka di pastikan bisa memperlambat proses metabolisme, dapat mengurangi stamina dalam tubuh, bahkan Anda bisa kesulitan untuk membakar kalori yang ada di dalam tubuh Anda. Dan pada akhirnya, beberapa hal tersebut mampu memberikan dampak yang buruk untuk kehamilan serta kesehatan tubuh Anda sendiri. Solusinya? Bagi Anda yang sibuk beraktivitas dan tidak memiliki riwayat penyakit tertentu, maka hal terbaik yang bisa Anda lakukan adalah menyeimbangkan antara bentuk aktivitas dengan berolahraga ringan dan asupan makanan yang baik. Dengan begitu, meskipun Anda sibuk bekerja, namun tetap dapat menyeimbanginya dengan olahraga rutin dan mengonsumsi makanan sehat, maka kondisi kehamilan Anda bisa terjaga dengan baik.
  • Jangan memaksakan diri
    Mengapa? Ketika Anda terlalu sibuk bekerja ternyata bisa menyebabkan terjadinya pendarahan atau bahkan  mengalami keguguran pada kehamilan pertama Anda. Bukan hanya berpengaruh pada janin dalam kandungan, namun terlalu sibuk bekerja juga bisa mempengaruhi kesehatan Anda. Solusinya? Ketika Anda mengalami perasaan tidak nyaman atau bahkan sesak di bagian perut,  di anjurkan untuk segera beristiahat. Apabila Anda mengalami pendarahan atau bahkan kontraksi pada bagian rahim, maka segeralah konsultasi pada dokter kandungan Anda agar segera mendapatkan penanganan yang lebih serius. Bukan hanya kelelahan fisik, namun Anda juga harus menyadari bahwa kelelahan mental seperti stress karena bekerja di masa kehamilan bisa memberikan efek yang buruk untuk kesehatan tubuh serta janin dalam kandungan. Maka dari itu, ketika Anda mulai merasa lelah dengan segala bentuk aktivitas baik di tempat kerja atau bahkan di rumah, segeralah mengambil waktu sejenak untuk beristirahat.
  • Pertahankan suasana hati yang positif
    Mengapa? Karena suasana hati yang ada dalam kondisi damai serta bahagia pastinya bisa membantu Anda untuk mempertahankan kondisi tubuh serta janin dalam kondisi yang stabil. Dan sebaliknya, jika Anda tidak bisa mengontrol suasana hati yang menyebabkan emosi berlebihan, maka dapat membuat detak atau denyut jantung menjadi meningkat dan juga sirkulasi darah akan menjadi tidak stabil. Solusinya? Untuk mengatasi kondisi ini, umumnya para ahli akan merekomendasikan Anda untuk tetap menjaga suasana hati agar tetap dalam kondisi yang baik atau positif, sehingga hal ini bisa membuat proses kehamilan dan juga persalinan bisa berjalan dengan sangat aman dan lancar.
  • Jauhkan diri dari rokok dan minuman berakohol
    Mengapa? Bukan rahasia lagi, bahwa rokok atau bahkan minuman beralkohol tidak baik untuk wanita hamil. Karena bisa mempengaruhi kondisi kesehatan Anda dan juga janin dalam kandungan. Solusinya? Bagi Anda perokok atau memiliki kebiasaan mengonsumsi alkohol sebaiknya segera menghentikan kebiasaan buruk tersebut selama masa kehamilan. Bukan hanya itu, Anda juga harus menghindari asap rokok meskipun Anda tidak merokok, karena menjadi perokok pasif jauh lebih berbahaya daripada perokok aktif.
  • Makan banyak buah dan sayuran untuk mencegah sembelit
    Mengapa? Umumnya wanita hamil akan mengalami konstipasi atau sembelit di masa kehamilannya. Hal ini di karenakan adanya tekanan dari rahim yang semakin hari semakin membesar karena janin terus berkembang setiap harinya. Solusinya? Untuk mengatasi persoalan ini, Anda bisa mengandalkan buah dan  sayuran yang memiliki kandungan air dan juga serat yang cukup banyak. Karena kandungan-kandungan inilah yang bisa menghindari Anda dari persoalan sembelit di masa kehamilan.
  • Kenakan pakaian yang nyaman dan sesuai
    Mengapa? Memasuki usia kehamilan 4-5 bulan, umumnya bentuk tubuh Anda akan mengalami perubahan yang drastis, bahkan umumnya berat badan Anda juga akan terus bertambah. Dengan begitu, Anda tidak dianjurkan untuk menggunakan pakaian yang terlalu ketat seperti jeans, karena bisa mempengaruhi perkembangan janin dalam kandungan. Solusinya? Di masa kehamilan apalagi di usia kehamilan yang memasuki usia 4-5 bulan, sebaiknya Anda menggunakan pakaian yang sedikit longgar agar Anda bisa lebih leluasa bergerak dan juga merasa nyaman. Jika ingin menggunakan pakaian ketat guna menonjolkan kehamilan, maka Anda bisa memilih bahan yang sesuai dengan kebutuhan atau sesuai dengan kehamilan Anda.
  • Baca buku tentang kehamilan dan cara mengasuh anak
    Mengapa? Moms, menjadi seorang ibu pastinya bukanlah suatu pekerjaan yang cukup mudah, dan sangat wajar jika Anda merasa khawatir dengan masalah-masalah kehamilan terutama di masa kehamilan trimester pertama. Solusinya? Hal terbaik yang bisa Anda terapkan untuk mengatasi persoalan ini adalah, dengan membaca sejumlah buku atau artikel yang berkaitan dengan dunia kehamilan serta dunia mengasuh anak. Dengan begitu, Anda akan mengetahui hal apa saja yang memang berkaitan dengan kehamilan. Selain itu Anda juga bisa mengetahui dengan pasti hal yang harus Anda lakukan jika mengalami masalah.
  • Periksakan kehamilan secara teratur
    Mengapa? Hal mendasar namun sangatlah penting di masa kehamilan adalah memeriksakan kondisi kesehatan Anda serta kehamilan dengan rutin ke dokter kandungan. Proses pemeriksaan tersebut pastinya dapat membantu Anda untuk memantau terus kesehatan Anda serta memantau perkembangan janin dalam kandungan. Solusinya? Jika Anda sudah membaca buku atau artikel mengenai kehamilan, namun Anda masih merasa bingung dan kerap kali khawatir dengan kondisi kehamilan Anda, maka Anda bisa memeriksakan diri ke dokter secara rutin. Dengan begitu, ketika Anda memiliki pertanyaan atau bahkan keluhan selama kehamilan bisa menanyakan pada dokter yang bersangkutan.
  • Menjaga pola tidur teratur dan hindari tidur terlalu larut malam Mengapa? Ketika Anda memiliki jam tidur yang tidak teratur atau bahkan memiliki jam tidur yang terlalu larut pastinya bisa berpengaruh pada kesehatan tubuh serta bisa mempengaruhi tumbuh kembang janin dalam kandungan. Untuk mempertahankan kesehatan tubuh dan juga janin, maka Anda harus bisa mempertahankan pola tidur yang baik dan teratur. Solusinya? Anda harus memiliki waktu istirahat atua waktu tidur yang cukup, jangan sampai Anda bergadang. Selain itu, Anda juga sangat dianjurkan untuk bisa mempertahankan pola makan yang baik. Dan beberapa kebiasaan baik ini pastinya bisa Anda lakukan, agar Anda bisa tetap aman dan nyaman menjalankan masa kehamilan, dan bisa melahirkan bayi normal yang sehat.
  • Perhatikan perkembangan janin
    Mengapa? Umumnya para wanita hamil bisa memeriksakan kondisi janinnya sekitar 18-20 minggu di usia kehamilan. Hal ini merupakan salah satu bentuk referensi yang pastinya akan berguna, dan juga mampu memantau kesehatan serta perkembangan janin. Solusinya? Pasalnya, pergerakan janin dalam kandungan akan terjadi sekitar 3 kali dalam satu jamnya, atau sekitar 30-40 kali dalam kurun waktu 12 jam. Apabila dalam proses tahapan tersebut,  Anda mengalami atau bahkan menyadari adanya sebuah perubahan terutama dalam lingkup gerakan Si Kecil, atau bahkan janin tidak aktif dalam kurun waktu yang cukup lama, segeralah pergi ke dokter guna mendapatkan penanganan yang tepat.

Hal-hal tak terduga yang harus di lakukan oleh wanita hamil

  • Tidur di satu sisi tubuh 
    Ketika kondisi perut Anda mulai membesar, terutama ketika kehamilan memauski usia trimester ke tiga, biasanya para wanita hamil akan mengalami kesulitan dalam memilih posisi tidur. Bahkan, para wanita hamil akan cenderung merasa tidak nyaman dengan posisi tidurnya. Oleh karena itu, Anda sangat dianjurkan untuk membiasakan diri tidur dengan satu sisi tubuh. Misalkan menyampingkan tubuh ke arah kanan atau kiri, dan juga Anda akan terbiasa dengan posisi terlentang, maka Anda dapat menyimpan bantal di bagian belakang tubuh.
  • Jangan makan "untuk dua orang" 
    Meksipun Anda dalam kondisi hamil, sebaiknya Anda makan dengan porsi yang cukup namun dengan kandungan gizi dan nutrisi yang baik yang bisa di bagi dua dengan janin dalam kandungan.
  • Jaga kebersihan gigi 
    Di masa kehamilan, ternyata menjaga kesehatan gigi juga merupakan salah satu hal yang sangat penting untuk Anda lakukan. Jika Anda tidak rutin menjaga kesehatan gigi, maka kemungkinan besar Anda akan mengalami serangan penyakit gusi yang terjadi karena adanya perubahan hormon.
  • Waspadai kotoran kucing
    Bagi Anda yang memiliki peliharaan terutama kucing, sebaiknya menghidari kotoran kucing. Karena memang kotoran kucing atau beberapa hewan peliharaan lainnya memiliki virus yang bisa menyerang tubuh Anda.
  • Jangan remehkan vaksin
    Hingga saat ini beberapa wanita hamil yang menyepelekan pemberian vaksin, padahal vaksin sendiri memiliki manfaat yang sangat luar biasa. Maka dari itu, sangat dianjurkan untuk para wanita hamil memperoleh vaksin ketika Anda tengah hamil secara rutin.

Nutrisi dan vitamin yang penting untuk mendukung perkembangan janin

  • Asam folat
    Asam folat sendiri merupakan salah satu jenis nutrisi yang sangat penting yang pastinya di butuhkan oleh tubuh Anda, terutama di masa kehamilan. Hal ini di karenakan asam folat memiliki manfaat yang sangat luar biasa untuk menjaga kesehatan Anda serta membantu tumbuh kembang buah hati di dalam kandungan.
  • Vitamin A dan beta karoten
    Vitamin A dan juga beta karoten, adalah salah satu jenis vitamin yang tidak kalah pentingnya dengan asam folat. Kedua kandungan vitamin ini ternyata mampu membentuk beberapa bagian tulang dan membantu Si Kecil untuk menumbuhkan bagian giginya.
  • Vitamin B1 (thiamin), B2 (riboflavin), B3 (niacin) dan B6 (pyridoxine)
    Vitamin B1, B2, B3 dan B6 memiliki peranan yang sangat penting untuk membantu tumbuh kembang janin, selain itu beberapa kandungan vitamin tersebut juga sangat di butuhkan oleh wanita hamil untuk menambah energi yang mana di masa kehamilan energi sangat di butuhkan sekali.
  • Vitamin C
    Selain vitamin A dan B, ternyata vitamin C ini juga di butuhkan oleh wanita hamil, terutama berfungsi untuk melindungi sejumlah sel tubuh dari kerusakan serta mampu tubuh untuk menyerap kandungan zat besi yang masuk ke dalam tubuh Anda. Selain itu, vitamin C ini juga berperan untuk meningkatkan sistem imun tubuh Anda serta janin dalam kandungan.
  • Vitamin D
    Kandungan vitamin ini sangat di butuhkan oleh tubuh untuk membantu penggunaan kalsium dan juga fosfor dengan baik, di mana kedua kandungan tersebut berperan untuk proses pembentukan tulang  janin agar lebih kuat.
  • Zat besi
    Kandungan nutrisi ini sangat di butuhkan tubuh untuk membentuk sejumlah hemoglobin sehingga mampu mencegah terjadinya anemia pada ibu hamil.
  • Kalsium
    Kandungan kalsium ternyata memiliki peranan penting untuk membantu janin memproses tulang serta mampu mencegah terjadinya proses pembentukan bekuan darah yang ada di dalam tubuh sang ibu hamil.
  • Zinc
    Memiliki peranan yang penting, terutama dalam pembentukan sejumlah hormon dan enzim tubuh Si Kecil. Selain itu, zinc ini juga berperan untuk menregenerasi sejumlah sel tubuh.

Rekomendasi cemilan sehat kaya nutrisi untuk wanita hamil

  • Bayam
    Seperti yang kita ketahui, bahwa bayam memiliki kandungan asam folat yang cukup tinggi, dimana kandungan asam folat ini sangat di butuhkan oleh wanita  hamil dan janin dalam kandungan. Maka dari itu, ketika Anda bingung memilih cemilan untuk kehamilan Anda, maka Anda bisa memilih bayam sebagia alteratif.
  • Wortel
    Hal ini di karenakan wortel sendiri memiliki kandungan vitamin A yang nyatanya sangat di butuhkan selama masa kehamilan.
  • Telur rebus
    Memiliki kandungan nutrisi dan juga protein yang sangatlah lengkap. Setidaknya telur rebus sendiri memiliki kandungan vitamin D kompleks yang bermanfaat untuk membantu proses peningkatan sistem kekebalan tubuh Anda dan janin dalam kandungan.
  • Kacang mete
    Memiliki kandungan protein yang sangat tinggi dan baik di konsumsi oleh wanita hamil.
  • Yoghurt
    Memiliki kandungan kalsium yang tinggi yang mana mampu membantu proses pembentukan tulang dan juga gigi pada janin.
  • Sereal gandum
    Memiliki kandungan yang baik untuk mengendalikan perasaan lapar. Dengan begitu, Anda tidak akan sembarangan lagi mengonsumsi cemilan yang tidak baik untuk tubuh.
  • Ubi
    Sama halnya dengan wortel, ternyata ubi juga memiliki kandungan vitamin A yang cukup tinggi. Sehingga ubi sendiri mampu memenuhi asupan vitamin baik untuk wanita hamil maupun untuk janin dalam kandungan.
  • Kurma
    Cemilan sehat lainnya adalah kurma. Kurma sendiri merupakan salah stau jenis buah yang ternyata memiliki khasiat yang sangat luar biasa untuk wanita hamil. Mengapa? Hal ini dikarenakan kurma memiliki kandungan glukosa dan juga mineral yang cukup banyak yang bisa mengembalikan energi tubuh yang hilang pada wanita hamil.
  • Kismis anggur
    Memiliki manfaat yang sangat luar biasa untuk menjaga kehamilan Anda agar tetap sehat.

Mengenal istilah seputar kehamilan

  • Testpack 
    Testpack sendiri merupakan salah satu alat uji kehamilan yang memiliki bentuk seperti stik, yang mana testpack ini di rancang guna mengetahui apakah urin yang mana di jadikan sebagia sempel memiliki kandungan hormone HCG atau tidak.
  • Human Chorionic Gonadotropin (HCG)
    HCG atau Human Chorionic Gonadotropin sendiri merupakan salah satu jenis hormon kehamilan yang umumnya terjadi di dalam darah dan juga urine.
  • Embrio, fetus, janin, dan bayi
    Keempat istilah tersebut sebenarnya sama, namun memiliki arti yang berbeda. Jika embrio adalah bakal bayi dari sejumlah sel telur yang sudah dibuahi oleh sperma hingga berusia 4 minggu. Dan bakal tersebut baru akan di sebut janin atau bahkan fetus jika kehamilan sudah berusia 8 minggu sampai ia lahir. Dan jika janin sudah lahir, maka barulah di sebut sebagia bayi.
  • Plasenta
    Plasenta adalah salah satu bagian organ tubuh yang ada di dalam rahim, umumnya plasenta hanya ada selama masa kehamilan yang mana memiliki fungsi untuk menghubungkan bakal bayi dengan ibunya guna mentransfer sejumlah oksigen dan juga nutrisi yang terkandung di dalam makanan yang di konsumsi ibu hamil.
  • HPHT
    HPHT sendiri adalah kepanjangan dari Hari Pertama Haid Terakhir, dimana memiliki tujuan untuk menghitung usia kehamilan Anda.
  • Kontraksi
    Kontraksi sendiri merupakan kondisi di mana bagian perut terasa keram yang menyerupai ketika Anda menstruasi. Itu di karenakan kondisi rahim yang mengencang lantas mengendur.
  • Antepartum
    Antepretum adalah terjadinya pendarahan melalui vagina, yang umumnya terjadi di usia kehamilan menginjak usia 20 minggu. 
  • Preterm atau partus prematur
    Istilah ini adalah proses persalinan yang terjadi pada kehamilan sebelum menginjak waktu yang tepat atau sebelum usia kehamilan menginjak 37 minggu.

Mengenal keluhan kehamilan 7 bulan yang sering terjadi 

Melalui proses pemeriksaan USG, di usia kehamilan 7 bulan mulai bisa di ketahui keadaan janin dalam kandungan apakah normal atau bahkan tidak normal. Maka dari itu, sangat penting bagi Anda untuk melakukan pemeriksaan secara rutin guna mengetahui kondisi kesehatan janin dalam kandungan Anda. Berikut beberapa keluhan yang umumnya bisa di rasakan oleh ibu hamil di usia kehamilan 7 bulan, diantaranya adalah sebagia beirkut:

  • Perut kembung
    Di usia 7 bulan kehamilan, keluhan yang biasanya di alami oleh wanita hamil adalah keram di bagian perut. Hal ini terjadi karena adanya proses peningkatan hormon esterogen serta hormon progesteron yang terjadi pada wanita hamil. Bukan hanya itu, perasaan keram juga bisa di alami wanita hamil  karena janin semakin membesar, yang mana bisa menekan bagian organ usus.
  • Bengkak pada kaki
    Terjaidnya bengkak di bagian kaki juga kerap kali menjadi keluhan para ibu hamil di usia kehamilan 7 bulan. Hal ini di karenakan tidak lancarnya proses peredaran darah yang diakibatkan oleh perubahan badan serta bertambahnya beban pada kaki.
  • Konstipasi
    Di usia kehamilan 7 bulan, umumnya para wanita hamil kerap kali mengalami keluhan konstipasi atau dalam kata lain sering buang air besar. Kondisi ini terjadi karena keadaan janin dalam kandungan yang semakin hari semakin membesar yang mampu menekan bagian usus, sehingga kinerja untuk proses penyerapan sejumlah makanan yang masuk menjadi sangat terhambat.
  • Kram dan sakit pinggang
    Kram dan perasaan sakit pinggang juga kerap kali di alami wanita hamil di usia 7 bulan. Biasanya perasaan kram ini akan di alami pada bagian kaki, yang di rasakan seperti tengah kesemutan atau bahkan kaku. Selain itu, pinggang juga akan terasa mudah sakit, hal ini di karenakan kondisi perut yang semakin membesar.
  • Nyeri perut
    Ketika memasuki usia 7 bulan kehamilan, tidak jarang wanita hamil akan merasakan nyeri di bagian perut. Dan biasanya rasa sakit yang di alami menyerupai perut yang di remas-remas. Kondisi ini merupakan kondisi yang wajar di alami oleh wanita hamil di usia kehamilan 7 bulan yang di akibatkan karena adanya proses kontraksi pada rahim guna persiapan proses persalinan nanti.
  • Keputihan
    Wanita hamil  kerap kali mengalami keputihan di usia kehamilann 7 bulan. Yang di akibatkan karena adanya peningkatkan hormon, sehingga mampu memicu proses peningkatan cairan di bagian organ intim.
  • Berat badan berlebih
    Bukan hanya beberapa hal di atas, waniata hamil  kerap kali mengeluhkan kondisi berat badannya yang naik secara berlebih di usia kehamilan 7 bulan. Hal ini di karenakan ketika memasuki usia kehamilan 7 bulan, umumnya para wanita hamil memiliki nafsu makan yang meningkat.
  • Susah tidur
    Karena kondisi perut yang semakin membesar, umumnya di usia kehamilan 7 bulan wanita hamil  kerap kali mengalami keluhan susah tidur.

Semoga bermanfaat.

By: Babyologist Editor

565 Babyologist Editor Send Message to Writer

Related Stories