Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Perbedaan Hamil Anak Laki-Laki dan Perempuan

HEALTH TIPS  |  MY STORY  |  03 Jun '22


Selama masa kehamilan, sebagai orang tua tentu Moms merasa excited sekaligus penasaran dengan jenis kelamin si Kecil yang ada dalam kandungan, bukan? Daripada menebak-nebak, akan lebih baik kalau Moms mengetahui perbedaan hamil anak laki-laki dan perempuan.

Sebenarnya, ada cukup banyak gejala alami yang bisa dijadikan sebagai acuan untuk memprediksi jenis kelamin bayi, mulai dari permintaan saat ngidam, posisi bayi, dan sebagainya. Namun, dari semua tanda yang muncul tersebut, Moms harus tahu mana ciri-ciri yang paling akurat.

13 Perbedaan Hamil Anak Laki-Laki dan Perempuan

Kehamilan di trimester pertama pasti membuat Moms merasa gugup sekaligus bersemangat mengetahui jenis kelamin janin, bukan? Sayangnya, pada periode tersebut, Moms belum bisa melakukan USG. Usia kehamilan harus minimal 3 bulan agar Moms dapat menjalani pemeriksaan USG.

Apabila Moms ingin mengetahui apa perbedaan hamil anak perempuan dan laki-laki, beberapa ciri-ciri di bawah ini bisa dijadikan sebagai acuan:

1. Gejala Morning Sickness

Salah satu gejala kehamilan paling menonjol adalah morning sickness. Namun, beberapa riset menyebutkan, saat hamil bayi laki-laki, maka Moms cenderung tidak mengalami mual. Sebaliknya, justru mengalami sakit kepala yang dipicu oleh naiknya hormon testosteron.

Sedangkan ketika hamil bayi perempuan, umumnya ibu hamil mengalami morning sickness cukup buruk. Kondisi tersebut disebabkan meningkatkan hormon estrogen atau hCG di dalam tubuh. Tapi Moms tidak perlu cemas sebab morning sickness memang umum terjadi di trimester pertama dan akan berangsur-angsur mereda di trimester berikutnya.

Baca Juga: Mengapa Botol Susu Berbahan Kaca Lebih Baik untuk si Kecil?

2. Perubahan Tubuh

Moms mungkin sering bertanya-tanya, sebenarnya bagaimana ciri-ciri mengandung anak lelaki? Satu dari sekian tanda yang dapat dijadikan acuan adalah perubahan bentuk tubuh.

Dilansir dari Healthline, saat hamil bayi laki-laki, pertumbuhan rambut Moms cenderung cepat serta lebat, dan rambut juga terlihat lebih berkilau, khususnya memasuki trimester kedua. Sedangkan jika hamil bayi perempuan, maka perubahan tubuh paling mencolok terjadi pada bagian payudara. 

Selain itu, jika Moms merasakan ukuran payudara semakin membesar saat masa kehamilan, maka ini bisa menjadi sebuah pertanda kalau hamil bayi perempuan.

3. Kondisi Kulit

Perubahan hormon juga mempengaruhi kondisi kulit saat sedang hamil. Apabila mengandung janin laki-laki, maka kulit terasa lembab dan sehat. Namun, tetap disarankan agar menggunakan pelembab secukupnya dan jangan lupa banyak minum air.

Sementara itu, saat hamil bayi perempuan, Moms kerap mengalami berbagai masalah kulit, mulai dari kusam, berjerawat, berminyak, hingga pecah-pecah. Tetapi jangan khawatir, ibu hamil tetap diperbolehkan menggunakan produk skincare yang terbukti aman untuk ibu hamil.

4. Bentuk Perut

Tidak sedikit orang memercayai bahwa bentuk perut Moms ketika hamil bisa menjadi acuan dalam mengetahui jenis kelamin bayi yang dikandung. Saat hamil bayi laki-laki, biasanya bentuk perut Moms tampak lebih condong ke atas, dengan tubuh bagian bawah lebih lebar.

Sedangkan bentuk perut hamil bayi perempuan terlihat bulat sempurna dan lebih menonjol karena lebar ke sisi kanan-kiri. Posisi kehamilan juga kelihatan turun sehingga janin seolah terletak tepat di perut bagian bawah.

5. Gerakan Janin

Bagaimana cara mengetahui bayi laki atau perempuan? Moms bisa menjadikan ritme gerakan bayi sebagai salah satu tanda. Jika bayi bergerak secara teratur, seperti menendang keras di malam hari, maka bisa jadi hamil bayi laki-laki. Pada bayi perempuan, gerakannya cenderung tidak bisa diprediksi, kadang menendang pelan dan di waktu lain lebih keras. Dengan kata lain, gerakan tidak beraturan.

6. Linea Nigra

Istilah ini merujuk pada garis hitam yang muncul di bagian perut ibu hamil. Seringkali, Linea Nigra dijadikan acuan menentukan jenis kelamin bayi. Apabila garis tersebut berbentuk putus-putus, ada kemungkinan mengandung seorang bayi laki-laki, Sebaliknya, kalau Linea Nigra lurus artinya bayi yang ada dalam kandungan adalah seorang perempuan. Sayangnya, belum ada riset yang membuktikan keakuratan ciri satu ini.

7. Timbul Bercak Hitam

Pada beberapa kasus para Moms menyebutkan bahwa saat hamil bayi laki-laki, timbul bercak berwarna hitam pada beberapa bagian tubuh, terutama sekitar areola payudara. Sedangkan ibu yang hamil bayi perempuan tidak menemukan gejala tersebut alias tidak ada kemunculan bercak hitam di area tertentu selama masa kehamilan.

8. Warna Urine

Perbedaan hamil anak laki-laki dan perempuan yang bisa Moms jadikan tanda selanjutnya adalah warna urine. Tidak sedikit yang meyakini bahwa urine berwarna pekat, seperti hitam, coklat, atau hijau tua menjadi salah satu tanda kalau Moms sedang hamil bayi laki-laki.

Namun sebaliknya, jika urine berwarna jernih, kemungkinan besar bayi dalam kandungan adalah perempuan. Hanya saja, hal ini belum bisa dipastikan kebenarannya. Sebab, perubahan warna urine bisa saja disebabkan Moms mengalami dehidrasi.

9. Posisi Tidur

Hingga saat ini, tidak sedikit orang masih mempercayai kalau posisi tidur juga bisa menjadi penentu jenis kelamin dari bayi dalam kandungan. Jika Moms cenderung tidur dengan posisi menghadap sebelah kiri misalnya, kemungkinan bayi yang dikandung adalah laki-laki. Sementara itu, kalau Moms tidur dengan posisi menghadap arah kanan, maka bayi yang nantinya akan dilahirkan adalah perempuan. Sama seperti mitos sebelumnya, mitos posisi tidur menentukan jenis kelamin bayi dalam kandungan belum bisa dibuktikan secara ilmiah.

10. Detak Jantung Bayi

Gejala lain yang dijadikan tanda mengetahui jenis kelamin anak adalah melalui detak jantungnya. Jika janin dalam kandungan memiliki detak jantung lebih lambat, yaitu kurang dari 140 detak per menit, ada kemungkinan Moms hamil seorang bayi laki-laki.

Namun, apabila detak jantung bayi lebih cepat, maka bayi dalam perut Moms adalah perempuan. Tapi jangan menjadikan tanda ini sebagai satu-satunya acuan. Dr. Michael Randell seorang spesialis kandungan dan kebidanan dari Atlanta, secara terang-terangan membantah hal tersebut.  Randell mengatakan bahwa detak jantung bayi dapat bervariasi setiap harinya dan detak jantung tidak bisa dijadikan acuan jenis kelamin bayi.

11. Suhu Tubuh

Jika seluruh bagian tubuh Moms terasa lebih hangat selama hamil, kemungkinan Moms akan memiliki seorang bayi perempuan. Sebaliknya, kalau suhu kaki Moms terasa lebih dingin dan bahkan harus menggunakan kaos kaki saat tidur, bisa jadi Moms sedang mengandung anak laki-laki.

12. Ngidam

Saat sedang hamil, Moms pasti merasakan momen ngidam atau menginginkan sesuatu. Coba ingat-ingat, makanan atau minuman seperti apa yang Moms suka konsumsi pada saat hamil? Jika Moms suka yang rasanya asin atau asam, artinya bayi tersebut laki-laki. Sedangkan kalau Moms lebih menyukai rasa manis dan segar, maupun produk susu dan turunannya, seperti keju dan yoghurt, maka bayi dalam kandungan adalah perempuan.

Baca Juga: Babyo Review Dr. Brown's Transition Bottle #SolusiBelajarMinum dari Gelas

13. Suasana Hati

Ketika mengandung bayi laki-laki, mungkin Moms tidak akan merasakan perubahan suasana hati atau mood yang signifikan atau bahkan cenderung cuek. Berbeda kalau Moms hamil anak perempuan, biasanya lebih sensitif, cerewet, dan moody (mood berubah-ubah).

Perbedaan hamil anak laki-laki dan perempuan di atas belum sepenuhnya benar. Jadi, sebaiknya jangan dijadikan satu-satunya acuan menentukan jenis kelamin si Kecil. Moms disarankan untuk melakukan tes USG untuk hasil lebih akurat, khususnya setelah kehamilan berusia 3 bulan.

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

285 Babyologist Indonesia

Comments

LATEST POSTS

Ingin Si Kecil Gemuk, Sehat, dan Cerdas? Yuk, Terapkan Prinsip Berikut!

Apa saja tips agar bayi baru lahir cepat gemuk dalam 1 minggu? Yuk, Moms, baca selengkapnya penjelasan berikut!

Rayyanza Semakin Membaik, Ini Cara Keluarga Gigi Merawat Si Kecil Saat Sakit

Anak bungsu Raffi Ahmad dan Nagita Slavina, Rayyanza Malik Ahmad, jatuh sakit. Sebenarnya, Rayyanza sakit apa? Bagaimana pula cara merawat [...]

Panduan Imunisasi Anak, Vaksin Wajib, dan Kisaran Harganya

Tahukah Moms, bulan Agustus adalah bulan Imunisasi Anak Nasional?

Pemerintah Siapkan Vaksinasi Pediatric COVID-19 Usia 6 Tahun ke Bawah

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan bahwa pemerintah akan mulai menjajaki program vaksinasi anak di bawah 6 tahun.

9 Rekomendasi Susu Program Hamil

Ada berbagai pilihan susu promil yang bisa dengan mudah Moms temukan di toko. Namun, apakah Moms sudah yakin kalau produk tersebut mengandung [...]

Larangan untuk Ibu Hamil Muda

Trimester pertama kehamilan atau hamil muda merupakan waktu yang penting bagi perkembangan janin ke depannya. Sebab pada periode ini, organ [...]

Keputihan Berwarna Putih Susu Apakah Tanda Hamil?

Selain menjadi pertanda semakin dekatnya periode menstruasi, keputihan yang keluar datang saat telat haid juga bisa menjadi pertanda kehamilan. [...]

Perbedaan Bentuk Perut Hamil Anak Laki-Laki dan Perempuan

Umumnya, jenis kelamin bayi yang ada dalam kandungan baru bisa diketahui setelah usia kehamilan Moms memasuki usia 18 atau 20 minggu.

Fakta Mual Muntah Saat Hamil Pertanda Janin Kuat

Hampir sebagian besar wanita yang tengah hamil mengalami mual dan muntah pada trimester pertama. Banyak yang memberi pendapat bahwa mual muntah [...]

Ketahui, Apakah Ibu Hamil Boleh Minum Kopi?

Hampir sebagian besar masyarakat Indonesia merupakan pecinta minuman kopi, tak terkecuali kaum wanita.

Penggunaan Microlax untuk Ibu Hamil

Microlax adalah salah satu obat mengatasi sembelit yang paling populer. Obat yang memiliki fungsi sebagai pencahar ini membantu melunakkan feses [...]

Makanan Ibu Hamil Muda Agar Anak Cerdas Sejak Dini

Memiliki anak cerdas adalah dambaan setiap orang tua. Namun, tidak semua orang tua mau berusaha untuk meningkatkan kecerdasan anak. Padahal, ada [...]

Penyebab Kaki Bengkak Saat Hamil dan Solusi Mengatasinya

Selain perut, salah satu perubahan tubuh yang terjadi saat kehamilan adalah kaki. Perubahan bentuk kaki membuat penasaran apa penyebab kaki [...]

Ciri Hamil Anak Perempuan Dilihat dari Pusar

Kehamilan menjadi salah satu fase terpenting bagi seorang ibu. Apalagi, jika ini merupakan kehamilan

Penjelasan Bolehkah Ibu Hamil Minum Es?

Menjaga asupan nutrisi selama kehamilan menjadi sangat penting agar kondisi ibu dan janin bisa tetap

Apakah Ibu Hamil Boleh Makan Durian? Ini Penjelasannya

Sebagian besar ibu hamil pasti akan merasakan fase ngidam terutama saat usia kehamilan masih muda.

8 Jenis Buah Penambah Darah Untuk Ibu Hamil

Agar ibu hamil bisa menjalani fase kehamilan dengan lancar, asupan nutrisi terbaik harus tercukupi.

Mengenal Penyebab Munculnya Garis di Perut Saat Hamil 1 Minggu

Setiap ibu hamil mengalami tanda-tanda kehamilan yang berbeda, termasuk juga munculnya garis di

Daftar Makanan yang Tidak Boleh Dimakan Saat Hamil

Kehamilan merupakan salah satu fase paling berharga bagi seorang ibu. Sebab itulah, hal terbaik selalu diberikan agar kondisi janin berkembang [...]

Kenali Penyebab Kaki Bengkak pada Ibu Hamil

Banyak perubahan yang akan Moms rasakan selama masa kehamilan. Selain kondisi badan yang mulai berisi, bagian kaki pun akan mengalami [...]