Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Penyebab dan Tips Mengatasi GTM

PARENTING  |  08 Jul '17


Banyak ibu-ibu terutama para ibu baru yang mengeluhkan bayi nya GTM. Sebenernya apa sih GTM? GTM alias Gerakan Tutup Mulut adalah fase bayi atau anak menolak makanan, bahkan makanan favoritnya. Sebenarnya sangat wajar apabila bayi yang baru belajar makan mengalami GTM, bahkan dalam kurun usia 0-3 thn masih tergolong wajar jika mengalami GTM.

Apa sih penyebab GTM? 

  1. Usia
    Umum nya yang mengalami GTM adalah bayi di bawah 1 tahun. Pada usia tersebut bayi terus menerus dalam proses belajar & mencerna makanan karena ada nya pergantian tekstur. Terutama bagi bayi 6 bulan yang mulai belajar makan, dari semula yang hanya mengkonsumsi ASI / susu formula kemudian beralih mengkonsumsi makanan dengan tekstur yang lebih padat tentunya membutuhkan proses penyesuaian.
  2. Rasa Makanan
    Bayi yang sudah merasakan variasi makanan, cepat atau lambat biasanya akan mulai selektif dengan rasa makanan yang di konsumsi nya. Apabila dia menyukai makanan dengan rasa manis, maka terkadang dia akan cenderung menolak jika diberikan makanan dengan rasa asin/gurih.
  3. Jam Makan
    Jam makan yang tidak pas juga dapat menjadikan bayi Anda GTM. Contoh jam makan di saat jam nya dia mengantuk / sudah lama terjaga. Atau jam makan yang terlalu dekat dengan jarak minum susu sebelumnya sehingga bayi masih merasa kenyang.
  4. Sakit / Tumbuh Gigi
    Keadaan tubuh bayi yang sedang tidak sehat / tidak fit juga bisa menyebabkan GTM. Fase tumbuh gigi juga bisa menyebabkan bayi malas mengunyah.
  5. Tekstur Makanan
    Terlalu cepat menaikkan tekstur makanan juga bisa membuat bayi malas mengunyah yang berujung GTM.

Bagaimana cara mengatasi GTM? 

  1. Jangan pernah memaksakan makanan
    Seperti yang saya tulis di atas, sangat wajar jika bayi di bawah 1 tahun mengalami GTM. Batasi waktu makan selama 30menit, jika belum habis stop memberikan makanan. Hal ini bertujuan agar anak tidak merasa trauma karena dipaksa makan terus menerus. Apabila mommy kuatir bayi nya belum kenyang, beri susu 30-60menit setelah makan.
  2. Kenali makanan favoritnya
    Setelah 1-2minggu makan, umumnya bayi bisa mengenali rasa favorit nya, kenali rasa favoritnya apakah cenderung menyukai makanan manis atau asin/gurih. Jika sudah, campur 75% makanan yang dia sukai dengan 25% makanan yang tidak dia sukai. Pedoman saya, tidak apa2 walaupun hanya 25% yang penting gizi tercukupi.
  3. Jeda minum susu dengan jadwal makan
    Usahakan jam minum susu ke jam makan di buat sedikit agak lama (misal biasa per 2 jam menjadi 2.5-3jam), dan jgn ada camilan apapun diantara jam tersebut jadi perut bayi sudah mulai kosong ketika jam makan
  4. Naik tekstur perlahan tapi pasti
    Tidak perlu dipaksakan moms apabila bayi nya memang belum lancar makan, terkadang bayi yang belum tumbuh gigi bisa jadi sedikit lebih lambat untuk naik tekstur makanan. Naikkan setahap demi setahap mulai 20% agar bayi tidak merasa kaget.

Memiliki bayi yang mengalami GTM memang membuat kita pusing. Tapi percayalah bahwa fase ini pasti berlalu, ga seterusnya anak akan GTM, walaupun tidak tertutup kemungkinan fase ini bisa bolak balik datang :) Yang terpenting kita sebagai orang tua tidak usah di bawa stress, kalau memang makanan yang masuk sedikit beri tambahan asupan lain, bisa dari susu, buah, atau roti gandum. 

Yang perlu diperhatikan adalah gizi mingguannya, karena terkadang hari ini bayi malas makan tapi bisa jadi besok atau lusa dia makan banyak. Kalau bayi-nya GTM sampai berat badan turun drastis harus konsul DSA yah Moms, mungkin akan diberi tambahan vitamin buat jaga asupan gizi yang masuk.

Semangat Mommies! Hope it helps!

By: Yunni Intan 

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

14089 Yunni Intan

Comments

LATEST POSTS

TIDUR DI ALAS DENGAN KEMIRINGAN DAPAT MENCEGAH KOLIK BAGI SI KECIL?

Kolik adalah kondisi bayi yang menangis secara terus menerus tanpa penyebab yang pasti. Biasanya, si Kecil akan menangis lebih dari tiga jam [...]

Sex education untuk anak? Beberapa bulan yang la...

Sex education untuk anak? Beberapa bulan yang lalu sempet ikut seminar tentang ini. Dari situ, dapet input donk ya..Langsung dipraktekin 😊 Se [...]

HAND WASH AMAN UNTUK KULIT DERMATITIS

Dimasa pandemi seperti saat ini mengharuskan kita untuk selalu ekstra dalam menjaga kebersihan baik didalam mau saat diluar rumah. Mulai dari [...]

Jadi Pasangan Kompak untuk Kejar Mimpi

Yuk ikutan live talkshow Keluarga Kejar Mimpi bersama Arief Muhammada, Tiara Pangestika, Bareyn Mochaddin dan dapatkan tips mengelola keuangan [...]

Activities: Baby Spa Untuk Perkembangan Otak & Motorik Si Kecil

Menurut Ikatan Dokter Indonesia (IDI) baby spa terbukti memberikan dampak positif terhadap perkembangan motorik dan otak si Kecil. Hal ini [...]

Makanan Dan Minuman Saat Si Kecil Demam

Demam adalah kondisi yang biasa terjadi pada si Kecil. Jika demam, suhu tubuh biasanya berada di atas 37 derajat celcius. Selain dikarenakan [...]

Scissor skills Beberapa hari yang lalu saya sedan...

Scissor skills Beberapa hari yang lalu saya sedang mengajar materi life skill (menggunting) untuk murid-murid saya. Ternyata Heidy [...]

Screen time? Bagaimana aturannya? My Reward from ...

Screen time? Bagaimana aturannya? My Reward from God ❤️ Kalo ada yg nanya: "Kamu bolehin Heidy main HP gak sih?" Well, saya berharap Heidy gak p [...]

Menyisir Rambut Si Kecil Ternyata Menyehatkan Kulit Kepala

Banyak orangtua  menganggap bahwa rambut si Kecil tidak perlu di sisir karena belum tumbuh sepenuhnya. Bahkan,  beberapa diantaranya memilih u [...]

Bagaimana mengajarkan anak tentang tanggung jawab?...

Bagaimana mengajarkan anak tentang tanggung jawab? Sejak usia 2 tahun, saya mulai membiasakan heidy untuk tanggung jawab. Tanggung jawab untuk [...]

Honest Review Dr.Browns Clean Steam Sterilizer & Dryer

Dimasa seperti ini selain menjaga kesehatan, Menjaga kebersihan peralatan si kecil juga sangat penting sekali. Menurut saya tidak akan cukup [...]

Apakah Anak Ku Mengalami Night Teror? Awalnya, ak...

Apakah Anak Ku Mengalami Night Teror? Awalnya, aku sebagai orang tua sangat kebingungan dengan apa yang terjadi pada Uwais di usia dua [...]

Review Produk : Buds Organics Hand Sanitizer Spray

Halo Moms, di tahun 2021 ini apa harapan-harapan Moms semua? Kalau saya semoga pandemi Covid-19 segera berlalu dan keluarga saya dilimpahi [...]

Tips Membangun Mood Ketika Terlanjur Bangun Siang

Moms, inget gak sih, waktu kita masih sekolah? Ibu di rumah pasti yang bangun paling awal. Ketika bangun kita tinggal sarapan dan [...]

Amankah Ibu Penyintas TBC Menyusui?

Tahukah moms, Tuberkulosis atau TBC bisa menyerang siapa saja, dari golongan menengah ke bawah bahkan menengah ke atas. Sama seperti [...]

Beauty in 15 Minutes!

Kalau bicara soal Make Up apalagi uda punya anak pastinya uda langsung kepikir RIBET! Cuma namanya perempuan apalagi seorang Ibu tetep donk [...]

Redeem Poin Babyologist yang Keempat

"Pakeeeeeeettttttt......" Wahhh... ibu mana sih yang ga seneng kalo denger suara abang kurir udah teriak di depan rumah. Ayoo ngaku, moms Babyo [...]

Tips parenting menggunakan timer

"Heidy ayo mandi" "Heidy ayo clean up..!" Karena heidy sudah bisa jawab, kebanyakan jawabannya adalah Gak mau! Aku maunya main aja... Pernah gak [...]

Hal Apa yang Tidak Boleh Dilakukan Orang Tua Pada Anak? Yuk Kita Simak Di Artikel Ini

Hal Apa yang Tidak Boleh Dilakukan Orang Tua Pada Anak? Yuk Cari Tahu Disini 1. Menyakiti atau menghukum fisik. Jangan pernah menghukum secara [...]

Sleeping Habit

Sleeping Habit Waah....Apa itu sleeping habit? Sleeping habit adalah salah satu kebiasaan pola tidur yang bisa Moms terapkan untuk menunjang [...]