Categories

Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Perbedaan Pasta Gigi Dewasa dan Pasta Gigi Anak

HEALTH TIPS  |  18 Oct '18

Menjaga kebersihan area mulut si Kecil harus dilakukan sedini mungkin. Pada usia awal, Moms dapat membersihkan area lidah dan gusi bayi dengan menggunakan kain kasa atau tisu basah khusus mulut bayi. Ketika gigi bayi telah tumbuh, Moms mulai dapat menggunakan sikat gigi khusus bayi, namun sebaiknya jangan diberikan pasta gigi/odol. Ajari dulu bayi berkumur dan membuang air kumuran, baru Moms dapat memberikan pasta gigi.

Bolehkah Anak Diberikan Pasta Gigi Dewasa?

Sebaiknya, Moms membedakan pasta gigi dewasa dan pasta gigi anak. Mengapa? Karena pasta gigi dewasa dan anak-anak memiliki kandungan yang berbeda. Pada pasta gigi dewasa, lebih banyak mengandung bahan kimia dan fluoride. Meskipun Anda telah mengajari anak cara berkumur, namun pasti tetap ada sekian persen air yang tertelan oleh anak. Meskipun banyak orang tua yang mengetahui tentang adanya perbedaan kandungan antara pasta gigi dewasa dan anak, namun masih banyak yang meremehkan perbedaan ini dan tetap memberikan anak mereka pasta gigi dewasa.

Perbedaan Pasta Gigi Dewasa dan Anak

  1. Pasta gigi orang dewasa mengandung kadar fluor yang tinggi. Apabila fluor tertelan dalam jumlah yang banyak, bisa mengakibatkan keracunan pada anak. Menurut Dr. Suzan, SpKGA (spesialis kesehatan gigi anak), maksimal kandungan fluoride yang terdapat pada pasta gigi dewasa mencapai 1500 ppm, sedangkan pada pasta gigi anak hanya 500 ppm.

  2. Pasta gigi orang dewasa mengandung detergen yang cukup kuat, yang jika digunakan oleh anak bisa mengakibatkan mulut terasa kering dan perih.

  3. Pasta gigi orang dewasa biasanya ada yang mengandung Sodium Lauryl Sulfate (SLS). SLS adalah detergen sintetis yang sangat ampuh untuk membersihkan lantai. Apabila pasta gigi yang digunakan mengandung bahan tersebut dan termakan, maka zat ini dapat membuat mulut anak terasa terbakar.

  4. Pasta gigi orang dewasa biasanya mengandung harsh abrasive yang dapat mengikis lapisan email gigi anak.

Dari sekian banyaknya pasta gigi bayi yang ditawarkan, Moms harus cermat memilih produk yang tepat, terutama produk dengan bahan-bahan yang aman untuk bayi. Dr. Brown’s menghadirkan Natural Baby Toothpaste yang dapat digunakan dari bayi usia 0-3 tahun.

Mengapa Dr. Brown's Natural Baby Toothpaste?

  • Tidak memiliki kandungan fluoride
  • Mengandung Xylitol yang dapat membantu menjaga gigi dari kerusakan
  • Aman jika tidak sengaja tertelan. Meskipun aman jika tertelan, namun semua pasta gigi tetap dianjurkan untuk tidak terus menerus tertelan.
  • Memiliki rasa campuran buah pir dan apel yang alami (bukan pemanis buatan)
  • Tidak mengandung bahan kimia seperti SLS, pewarna buatan, pemanis buatan, dan lain-lain

Semoga bermanfaat.

By: Dr. Brown's Indonesia.

47 Babyologist x Dr. Brown's Send Message to Writer

Related Stories