Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Perawatan Pasca Melahirkan

HEALTH TIPS  |  MOM STYLE  |  16 Feb '19


Halo Moms, hari ini saya mau sharing mengenai perawatan pasca melahirkan. Mungkin sebagian besar Moms akan terfokus ke “bagaimana caranya badan bisa balik singset seperti sebelum lahiran?” (sama, saya juga gitu Moms). Tapi setelah saya jalanin dan saya rasakan, ternyata perawatan yang utama harus kita lakukan adalah “Perawatan pikiran dan perasaan ya Moms. 2 hal ini sangat berhubungan dan biasanya kalau tidak sejalan bisa berujung ke baby blues menurut saya.

Why?

  1. Perubahan postur badan, Mommies yang tidak siap dengan perubahan bentuk tubuh, pasti bakalan super galau setelah lahiran dan cari cara supaya cepat kurus. Ini terjadi sama saya juga, makanya saran saya sebelum lahiran, mulai sering keluarin kata-kata positif dan menguatkan diri kita sendiri, kalau ini itu semua untuk anak kita. Dan kita harus buang semua pikiran negatif yang sering banding-bandingin diri Moms after punya anak sama pas single, apalagi banding-bandingin badan Moms sama perempuan lainnya. Jadi, sebaiknya Moms tidak perlu melakukan diet yang aneh-aneh atau bahkan menyiksa diri ya Moms.

  2. Jangan pernah punya pikiran kalau setelah anak lahir, suami bakal tidak sayang lagi, kurang perhatian, atau bahkan merasa kalau kita bukan segalanya bagi sang suami. Tidak, saya mau bilang pikiran ini salah banget ya, karena sebenarnya setelah kita lahiran si suami justru bakal tambah sayang juga sama kita, karena mereka sudah melihat perjuangan kita lahirin anak yang lucu. Biasanya kalau Moms berpikir hal-hal yang negatif, maka hanya akan membuat perasaan jadi insecure dan kemungkinan besar bakal berujung pada baby blues.

  3. Harus punya pikiran kalau “kita pasti bisa”, kalau dari pengalaman saya itu, Mommy-Mommya zaman sekarang sangat cepet down, selalu merasa apa-apa tidak bisa, anak nangis langsung browsing penyebabnya, anak sakit pengen buru-buru dibawa ke rumah sakit, anak bingung puting langsung down, malah bisa sampai nangis. Nah, habis lahiran kita harus jadi ibu yang ekstra kuat ya Moms, ingat, pikiran dan perasaan harus sinkron dan harus lebih banyak calm down kalau mengurus anak, jangan terlalu banyak pake perasaan, yang ada nanti hanya merasa sedih terus.

  4. Jangan suka mikir aneh-aneh, fokus saja sama pikiran “nikmatnya menjadi ibu”. Pikiran aneh-aneh  apalagi yang negatif itu ciri-ciri baby blues loh.

  5. Harus rajin ngobrol ya Moms, maksudnya ngobrol di sini ya rajin ngomong-ngomong sama suami, mertua, mama sendiri, atau siapapun itu, jadi ya tidak stres sendiri, karena ngurus anak awal-awalnya tuh hectic banget, apalagi anak pertama ya kan, pasti deh selalu merasa sendiri.

Ya, ini tips-tips dari saya ya Moms berdasarkan apa yang saya alami dan rasakan.

Ini saya sharing perawatan secara emosioanalnya ya, Nah kalau yang ini lebih ke perawatan diri kita secara fisik:

  1. Pake korset/stagen/gurita, ini sih mesti banget sih ya, biar bentuk tubuh bisa pulih.
  2. Coba mulai beli krim-krim khusus buat menghilangkan selulit. Kalau saya pakai minyak zaitun.
  3. Bagi yang operasi caesar, boleh juga suntik keloid, biar bekas operasinya tidak jadi keloid.
  4. Perbaiki pola makan ya Moms, banyak makan kuah-kuah apalagi yang pake jahe benar-benar bagus banget buat bantu keluarin angin.
  5. Selama masa nifas coba pake sendal terus ya atau kaos kaki juga tidak masalah walaupun di rumah. Sebaiknya jangan mandi apalagi basahin kepala ya, cukup lap aja. Selain itu, sebisa mungkin tidur yang cukup (boleh minta tolong suami, mertua, atau mama buat bantu jaga supaya bisa gantian), nah ini penting banget soalnya pasca lahiran badan kita rentan lelah ya, kalau saya dulu ngerasa tidak enak aja badannya, seperti gampang masuk angin bawaannya.
  6. Kalau sudah sebulanan, boleh mulai olahraga ya Moms, ingat olahraga jangan pikir buat kurus tapi buat mengencangkan badan supaya tetap sehat.
  7. Last, siapin kuota internet yang banyak buat cari-cari informasi seputar baby di mana saja.
  8. Siapin jamu, atau obat angin juga (kalau saya minum obat angin cina, bagus banget ya bisa membantu keluarkan angin secara efektif).

Semoga bermanfaat.

By: Natalia kilis

Copyright by Babyologist

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

817 Natalia kilis

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Intip 5 Cara Cepat Menurunkan Berat Badan Saat Menyusui Berikut Ini

Bagaimana menurunkan badan saat menyusui? Simak ulasan lengkap cara cepat menurunkan berat badan saat menyusui

Diet Carbo ala Mom Jessica Forrester

Bagaimana ya cara Mom Jessica bisa mendapatkan tubuh ideal setelah menyusui? Mari kita simak tipsnya!

Tips Turunkan Berat Badan Pasca Melahirkan ala Mom Ruly

Tubuh ideal pasca melahirkan merupakan idaman para wanita. Berikut tips turunkan BB ala Mom Ruly

Menstrual Cup Pengganti Pembalut, Yay Or Nay?

Selain pembalut ternyata ada barang lain yang dapat digunakan saat menstruasi. Apa itu?

Tips Berdua dengan Newborn di Rumah

Saat hanya berdua dengan newborn, Moms harus bijak dalam mengatur waktu untuk istirahat agar tetap sehat.

Setelah Melahirkan Tidak Boleh Keramas, Benarkah?

Apakah Moms masih mengikuti tradisi orang tua yang tidak mandi dan keramas setelah melahirkan?

Cara Turunkan Berat Badan Pasca Melahirkan

Berat badan tetap ideal setelah melahirkan tentu idaman setiap wanita. Tapi bagaimana caranya ya?

Bolehkah Diet Mayo Saat Menyusui?

Diet mayo telah teruji klinis mampu menurunkan BB secara signifikan. Namun, bolehkah diet ini dilakukan oleh ibu menyusui?

Amankah Diet dengan WRP Selama Menyusui?

Mengembalikan tubuh ke porsi ideal adalah keinginan setiap Moms setelah melahirkan. Berbagai cara dilakukan, termasuk diet dengan susu rendah [...]

Langkah Awal Memulai Pola Hidup Sehat

Untuk dapat memiliki pola hidup sehat ternyata bukan hal yang sulit, bahkan Anda dapat melakukannya tanpa harus mengeluarkan biaya sedikitpun.

Diet Ketat Ala Pangeran Harry

Demi mendapatkan berat badan yang ideal, wanita mencoba berbagai metode diet, salah satunya adalah diet ala Pangeran Harry.

Waspada Depresi Postpartum, Perhatikan Gejalanya

Terdapat 3 level gejala depresi postpartum yang umumnya terjadi pada seorang ibu. Apa sajakah dan bahayakah dalam jangka panjang?

Memakai Sunscreen Menyebabkan Alzheimer?

Sunscreen memang berguna untuk melindungi kulit dari sinar matahari, namun apakah benar bisa memicu alzheimer?

Rahasia Tubuh Tetap Langsing Selama Menyusui

Wanita mana setelah melahirkan tidak menginginkan bentuk tubuh idealnya kembali? Yuk, simak yang berikut ini.

Cegah Ibu Depresi Dengan Cara Ini

Salah satu kendala setelah melahirkan yang banyak dialami oleh para ibu adalah baby blues. Apa yang bisa dilakukan untuk mengatasi baby blues?

Perawatan Atasi Stretch Marks Zaman Now

Tahukah anda bahwa kemunculan stretch marks tidak dapat dicegah? Lantas, bagaimana cara mengatasinya? Marik, simak yang beriktu ini.

Bolehkah Diet Selama Menyusui?

Bisakah ibu menyusui diet sehingga berat badan kembali normal? Tentu saja bisa. Tetapi perlu diperhatikan agar diet Anda sehat. Mari simak [...]