Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Perbedaan Bentuk Perut Hamil Anak Laki-Laki dan Perempuan

HEALTH TIPS  |  MY STORY  |  13 Jun '22


Umumnya, jenis kelamin bayi yang ada dalam kandungan baru bisa diketahui setelah usia kehamilan Moms memasuki usia 18 atau 20 minggu. Namun, kalau sudah tidak sabar menunggu, Moms maka bisa menjadikan perbedaan bentuk perut hamil anak laki-laki dan perempuan untuk memprediksi.

Saat Moms mengetahui kalau sedang berbadan dua, sejak awal kehamilan pasti tidak bisa menahan diri untuk menerka-nerka, kira-kira janin di dalam rahim berjenis kelamin laki-laki atau perempuan? Di Indonesia, bentuk dan ukuran perut memang kerap dijadikan acuan mengetahui jenis kelamin bayi.

Ini Perbedaan Bentuk Perut Hamil Anak Laki-Laki dan Perempuan

Sejak dahulu kala, fenomena memprediksi jenis kelamin bayi berdasarkan bentuk dan ukuran perut memang telah berkembang dan banyak dipercaya oleh berbagai kalangan. Seringkali, hal tersebut dijadikan sebagai referensi oleh Moms yang sedang hamil muda dan belum bisa melakukan USG.
Kalau Moms sedang hamil trimester pertama dan ingin tahu bagaimana bentuk perut hamil anak laki-laki dan perempuan, maka ciri-ciri di bawah ini dapat dijadikan referensi:
  • Hamil Anak Laki Laki: Bentuk perut cenderung lancip ke depan.
  • Hamil Anak Perempuan: Bentuk perut cenderung menonjol ke atas.
Apabila ini merupakan momen kehamilan anak pertama, secara ilmiah akan terdapat perubahan otot perut, berat badan, dan bentuk tubuh Moms. Kondisi fisik serta psikis dalam keadaan baik juga otomatis memiliki peran penting dalam perkembangan janin yang ada di dalam rahim. Pada kasus mengandung anak kembar, kehamilan memberikan dampak terhadap elastisitas otot dan menyebabkan perubahan bentuk perut. Oleh sebab itu, bisa dikatakan kalau jenis kelamin bayi yang Moms kandung tidak ada kaitannya dengan bentuk perut selama kehamilan.

Bagaimana Cara Mengetahui Jenis Kelamin Janin Tanpa Harus USG?

Saat hamil trimester pertama, Moms mungkin sering bertanya-tanya, apakah ciri2 hamil anak perempuan dan laki-laki? Agar tidak pusing membuat perkiraan yang bisa saja salah, di bawah ini adalah mitos dan fakta seputar menentukan jenis kelamin janin tanpa USG:
  1. Detak Jantung Bayi
Menurut mitos yang beredar, apabila kecepatan denyut jantung bayi lebih dari 140 detak per menit, artinya Moms sedang hamil anak perempuan. Sementara itu, kalau lebih lambat atau di bawah 140 detak per menit, maka bayi dalam kandungan adalah seorang laki-laki.
Faktanya, detak jantung anak perempuan umumnya memang lebih cepat dibandingkan laki-laki. Akan tetapi, ini biasanya terjadi pasca persalinan. Selama bayi masih berada di dalam rahim, usia janin yang menjadi suatu penentu utama kecepatan detak jantungnya.
Moms harus tahu, saat usia kehamilan menginjak 5 minggu, detak jantung janin diperkirakan sama seperti detak jantung seorang ibu hamil, yaitu antara 80–85 detak per menit. Denyut jantung akan bertambah cepat hingga kandungan berusia 9 minggu karena mencapai 200 detak per menit. Setelah itu, perlahan melambat menjadi 120–160 detak per menit.
  1. Perubahan Mood Ekstrim
Selama kehamilan, Moms akan mengalami perubahan hormon cukup drastis sehingga mempengaruhi perubahan suasana hati. Tidak sedikit yang percaya, bahwa saat hamil anak perempuan, kadar estrogen Moms akan menjadi lebih tinggi sehingga cenderung moody. Faktanya, belum ada penelitian mendukung teori tersebut. Sebab pada dasarnya, kadar hormon wanita akan meningkat saat mengandung dan mulai turun setelah melahirkan.
  1. Morning Sickness
Apakah benar morning sickness (mual dan muntah pada pagi hari selama hamil) parah adalah tanda Moms mengandung janin perempuan? Sebuah studi menyebutkan, saat mengandung anak perempuan, biasanya lebih rentan mengalami radang. Khususnya, ketika sistem imun Moms terpapar bakteri. Sedangkan saat hamil anak laki-laki, kondisi tersebut jarang terjadi. Peradangan tersebutlah yang kemudian diyakini menjadi penyebab Moms yang hamil bayi perempuan mengalami morning sickness.
  1. Kondisi Kulit
Setelah mengetahui perbedaan bentuk perut hamil anak laki-laki dan perempuan, Moms juga bisa menjadikan kondisi kulit sebagai salah satu ciri dalam mencari tahu jenis kelamin bayi. Sebab menurut orang tua, hamil anak perempuan bisa mencuri kecantikan ibu hamil. Hal tersebut pula yang membuat Moms tampak lebih kusam ketika hamil bayi perempuan. Sementara itu, jika hamil bayi laki-laki, konon kecantikan ibu hamil akan semakin terpancar. Pada kenyataannya, perubahan hormon selama hamil sangat mempengaruhi kesehatan kulit.
  1. Ngidam
Moms mungkin pernah mendengar celotehan seperti, kalau ngidam makanan manis berarti sedang hamil bayi perempuan. Sedangkan jika ngidam makanan asam atau asin, maka bayi dalam kandungan adalah laki-laki. 
Lantas, apakah hal tersebut benar adanya? Harus diingat bahwa di masa kehamilan Moms mungkin mengalami kondisi seperti kekurangan asupan mineral tertentu. Namun, jenis kelamin bayi tidak ada hubungannya sama sekali dengan ngidam makanan manis atau asam.

Apakah Bentuk Perut Ibu Hamil Menentukan Jenis Kelamin?

Tak bisa dimungkiri bahwa sebagian masyarakat di berbagai negara memiliki keyakinan kalau jenis kelamin janin dalam kandungan dapat diketahui berdasarkan bentuk perut ibu hamil. Di Indonesia misalnya, bentuk perut bulat diartikan sebagai tanda janin yang dikandung perempuan.  Sedangkan kalau lancip, maka dipercaya bahwa janin dalam rahim berjenis kelamin laki-laki. Lalu, apakah benar bentuk perut ibu saat sedang hamil mengindikasikan jenis kelamin bayi?  Dilansir dari Healthline, bentuk dan ukuran perut ketika mengandung bukan penentu jenis kelamin dari janin dalam kandungan. Sebab, semua hal tersebut terjadi atas berbagai macam faktor.

Faktor yang Membuat Bentuk Perut Ibu Hamil Terlihat Berbeda

  1. Pengalaman Hamil
Salah satunya adalah pengalaman mengandung. Pada kehamilan pertama, posisi janin akan berada di bagian atas, sedangkan kehamilan selanjutnya posisi tersebut akan semakin turun ke arah bawah. Ini disebabkan merenggangnya dinding perut Moms karena bayi semakin tumbuh besar. Di samping itu, posisi kandungan, baik atas atau bawah sangat dipengaruhi kekuatan otot perut masing-masing ibu hamil. Seperti diketahui, bahwa kondisi fisik setiap Moms berbeda-beda.
  1. Ukuran dan Letak Bayi
Faktor lain yang membuat bentuk perut selama kehamilan berbeda adalah ukuran serta letak bayi dalam rahim. Contoh mudahnya, saat janin dalam posisi dekat panggul, otomatis akan membuat kandungan Moms terlihat lebih rendah. Hal inilah yang sering dicirikan sebagai hamil bayi laki-laki.
Padahal, posisi si Kecil dalam rahim bisa berubah-ubah seiring berjalannya waktu, sehingga bentuk perut saat hamil ikut berubah menyesuaikan letak janin. Contoh lainnya adalah jika punggung bayi ada di area depan perut Moms, maka kandungan akan tampak lebih besar.
Akan tetapi, jika punggung janin posisinya sejajar dengan punggung Moms, kandungan terlihat lebih kecil. Jadi, ukuran perut Moms saat sedang hamil tidak bisa dijadikan bahan acuan memperkirakan jenis kelamin bayi dalam kandungan. Apalagi, belum ada penelitian yang membuktikan hal ini.
Pada sebagian besar kasus, bayi laki-laki memang lahir dengan bobot tubuh lebih berat dari bayi perempuan. Namun, perbedaan ini tidak begitu mempengaruhi bentuk dan ukuran perut ibu hamil. 
Moms harus tahu bahwa perbedaan bentuk perut hamil anak laki-laki dan perempuan di atas tidak sepenuhnya akurat. Apabila penasaran ingin tahu jenis kelamin bayi dalam kandungan secara lebih tepat, disarankan untuk melakukan USG setelah kehamilan Moms berusia di atas 3 bulan.

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

126 Babyologist Indonesia

Comments

LATEST POSTS

9 Rekomendasi Susu Program Hamil

Ada berbagai pilihan susu promil yang bisa dengan mudah Moms temukan di toko. Namun, apakah Moms sudah yakin kalau produk tersebut mengandung [...]

Larangan untuk Ibu Hamil Muda

Trimester pertama kehamilan atau hamil muda merupakan waktu yang penting bagi perkembangan janin ke depannya. Sebab pada periode ini, organ [...]

Keputihan Berwarna Putih Susu Apakah Tanda Hamil?

Selain menjadi pertanda semakin dekatnya periode menstruasi, keputihan yang keluar datang saat telat haid juga bisa menjadi pertanda kehamilan. [...]

Fakta Mual Muntah Saat Hamil Pertanda Janin Kuat

Hampir sebagian besar wanita yang tengah hamil mengalami mual dan muntah pada trimester pertama. Banyak yang memberi pendapat bahwa mual muntah [...]

Ketahui, Apakah Ibu Hamil Boleh Minum Kopi?

Hampir sebagian besar masyarakat Indonesia merupakan pecinta minuman kopi, tak terkecuali kaum wanita.

Penggunaan Microlax untuk Ibu Hamil

Microlax adalah salah satu obat mengatasi sembelit yang paling populer. Obat yang memiliki fungsi sebagai pencahar ini membantu melunakkan feses [...]

Makanan Ibu Hamil Muda Agar Anak Cerdas Sejak Dini

Memiliki anak cerdas adalah dambaan setiap orang tua. Namun, tidak semua orang tua mau berusaha untuk meningkatkan kecerdasan anak. Padahal, ada [...]

Penyebab Kaki Bengkak Saat Hamil dan Solusi Mengatasinya

Selain perut, salah satu perubahan tubuh yang terjadi saat kehamilan adalah kaki. Perubahan bentuk kaki membuat penasaran apa penyebab kaki [...]

Perbedaan Hamil Anak Laki-Laki dan Perempuan

Selama masa kehamilan, sebagai orang tua tentu Moms merasa excited sekaligus penasaran dengan jenis

Ciri Hamil Anak Perempuan Dilihat dari Pusar

Kehamilan menjadi salah satu fase terpenting bagi seorang ibu. Apalagi, jika ini merupakan kehamilan

Penjelasan Bolehkah Ibu Hamil Minum Es?

Menjaga asupan nutrisi selama kehamilan menjadi sangat penting agar kondisi ibu dan janin bisa tetap

Apakah Ibu Hamil Boleh Makan Durian? Ini Penjelasannya

Sebagian besar ibu hamil pasti akan merasakan fase ngidam terutama saat usia kehamilan masih muda.

8 Jenis Buah Penambah Darah Untuk Ibu Hamil

Agar ibu hamil bisa menjalani fase kehamilan dengan lancar, asupan nutrisi terbaik harus tercukupi.

Mengenal Penyebab Munculnya Garis di Perut Saat Hamil 1 Minggu

Setiap ibu hamil mengalami tanda-tanda kehamilan yang berbeda, termasuk juga munculnya garis di

Daftar Makanan yang Tidak Boleh Dimakan Saat Hamil

Kehamilan merupakan salah satu fase paling berharga bagi seorang ibu. Sebab itulah, hal terbaik selalu diberikan agar kondisi janin berkembang [...]

Kenali Penyebab Kaki Bengkak pada Ibu Hamil

Banyak perubahan yang akan Moms rasakan selama masa kehamilan. Selain kondisi badan yang mulai berisi, bagian kaki pun akan mengalami [...]

Makanan yang Harus Dihindari Saat Hamil Muda

Ketika hamil, Moms akan dihadapkan dengan berbagai pantangan dan banyak hal harus dilakukan secara lebih hati-hati. Salah satunya adalah soal makan.

Ketahui Jawaban, Bolehkah Ibu Hamil Minum Susu Beruang?

Moms mungkin bertanya-tanya, bolehkah ibu hamil minum susu beruang? Jawabannya adalah boleh. Pada dasarnya semua minuman sehat bagus dikonsumsi [...]

Tips Ibu Hamil 9 Bulan Agar Persalinan Lancar

Menghadapi persalinan normal untuk pertama kali tentu akan membuat Moms merasa sangat nervous. Apalagi, proses melahirkan tidak bisa dijelaskan [...]

Merk Cream Wajah yang Aman untuk Ibu Hamil dan Menyusui

Mengaplikasikan cream wajah setiap hari telah menjadi kebutuhan terutama bagi para wanita. Namun, saat hamil atau menyusui, Moms harus lebih [...]