Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Perawatan Tradisional Pacsa Melahirkan

HEALTH TIPS  |  MOM STYLE  |  MY STORY  |  30 Dec '19


Hai moms, apa kabar? Aku mau berbagi pengalaman pribadi bagaimana cara merawat tubuh dan bekas jahitan pasca melahirkan. Di dalam adat jawa banyak sekali hal-hal yang harus dilakukan oleh wanita yang baru saja melahirkan dan banyak pantangan-pantangan seperti:

- Subuh harus sudah mandi keramas
- Senden (tidur dalam posisi duduk dan kaki tidak boleh ditekuk)
- Tidak boleh makan daging, telur dsb
- Jamu,pilis, boreh perut setiap hari
- Pakai jarik yang kenceng dan pakai stagen

Dan sebenarnya masih banyak yang lain, tetapi diera modern seperti ini pasti jika dilakukan repot dan sebagian tidak sesuai dengan dunia medis, seperti tidak boleh makan daging dan telur.

Saya pun cukup menyaring hal-hal yang sekiranya perlu saja. Jadi ada beberapa hal yang aku lakukan untuk merawat diri dan bekas jahitan melahirkan.

Tips merawat diri dan bekas jahitan pasca melahirkan

1. Minum jamu rimpang

Aku cuma beli sih, gak mau ribet bikin sendiri, cukup 2000an aja tapi pastikan jamunya tidak mengandung pemanis buatan ya. Fungsi nya biar tubuh gak mudah capek juga bisa melancarkan produksi ASI. Jika mau lebih sehat dan praktis aku saranin beli jamu sachet keluaran pabrik jamu yang terpercaya, ada banyak jenis nya sepaket dapat banyak. Aku dulu sempet juga beli yang jamu sawan dan jamu parem.

2. Pakai jarik dan stagen

Ya, karena aku orang nya banyak gerak takut juga kan kalau jahitan di perineum kenapa napa, karena dibuat duduk aja sakit, ini terbukti efektif sih menurut ku. Apalagi kalo pakai stagen dijamin deh perut gak bakal buncit, asal pemakaian rutin ya, dulu aku pake sampe sebulan. Tapi untuk kain jarik cukup sampai nyeri jahitan agak berkurang aja. Rempong juga jalan gak bisa cepet.

3. Minum seduhan daun binahong

Ini untuk mempercepat proses penyembuhan luka jahit ya, untuk moms yang sc juga bisa. Tetapi jika masih minum obat dari dokter jangan lupa diminum juga.

4. Senam kegel

Senam ini cukup simpel dan bisa dilakukan kapan saja. Senam kegel bisa untuk merapatkan miss v juga.

5. Bilas air hangat setiap habis bab dan bak

Dua hal ini yang bikin trauma menurut ku, untuk mengurangi nyeri jahitan aku selalu pakai air hangat saat habis bab dan bak.

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

356 Umi Nafisah

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Perawatan Tradisional Jadi Pilihanku untuk Tetap Fresh Pasca Persalinan

Perawatan tradisional berikut ini bisa jadi alternatif perawatan Moms pasca melahirkan loh

Tips Atasi Rambut Rontok Usai Melahirkan

Moms mengalami kerontokan rambut pasca melahirkan? Berikut tips mengatasinya

Tips Langsung Langsing Setelah Melahirkan

Siapa yang BBnya setelah hamil naik jauh banget dari BB normal? Berikut ini tips mudah menurunkan BB ala Mom Resti

Ibu Menyusui Menggunakan Cream Wajah, Why Not?

Selama hamil hingga anak usia 6 bulan tidak pakai cream muka, apa alasan Mom Noviana akhirnya menggunakannya lagi?

Diet Sehat Sebelum Hamil, 1 Bulan Turun 5 Kg

Diet sehat seperti apa yang Mom Desi lakukan untuk menurunkan berat badan sebelum masa kehamilan?