Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Peralatan MPASI Baby Gavin

FEEDING  |  07 Jan '18


Dalam masa MPASI, semua alat yang saya gunakan untuk MPASI Gavin terpisah dari peralatan dapur yang sudah ada. Jadi kalau memasak makanan saya dan suami, alatnya berbeda. Kenapa dipisah? Supaya lebih higenis jadi kualitas makanan Gavin bisa lebih terjaga. 

Jadi apa saja peralatan MPASI yang saya gunakan?

  • Pan
    Saya gunakan Pan dibanding wajan simply karena saya lebih suka aja. Saya gunakan yang berbahan ceramic karena lebih aman dibandingkan bahan teflon yang rentan terkelupas.
  • Sendok Kayu
    Sendok kayu lebih cocok digunakan di Pan berbahan ceramic supaya tidak menggores-gores permukaan Pan tersebut. Sendok kayu juga bisa untuk masak tumis-tumis, mengaduk, dan juga menyendok makanan berkuah, jadi tidak perlu menyiapkan sutil berbagai jenis.
  • Panci
    Saya beli panci dengan bahan ceramic. 
  • Dandang untuk Mengukus
    Bentuknya bebas, yang penting ada bagian ambalan untuk mengukus (yang bolong-bolong) lalu lebih baik kalau penutup dandangnya punya akses lubang untuk mengeluarkan uap air sehingga uap air tidak tertahan di dalam. 
  • Talenan (2 buah)
    Ini saya beli 2 buah karena yang satu saya khususkan untuk memotong bahan-bahan yang masih mentah sedangkan yang satu lagi khusus untuk memotong bahan-bahan yang sudah matang, misalnya sayuran yang sudah dikukus (terutama saat proses naik tekstur), roti tawar.
  • Pisau (2 buah)
    Ini juga sama yah, saya beli 2, yang satu khusus untuk memotong bahan-bahan mentah (sayuran, kentang, dll), sedangkan yang satu lagi khusus untuk memotong bahan-bahan yang sudah matang atau keju misalnya. Khusus untuk memotong daging, saya tidak pakai pisau mentah yang ini, tapi saya pakai pisau dapur yang sudah ada yang biasanya digunakan untuk memotong daging.
  • Peeler
    Digunakan untuk mengupas sejenis kentang, zucchini, labu siam, atau buah-buahan.
  • Parutan (2 buah)
    Satu untuk bahan-bahan mentah misalnya daging, satu lagi untuk bahan matang misalnya buah atau keju. 
  • Pencapit
    Ini untuk mencapit bahan-bahan makanan yang akan dan telah selesai dikukus di dandang dan bentuknya gede-gede misalnya kentang, ubi, brokoli.
  • Blender
    Awalnya pas mau mulai mempersiapkan alat MPASI, saya sempat bingung dan kepikiran mau beli food processor dan sejenisnya. Tapi setelah dilihat harganya lumayan mahal dan cari info sana-sini, diputuskan pakai blender saja, toh sampai anaknya gede pun masih bisa dipakai untuk bikin jus. 
  • Saringan
    Untuk menyaring bahan-bahan makanan di masa awal MPASI. Saya ambil dari paketan Pigeon Home Baby Food Maker. Ini lengkap yah. Satu set udah dapat macam-macam.
  • Masher
    Masih dari paketan Pigeon Home Baby Food Maker, saya gunakan wadah masher untuk menumbuk dan menghaluskan beberapa jenis bahan makanan misalnya kacang-kacangan.
  • Alat Tumbuk
    Saya ambil juga dari paketan Pigeon Home Baby Food Maker, bentuknya dari kayu. Kalau ga mau pakai ini, mau gunakan sendok untuk menghaluskan makanan pun sebenarnya bisa yah.
  • Wadah Oxotot Baby Blocks
    Sebenarnya ga mesti merk Oxotot yah, wadah apa saja bisa kok, asal tahan panas dan mempunyai tutup. Ini saya pakai untuk menaruh makanan Gavin yang sudah jadi karena ada penanda takarannya. Jadi awal-awal saya kan masih belum bisa mengira-ngira masak segini jadinya berapa, lalu berapa kebutuhan Gavin. Jadi habis masak saya taruh ke wadah ini sekalian nakar sekalian buat suapin makan juga. Kalau belum disajikan, yah saya tutup dan simpan dulu, biasanya supaya tetap hangat saya taruh di rice cooker.
  • Food Jar
    Saya pakai merk Tiger, terdiri dari 3 susun. Fungsinya untuk membawa bekal makanan Gavin saat akan bepergian. Kemampuan mempertahankan suhu panasnya bisa mencapai 6 jam, lewat dari itu sudah mulai agak dingin yah. Seringnya juga kalau habis masak saya taruh di wadah ini dan dimasukkan ke termosnya atau rice cooker.
  • Peralatan Makan
    Peralatan makan ini mencakup sendok, piring, mangkok, gelas. Semua piring, mangkok, sendok, gelas, saya pakai merk Pigeon, ini sudah THE BEST banget deh kalah buat bayi yang mulai MPASI. Review sendok sudah pernah saya posting yah, bisa dicek. Untuk gelas ada beberapa tambahan saya beli merk lain juga seperti Motherscorn. 
  • Botol Minum
    Saya beli beberapa merk Sippy Cup dan juga Straw Cup, sudah pernah saya bahas juga yah. Semua Sippy Cup ga kepake di Gavin karena dia ga suka, ga bisa pakenya, langsung loncat ke Straw Cup. Tapi untuk yang baru mulai MPASI, boleh kok consider beli Sippy Cup agar anak dibiasakan minum tidak dari botol dot. 
  • Gunting Makanan
    Saya pakai merk Tiny Bites. Menurut saya ini berguna banget untuk potong-potong bahan makanan yang sudah matang, kalau ga mau cape-cape cincang, terutama saat anaknya sudah belajar naik tekstur.
  • BibsSemua bibs Gavin saya pakai merk Aden+Anais dengan 2 tipe, burpy bib dan strap bib. 
  • ZiplockSaya pakai merk BAGUS dan beli beberapa ukuran, gunanya untuk menyimpan daging, sayur-sayuran, dan berbagai bahan lainnya. 
  • Rak / Lemari Peralatan MPASI
    Ini ga mesti yah, tapi saya beli, merk Rovega tipe Pladys. Sudah pernah saya share juga foto dan alasannya, karena saya mau penempatan barang-barangnya lebih rapi dan lebih praktis saat mau digunakan.
  • Spons Pembersih Peralatan Makan
    Saya sudah punya spons khusus untuk mencuci botol-botol susu Gavin, tapi untuk alat makan saya beli lagi 2 buah, yang satu untuk mencuci peralatan makan seperti piring dan sendok, sedangkan yang satu lagi untuk mencuci peralatan masak seperti Pan dan Dandang, jadi ga dicampur aduk jadi satu semua. Tujuannya yah supaya lebih higienis.

Done! Itu semua peralatan MPASI yang saya gunakan bahkan hingga hari ini yah, Moms. Semoga membantu buat para Mommies yang sedang mempersiapkan "perlengkapan perang" untuk MPASI anaknya. 

By: Valent Cindy

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

8209 Valent Cindy

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Perbedaan Susu Sapi, Susu Soya, dan Formula Soya

Apa bedanya susu sapi, susu soya dan formula soya? Yuk simak berikut ini.

Kastengel Keju Wajan

Siapa yang suka kastengel? Coba resep anti gagal berikut ini yuk!

Traditional Weaning vs Baby Led Weaning (BLW)

Memasuki tahap MPASI, apakah Moms bingung menentukan metode traditional weaning atau baby-led weaning? Simak berikut ini yuk!

Camilan Keluarga : Cireng isi Keju

Ketika #dirumahaja, bawaanya jadi pengen ngemil mulu ga sih Moms? Bikin sendiri yuk cireng isi keju. Ini resepnya.

Tips Mengatasi Kolik pada si Kecil

Kolik adalah kondisi yang terjadi pada bayi sehat yang menangis tiada henti selama lebih dari 3 jam sehari.

Yuk! Cegah si Kecil Sakit Mulai dari Peralatan Makannya

Masuk diusia Zayn yg ke 1 tahun, pertama kali nya aku coba memberikan dia Sufor.

Nasi Goreng Salmon ala MamaUna

Dikarenakan BabyU sudah genap setahun, MamaUna mau coba kasih makanan masakan rumah, biar papa nya juga kebagian 🤪 hehehe. Nasi Goreng jadi sa [...]

4 Komposisi Penting ASI Booster untuk Keberhasilan ASI Eksklusif

Ternyata, peran ASI Booster sebagai penunjang keberhASIlan ASI eksklusif sangatlah penting.

Akhirnya Ku Menemukan Jodoh Botolku

Mencari botol susu yang cocok untuk si Kecil itu ternyata seperti memilih jodoh! Yuk simak berikut ini.

Creamy Cheesy Chicken Liver, MPASI yang Kaya akan Zat Besi

Hati ayam merupakan salah satu sumber zat besi yang baik bagi bayi.

Tips Menjaga Kadar Vitamin dalam ASI

Saat ASI sudah dipompa, ASI dapat segera didinginkan dalam waktu kurang dari 1 jam.

10 Finger Foods Kesukaan Si Kecil

Finger foods atau camilan yang dapat dimakan sendiri oleh si Kecil dapat mengurangi rasa laparnya di antara jam makan

Tips Memberikan Snack Sehat untuk Gigi pada Si Kecil

Berikut tips memberikan snack sehat untuk camilan si Kecil. Yuk simak Moms

Resep MPASI Beef Rolade

Menu favorit Kenneth, baru pertama kali coba dan berhasil! Ini anti gagal loh Moms. Selamat mencoba.

Onion Rings Bisa Jadi Snack untuk si Kecil

Onion rings mudah dibuat dan juga bisa dipakai untuk jadi cemilan si Kecil disaat senggang loh Moms!

Oats, Menu Andalan si Kecil

Jangan lupa variasikan menu makanan si Kecil agar tidak bosan dan tetap nafsu makan ya Moms! Simak resep berikut.

Resep Tahu Daging Cincang

Apakah si Kecil sudah berusia 20 bulan? Yuk, variasikan menu MPASI dengan coba resep tahu daging cincang ala mom Arlina.

Ikan Tuna Orak Arik Telur

Menu ini bukan hanya menjadi andalan si kecil loh Moms tapi semua anggota keluarga juga suka. Mari dicoba resepnya.

Menu MPASI: Chicken Rice Singapore

Apakah Moms sedang mencoba untuk menaikkan berat badan si Kecil? Resep chicken rice singapore ini cocok loh!

Nasi Brokoli Udang

Apakah Moms sedang mencari resep yang bergizi namun mudah dibuat? Cocok untuk si Kecil yang menyukai menu seafood.