Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Perawatan Tradisional Jadi Pilihanku untuk Tetap Fresh Pasca Persalinan

HEALTH TIPS  |  MOM STYLE  |  MY STORY  |  01 Dec '19


Setiap proses dalam menjalani kehamilan adalah sesuatu yang menyenangkan. Mulai dari menjaga pola makan, rutinitas ke dokter kandungan, persiapan persalinan dan masih banyak hal lain yang susah kayaknya untuk disebutkan satu persatu. Intinya adalah kebahagiaan bisa menjalani kehamilan dan menanti buah hati lahir ke dunia.

Begitupun dengan proses persalinan, merasakan nikmat sakit yang luar biasa membuat kita sadar dengan kodrat seorang wanita dan menghargai pengorbanan seorang ibu. Hmmmm jadi terharu deh moms.

Menjalani kehamilan hingga persalinan tentunya membuat tubuh dan juga kesehatan kita berbeda dari sebelumnya. Yang paling terasa adalah badan pegal-pegal seperti mau rontok. Perubahan lain juga misalnya timbulnya Stretch Mark, perut jadi kendur, badan jadi melar dan masih banyak lagi keluhan-keluhan lain yang juga mungkin dialami oleh para mama-mama di luar sana. Waktu anak pertama, saya nggak terlalu ambil pusing. Saya merasa masih fit, tidak perlu perawatan, lihat si baby senyum saja rasa capek dan sakit jadi hilang. Namun, pasca persalinan anak kedua. Saya merasakan badan pegal-pegal dan mengganggu banget. Mungkin karena harus mengurus 2 anak usia balita sekaligus.

Dari situ saya mulai merencanakan untuk melakukan perawatan. Perawatan nya pun cukup di rumah saja dan pastinya murah meriah dan sehat. Saya tipe perempuan yang paling tidak doyan ke salon untuk sekedar perawatan. Saya lebih memilih perawatan yang tradisional.

Perawatan yang saya lakukan pasca melahirkan antara lain

1. Pijat pasca persalinan

Dua bulan pasca persalinan saya melakukan pijat. Kebetulan moms, di daerah saya ada jasa pijat yang datang ke rumah. Tinggal nelfon saja terus nunggu jadwal dari mbaknya karena daftar orang yang menggunakan jasanya itu banyak jadi harus antri. Waktu itu saya dapat jadwal 3 hari setelah daftar. Macam-macam pijatnya juga ada. Kalau saya pilih pijat pasca persalinan. Fungsinya untuk melancarkan peredaran darah, meredakan pegal-pegal, dan membuat tubuh lebih rileks. Alhamdulillah, setelah pijat badan saya jadi lebih fresh. Untuk moms yang melahirkan secara SC mungkin harus konsultasi dulu sebelum melakukan pijat. Kalau saya Alhamdulillah diberi kesempatan untuk melahirkan normal kedua anak saya.

2. Mengkonsumsi jamu herbal

Siapa yang nggak kenal ramuan yang satu ini. Saya sangat suka minum jamu. Dari masih gadis saya doyan minum jamu. Pasca persalinan, saya minta tolong dibuatkan jamu oleh mbak. Alhamdulillah dibuatkan dan jamunya juga berkhasiat untuk memperlancar produksi ASI. Walaupun rasanya agak gimana tapi masih bisa dinikmati kok moms. Badan tetap bugar meskipun rutinitas merawat anak semakin padat dan menguras energi dan emosi.

3. Menggunakan Gurita atau semacam stagen

Di kehamilan anak pertama dan kedua, saya selalu menggunakan gurita pasca persalinan. Sebenarnya awalnya saya tidak tahu betul apa manfaatnya cuman karena orang tua yang menyarankan jadi saya pakai saja. Tapi akhirnya saya merasakan manfaatnya. Dengan menggunakan gurita atau stagen membuat perut saya jadi lebih ramping dan tidak menggelambir.

4. Perawatan wajah dengan masker madu

Ini juga sangat penting, pasca persalinan wajah kita biasanya jadi lebih kusam, muka lelah banget kayaknya. Kalau saya lebih memilih menggunakan madu sebagai masker agar wajah bisa lebih cerah. Tidak perlu mahal-mahal kan moms. Bisa dilakukan di rumah kapan saja.
Perawatan tradisional ataupun modern adalah pilihan. Tergantung kita cocoknya dengan yang mana. Yang terpenting adalah tetap jaga kesehatan setelah menjalani proses persalinan. Dengan tubuh dan jiwa yang fit membuat kita jadi lebih semangat untuk merawat buah hati.

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

207 Inayah Soenaryo

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Perawatan Tradisional Pacsa Melahirkan

Bagaimana cara merawat diri dan bekas jahitan pasca melahirkan?

Tips Atasi Rambut Rontok Usai Melahirkan

Moms mengalami kerontokan rambut pasca melahirkan? Berikut tips mengatasinya

Tips Langsung Langsing Setelah Melahirkan

Siapa yang BBnya setelah hamil naik jauh banget dari BB normal? Berikut ini tips mudah menurunkan BB ala Mom Resti

Ibu Menyusui Menggunakan Cream Wajah, Why Not?

Selama hamil hingga anak usia 6 bulan tidak pakai cream muka, apa alasan Mom Noviana akhirnya menggunakannya lagi?

Diet Sehat Sebelum Hamil, 1 Bulan Turun 5 Kg

Diet sehat seperti apa yang Mom Desi lakukan untuk menurunkan berat badan sebelum masa kehamilan?