Categories

Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Perawatan Payudara bagi Ibu Menyusui

FEEDING  |  03 Sep '18

Bagi seorang wanita khususnya Moms, merawat payudara merupakan suatu kewajiban guna mendukung kelancaran proses menyusui. Perawatan ini ditujukan agar ASI bisa keluar dengan lancar, terhindar dari rasa nyeri atau pembengkakan. Selain itu, tentunya untuk menjaga kebersihan payudara agar bayi tetap sehat.

Cara Merawat Payudara

  1. Rajin Memberikan Pemijatan pada Payudara
    Bagi ibu menyusui, memijat payudara sangat diperlukan untuk memperlancar keluarnya ASI. Anda cukup memijat payudara secara hati-hati (tidak menekan berlebihan) dan rutin. Selain itu, Moms juga perlu mengompres payudara dengan air hangat agar saluran ASI tidak tersumbat. Hal ini juga sangat bagus untuk menghindari nyeri ketika menyusui.

  2. Oleskan ASI pada Payudara
    Menjaga kelembapan payudara juga merupakan hal yang tidak boleh dipandang sepele. Payudara yang kering akan mudah mengalami iritasi dan tentunya tidak baik untuk ibu maupun bayi. Agar payudara tetap lembap, oleskan sisa ASI pada puting dan sekitarnya. Selain itu, Anda juga bisa mengoleskan salep pelembap yang memiliki kandungan lanoid untuk menghindari rasa nyeri saat menyusui.

  3. Rajin Membersihkan Puting
    Puting merupakan jalan keluarnya ASI untuk sang buah hati. Meskipun aliran ASI di dalam payudara lancar tetapi ketika putingnya tersumbat maka ASI tidak akan keluar. Oleh sebab itu, Moms wajib membersihkan puting sebelum dan sesudah menyusui. Gunakanlah air hangat untuk membersihkan puting agar sisa ASI yang telah mengering ataupun kotoran lainnya dapat terangkat secara optimal. Selain itu, bersihkan juga payudara setelah mandi untuk membersihkan sisa sabun.

  4. Rajin Mengganti Bantalan Payudara
    Hal ini bertujuan untuk menghindari adanya infeksi pada payudara yang biasanya terjadi karena sisa ASI yang menempel pada bantalan bra. Selain itu, gunakanlah bra yang dapat menyerap keringat.

  5. Cuci Tangan sebelum Memegang Payudara
    Tips terakhir yang tidak boleh dilewatkan dalam merawat payudara ibu menyusui yaitu selalu mencuci tangan sebelum memegang payudara untuk menjaga kebersihannya. Ingat, payudara yang bersih akan memberikan kenyamanan dan kesehatan untuk bayi.

Semoga bermanfaat.

By: Babyologist Editor

364 Babyologist Indonesia

Comments

Related Stories