Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Penyebab Silent Disease Kinanti

18 May '18


Di usia ini, Si Kecil memang sedang aktif-aktifnya merangkak, tangan menyentuh lantai atau mainan yang kadang tidak bisa dikontrol 100% kebersihannya apalagi ditambah dengan tangannya  yang suka masuk kedalam mulut.

Misalkan muncul tanda/gejala seperti demam/diare malah menurut Mama Kin akan lebih baik karena kita bisa tahu ada yang tidak beres.
Nah kalo tanpa ada tanda-tanda sama sekali, dianggap anak sehat, tidak ada masalah. Seperti Kinan, sampai BB stagnan baru ada kecurigaan, dan misal dibiarkan, bisa sampai menghambat pertumbuhan.


- Penyebab lain bisa juga karena makanan/minuman. Makanya mama Kin anjurkan, untuk anak selalu usahakan masak sendiri (homemade), karena kalo beli di luar, kita tidak bisa jamin cara masak & kebersihannya gimana. Mama Kin aja yang udah berusaha homemade, masih aja bisa kecolongan kan, apalagi kalo mama Kin tidak mau berusaha homemade. Nah kalo mama Kin curiganya malah dari minuman, harusnya benar-benar kasih air minum yang direbus ya ibu-ibu. Kinan ini beberapa kali pernah minum air galon/air kemasan tanpa direbus dulu. Sebaiknya jangan ya, karena kita tidak tahu pasti air kemasan itu benar-benar steril/tidak. Jadi kalau mau pake air kemasan, paling tidak rebuslah sampai mendidih. Daya tahan tubuh anak itu beda dengan orang dewasa. Kita mungkin baik-baik saja minum air kemasan, tapi anak-anak, apalagi bayi, belum tentu. Sehabis tau terkena infeksi gini, jadi nyesel. Meski belum tentu juga dari air minum, tapi tidak ada salahnya kita jadi lebih berhati-hati.

- Dari faktor kebersihan, bisa juga karena telat ganti popok. Untuk pospak kadang kita meremehkan kalo anak tidak BAB & tampak urinnya belum penuh, tidak diganti. Jangan ya! Jadi usahakan ganti setiap 4 jam sekali.  Misalkan pas BAB pun, jangan sampe telat ganti. Kalo telaten, pakai cloth diapers akan lebih baik

Kalau untuk ADB nya?

Mama Kin analisa sih ya karena memang asupannya yang kurang. Karena adanya infeksi dalam tubuh, lalu menyebabkan asupan makan tidak adekuat.  Akhirnya berdampak ke ADB. Padahal ADB sendiri bisa menyebabkan anak tidak mau makan. Makanya GTMnya bisa sampai jadi siklus berkepanjangan. Untuk materi ADB, insyaAllah bakalan post tersendiri nanti.

 

Semoga bermanfaat.

By:  Irma Sari Fitriana

 

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

685 Irma Sari Fitriana

Comments

LATEST POSTS

Tips Mudik Membawa Si Kecil

Pernahkah anda mengalami stress ketika membawa si Kecil dalam perjalanan jauh? Nah, untuk menghindarinya Yuk simak tips berikut.

Konstipasi Pada Bayi

Apakah itu konstipasi dan apa penyebabnya terjadi pada bayi? Bagaimana cara mengatasinya? Mari simak yang berikut ini.

Simple Set Sandwich For Babies 12 Month

Si Kecil suka cemilan? Bosan dengan biksuit? Roti isi dapat menjadi salah satu alternatif lho Moms. Yuk simak tipsnya berikut ini.

Si Kecil Alergi Minyak Telon, Kok Bisa?

Si Kecil mengalami alergi terhdap minyak telon? Mari simak pengalaman Mom Mala Sari dalam mengatasinya.

KB Aman Untuk Ibu Menyusui

Alat kontrasepsi seperti apa yang cocok digunakan semasa menyusui? Mari simak yang berikut ini.

Lebih Dekat Dengan Imunisasi PCV

Untuk memenuhi kebutuhan kesehatan dasar terutama pada bayi dan anak-anak dengan tujuan dapat

Chicken Puree Vegie

MPASI adalah saat yang menarik dimana kita belajar memberikan asupan bergizi bagi Si Kecil. Mari simak resep mango lassi berikut ini.

Apa Yang Terjadi Di Usia Janin 3 Bulan?

Pada usia kehamilan 3 bulan, akan ada banyak sekali perubahanterjadi pada kandungan anda. Apa sajakah itu? Mari, simak yang berikut ini.

Bubur Tomat Dengan Chia Seed

Bingung ingin menyajikan MPASI dengan resep apalagi? Tidak ada salahnya anda mencoba menu berikut ini. Selain mudah dibuat juga bergizi loh Moms.

Bolehkah Saat Menyusui Duduk Di Kursi Menyusui Goyang?

Betulkah saat menyusui duduk di kursi menyusui goyang dapat membantu Moms menenangkan bayi yang rewel? Mari simak ulasan berikut ini.

Olahan Kacang Hijau Untuk Ibu Menyusui

Prolaktin bertugas untuk memproduksi ASI, sedangkan oksitosin bertugas merangsang ASI untuk keluar.

Cara Asyik Memandikan Bayi

Memandikan Si Kecil harus dengan perawatan kulit khusus. Cairan pembersih juga harus aman bagi kulit bayi.

Tips Penyimpanan ASI Yang Baik

Penyimpanan ASI adalah hal yang banyak dilakukan ketika menyusui. Berikut adalah beberapa tips penyimpanan ASI yang baik. Yuk disimak.

Cara Memberikan ASI Yang Benar

Ibu menyusui disarankan untuk memberikan ASI kepada bayi sampai berusia 6 bulan . Untuk meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan , yuk simak [...]