Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Pentingnya Menjaga Postur Tubuh Saat Hamil

PREGNANCY  |  10 Dec '17


Penting untuk Anda ketahui, bahwa posisi tubuh Anda saat melakukan aktivitas juga bisa mempengaruhi kondisi kehamilan Anda. Bukan hanya asupan nutrisi yang baik juga gaya hidup yang terkontrol, namun posisi Anda juga menjadi faktor utama terjadinya masalah pada kehamilan. Maka dari itu, agar tidak terjadi hal yang tidak di inginkan pada kehamilan Anda, ada baiknya jika Anda selalu memperhatikan posisi tubuh saat melakukan berbagai aktivitas. Karena jika Anda salah mengambil posisi, maka bisa saja hal tersebut bisa membahayakan kesehatan tubuh serta janin yang ada di dalam kandungan.

Berikut beberapa posisi tubuh yang harus Anda perhatikan di masa kehamilan, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Berjalan dan berdiri
    Posisi berdiri dan juga berjalan bisa mempengaruhi kondisi janin dalam kandungan. Ketika Anda berjalan, ada baiknya jika posisi kepala Anda tegak menghadap kedepan, dan usahakan Anda tetap menjaga posisi bahu ada dalam keadaan tegak. Selain itu, Anda juga harus berusaha agar posisi kaki Anda dalam pondasi yang rata untuk menahan beban badan Anda sendiri. Itu artinya, Anda harus menghindari menggunakan sepatu atau sandal high heels selama masa kehamilan. Selain itu, Anda juga dianjurkan untuk tidak berdiri dalam posisi sama dalam kurun waktu yang lama. Jikapun harus, ada baiknya jika Anda bisa mengangkat satu kaki Anda untuk beristirahat di atas kursi atau sejenisnya.
  • Duduk 
    Ketika menjalankan masa kehamilan, ada baiknya ketika Anda duduk posisi punggung Anda ada dalam posisi lurus dengan posisi bahu di Tarik ke bagian belakang. Jika Anda salah dalam mengambil posisi duduk, maka ditakutkan akan berbahaya pada kondisi kehamilan Anda. Jika memungkinkan, Anda juga dianjurkan untuk menyandarkan punggung di sofa yang bisa membuat Anda nyaman.
  • Bangun dari posisi tidur 
    Mungkin Anda akan merasa sulit bangun dari tidur ketika Anda tengah menjalankan masa kehamilan, apalagi jika usia kehamilan menginjak trimester ketiga. Nah, cara yang tepat bagi Anda ibu hamil yang ingin terbangun dari posisi tidur adalah dengan menyampingkan terlebih dahulu posisi tubuh baik ke kanan atau bahkan ke kiri, kemudian simpan tangan Anda di bagian sisi tubuh. Setelah itu geserkan tubuh Anda secara perlahan untuk bisa terbangun dari posisi tidur.
  • Mengambil benda yang terjatuh 
    Ketika Anda hamil, terutama di trimester tiga, maka Anda akan merasa kesulitan ketika mengambil barang yang jatuh. Nah untuk mengambil barang yang terjatuh, Anda bisa mengambil posisi tubuh dengan menekukkan posisi punggung secara perlahan, dan kemudian tekukkan satu kaki untuk bisa meraih benda yang terjatuh yang mana posisi barang atau benda tersebut berada sangat rendah dengan posisi tubuh Anda.

By: Babyologist Editor

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

1097 Babyologist Indonesia

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Mengatasi Heartburn yang Terjadi ketika Hamil

Rasa terbakar di sekitar dada yang dialami ketika sedang hamil dikenal juga sebagai heartburn.

Mengatasi Kaki Bengkak saat Hamil

Berikut adalah langkah-langkah sederhana oleh Mom Tyas untuk mengatasi kaki bengkak ketika sedang hamil.

Ciri Kondisi Janin Tidak Sehat

Kelainan yang berasal dari berbagai faktor bisa menyebabkan kondisi janin tidak sehat bahkan sampai dengan keguguran. Mari simak ciri janin [...]

Mengatasi Bengkak Saat Hamil

Pembengkakan pada pergelangan kaki, lengan dan tangan umum terjadi pada ibu hamil. Apa yang menyebabkan kondisi ini terjadi dan bagaimana cara [...]

Manfaat Jalan Pagi Bagi Bumil

Banyak orang berkata bahwa jalan kaki di pagi hari sangat baik untuk kesehatan, terutama bagi bumil. Sebetulnya apa manfaatnya bagi bumil?

Apa Yang Terjadi Pada Ibu Hamil 6 Bulan?

Bagaimana Kondisi perkembangan janin dalam kandungan di usia 6 bulan kehamilan? Perlukah konsultasi dokter kandungan lebih sering du usia ini? [...]

Bahaya Bayi Lahir Prematur

Kelahiran prematur antara 7-8 bulan baik itu yang direncanakan karena suatu penyakit tertentu atau bahkan terjadi spontan ternyata bisa [...]

Mengatasi Kaki Bengkak Saat Hamil

Di trimester kedua dan ketiga, banyak ibu hamil yang mengalami pembengkakan pada kaki. Bagaimana mengatasi hal tersebut?