Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Penyebab, Tanda-tanda dan Solusi Untuk Si Kecil yang Alergi Susu Sapi

MY STORY  |  07 May '20


Alergi tentu bukanlah hal yang asing lagi. Bahkan, mungkin Moms, Dads, dan si Kecil juga memiliki alergi. Ada banyak macam alergi termasuk alergi debu, alergi makanan laut, dan alergi susu sapi. Alergi pada anak-anak tidak boleh dibiarkan berlarut-larut karena bisa berakibat buruk.

Alergi susu formula dari susu sapi adalah kasus yang lumayan sering terjadi pada anak-anak. Balita dengan ASI eksklusif pun bisa juga terkena alergi susu sapi jika ibu menyusui mengonsumsi makanan dengan protein susu sapi berlebihan.

Alergi terhadap susu sapi yang terkadang dialami oleh anak disebabkan karena adanya ketidaknormalan sistem imunitas si Kecil. Protein yang terkandung dalam susu sapi dianggap sebagai sesuatu yang berbahaya bagi tubuh. Sistem imun kemudian membentu antibodi immunoglobulin E dan melepaskan zat kimia tubuh yang menyebabkan reaksi alergi.

Tanda-tanda awal yang sering muncul sebagai gejala alergi adalah:

  1. Timbulnya ruam-ruam merah pada kulit si Kecil. Biasanya, si Kecil akan menggaruk badannya karena merasa gatal.
  2. Si Kecil biasanya batuk tidak seperti biasanya dan sering
  3. Muntah-muntah dan juga malahan menyebabkan diare
  4. Gejala ini sering terjadi ketika anak ada reaksi alergen. Tidak boleh dibiarkan begitu saja karena bisa saja menyebabkan dehidrasi.
  5. Si Kecil sesak napas. Jika dibiarkan lama terkadang bisa menyebabkan anak sesak nafas apalagi jika batuk-batuk nya tidak reda.
  6. Bisa menyebabkan perut si Kecil kembung. Terkadang alergi susu sapi bisa menyebabkan perut si Kecil kembung dan membuatnya jadi tidak nyaman dan menangis sejadi-jadinya.

Lantas solusi apa yang harus dilakukan agar si Kecil tetap bisa terpenuhi nutrisinya sementara dia tidak boleh mengkonsumsi susu sapi?

Untuk penanganan anak yang alergi terhadap susu sapi, pastinya yang pertama dilakukan adalah menghentikan konsumsi minum susu sapi dan atau produk olahan susu sapi lainnya. Kalau bisa, hindari juga memberikan alternatif susu hewan lainnya semisal susu kambing. Bukan apa-apa, walaupun sebenarnya berbeda tapi keduanya sama-sama protein hewani. Jadi, ada baiknya dihindari dan digantikan dengan susu lain.

Moms tidak perlu risau lagi karena sekarang sudah ada solusi untuk hal tersebut yakni adanya susu formula yang bahan utamanya terbuat dari kacang kedelai. Kebutuhan protein untuk tubuh si Kecil tetap terpenuhi. Susu dengan kandungan kedelai tidak kalah manfaatnya dengan susu sapi yang pada umumnya dikonsumsi.

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

66 Inayah Soenaryo

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

JJS di New Normal? Yuk Simak Manfaatnya!

Memilih stroller yang tepat, tentu akan memberikan perlindungan optimal untuk si Kecil saat berada di luar rumah.

Moms, Simak Tips Olahraga Aman Saat Pandemi Berikut

Supaya tetap sehat, ada beberapa tips jalan-jalan sore yang aman dengan si Kecil berikut ini.

Tips Jalan-jalan Bersama Si Kecil Tanpa Repot

Sebelum jalan-jalan sore bersama si Kecil di masa New Normal ini, simak tips berikut, yah, Moms!

Moms, Ini 5 Cara Bangun Bonding dengan Si Kecil

Cara apa saja yang dilakukan Moms agar bonding dengan si Kecil tetap terjalin, simak tips berikut ini, yah, Moms!

Mengatasi Stranger Anxiety dengan Membiasakan Jalan-jalan Sore

Kondisi si Kecil yang mengalami kecemasan dan ketakutan berlebih ketika bertemu dengan orang baru atau yang jarang dilihatnya disebut stranger [...]

Jalan Sore Bersama Greentom

Berikut tips-tips yang biasa saya lakukan agar jalan sore bersama si Kecil tetap aman dan nyaman selama New Normal:

JJS bersama si Kecil di Masa New Normal, Amankah?

Selama pandemi Corona, salah satu kegiatan yang sulit dilakukan adalah jalan jalan sore bersama si Kecil.

Bonding dengan Aktivitas Menggendong, Yuk!

Moms, jangan percaya ya sama mitos yang belum terbukti benar. Karena menuruti mitos, seribu manfaat menggendong yang justru baik untuk bayi akan [...]

Sempatkan Jalan-jalan Santai Yuk, Moms!

Moms, tidak ada salahnya juga sekedar keluar rumah untuk mencari udara segar seperti jalan-jalan di sekitar komplek bersama si Kecil.

Pentingnya Menggunakan Stroller di Masa New Normal

Menggunakan stroller bisa menjadi salah satu solusi saat Moms & Dads membawa si Kecil keluar rumah.

Tips Berolahraga Seru dengan Si Kecil Saat New Normal

Meskipun kita masih berada di tengah pandemi, sebagian dari kita sudah mulai beraktivitas seperti sediakala dengan menerapkan protokol kesehatan [...]

Jalan-Jalan Sore Lebih Aman dan Stylish Dengan Stroller Greentom

Ketika akan berjalan-jalan bersama si Kecil, jangan lupa selalu mengutamakan keamanan dan kenyamanan si Kecil.

Tips Aman Jalan-jalan Sore Bersama si Kecil di New Normal

Tempatkan si Kecil di stroller agar tetap aman. Dengan demikian, Moms dan si Kecil bisa menikmati udara segar di pagi dan sore hari.

Ketahui Olahraga yang Bisa dilakukan Sambil membawa Bayi dalam Stroller

Apa saja sih olahraga yang bisa Moms lakukan sambil membawa si Kecil di dalam stroller:

Caraku untuk Tetap Sehat di Masa New Normal Bersama Stroller Greentom

Mengingat betapa pentingnya menjaga kesehatan di masa New Normal ini, saya dan keluarga mempunyai beberapa tips sebagai berikut:

Si Kecil Bereksplorasi, Tandanya Dia Tumbuh!

Orang tua adalah orang yang paling berperan dalam membentuk karakter seorang anak. Biarkan anak mengeksplorasi lingkungan agar tumbuh bahagia.

Grow Happy dengan Sensory Play di Rumah

Banyak cara yang bisa Moms & Dads upayakan agar si Kecil Grow Happy di usia emas pertumbuhannya. Tidak perlu pergi ke sekolah mahal dan tidak [...]

Apa Sih yang Bisa Kita Lakukan untuk Memastikan Si Kecil Grow Happy?

Orang tua memang harus lebih aware terhadap perkembangan anak-anaknya agar mereka bisa tumbuh dengan optimal baik secara fisik maupun mental.

Tumbuh Kembang Bersama Anak Bahagia

Usia anak-anak adalah masa keemasannya dalam hal bertumbuh kembang. Berbagai faktor berpengaruh mendukung tumbuh kembang si Kecil, salah [...]

Stimulasi Membaca supaya Anak Grow Happy

Membaca adalah salah satu upaya stimulasi Grow Happy bagi si Kecil. Mengenalkan aktivitas membaca sejak dini terbukti meningkatkan kemampuan [...]