DAILY FEED

Resep Dadar Gulung Kentang, Tofu, dan Keju Mom Rika Resep Dadar Gulung Kentang, Tofu, dan Keju Mom Rika
15 Feb '19

Traveling Asyik Membawa Bayi ala Mom Devina Traveling Asyik Membawa Bayi ala Mom Devina
15 Feb '19

Menidurkan Anak Tanpa Gendong Ala Mom Yunni Intan Menidurkan Anak Tanpa Gendong Ala Mom Yunni Intan
15 Feb '19

Review Bantal Anti Peyang ClevaMama by Mom Prianka Iradati Review Bantal Anti Peyang ClevaMama by Mom Prianka Iradati
15 Feb '19

Review NaÏf Care Ala Mom Editha Aldillasari Review NaÏf Care Ala Mom Editha Aldillasari
15 Feb '19

Apa yang Perlu Disiapkan Ketika Memakai Hospital Grade Breastpump Di RS? Apa yang Perlu Disiapkan Ketika Memakai Hospital Grade Breastpump Di RS?
15 Feb '19

Tips Segera Hamil Setelah Menikah Tips Segera Hamil Setelah Menikah
15 Feb '19

Perbedaan Spectra S2 Plus (Hospital Grade) dan Spectra 9+ (Portable Grade) Perbedaan Spectra S2 Plus (Hospital Grade) dan Spectra 9+ (Portable Grade)
15 Feb '19

Apa Saja Tanda-Tanda Awal Kehamilan? Apa Saja Tanda-Tanda Awal Kehamilan?
15 Feb '19

Babyo Review: Naif Baby Cleansing Wash Gel & Baby Nourishing Shampoo Babyo Review: Naif Baby Cleansing Wash Gel & Baby Nourishing Shampoo
15 Feb '19

Spaghetti Puding Biskuit Spaghetti Puding Biskuit
15 Feb '19

Seberapa Penting Pompa ASI untuk Full Time Mom? Seberapa Penting Pompa ASI untuk Full Time Mom?
15 Feb '19

Babyo Review Nutribaby+, Cara Cegah Gestational Diabetes Babyo Review Nutribaby+, Cara Cegah Gestational Diabetes
15 Feb '19

Penyebab Sembelit pada Bayi Penyebab Sembelit pada Bayi
15 Feb '19

Persamaan dan Perbedaan Pompa ASI Portable Spectra Berbagai Tipe Persamaan dan Perbedaan Pompa ASI Portable Spectra Berbagai Tipe
15 Feb '19

Susu Kedelai Dapat Memperlancar ASI Lho Susu Kedelai Dapat Memperlancar ASI Lho
15 Feb '19

Keracunan, Flu Atau Hamil? Keracunan, Flu Atau Hamil?
15 Feb '19

Ikan Gurame Kuah Kuning (14 M+) Ikan Gurame Kuah Kuning (14 M+)
15 Feb '19

Babyo Review Malish Aire Wide Neck Feeding Bottle & Nipple Babyo Review Malish Aire Wide Neck Feeding Bottle & Nipple
15 Feb '19

Perbedaan Pompa ASI Hospital Grade & Portable Perbedaan Pompa ASI Hospital Grade & Portable
15 Feb '19

Amankah Mengonsumsi Pil KB Saat Menyusui? Amankah Mengonsumsi Pil KB Saat Menyusui?
15 Feb '19

Working Mom: Pakai Hospital Grade Breastpump atau Portable Breastpump? Working Mom: Pakai Hospital Grade Breastpump atau Portable Breastpump?
15 Feb '19

Buds Organic Calming Rub Teman si Kecil Dikala Kembung dan Susah BAB Buds Organic Calming Rub Teman si Kecil Dikala Kembung dan Susah BAB
15 Feb '19

Pumping Efektif dengan Medela Portable Pump Pumping Efektif dengan Medela Portable Pump
15 Feb '19

Review Stroller Greentom by Mom Editha Review Stroller Greentom by Mom Editha
15 Feb '19

Naif Baby: Solusi Masalah Kulit Sensitif si Kecil Naif Baby: Solusi Masalah Kulit Sensitif si Kecil
14 Feb '19

Review NaÏf Woman : Skincare Mahal dengan Kualitas Maximal Review NaÏf Woman : Skincare Mahal dengan Kualitas Maximal
14 Feb '19

Review Trilogy Certified Organic Rosehip Oil by Mom Fenni Jahja Review Trilogy Certified Organic Rosehip Oil by Mom Fenni Jahja
14 Feb '19

Review Naif Women for Moms Review Naif Women for Moms
14 Feb '19

READ MORE

Categories

Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Penyebab Pusing Selama Siklus Menstruasi

OTHERS  |  28 Jun '18

Tingkat hormon wanita meningkat dan menurun selama siklus menstruasi. Perubahan-perubahan ini diperlukan untuk mendorong lapisan rahim menebal, untuk ovulasi dan untuk menumpahkan lapisan uterus ketika kehamilan tidak terjadi. Beberapa wanita mengalami migrain yang berhubungan dengan siklus menstruasi mereka, sindrom pramenstruasi atau kondisi lain yang dapat menyebabkan perdarahan berat, kelelahan dan bahkan pusing untuk datang bersama dengan menstruasi.

Penyebab Pusing Selama Menstruasi

Ada banyak alasan atau bahkan penyebab seorang wanita mungkin mengalami pusing selama siklus haidnya, di antaranya adalah sebagai berikut:

Migrain

Banyak wanita mengalami serangan migrain selama siklus menstruasi mereka. Dengan gangguan neurologis episodik ini, penderita bisa mengalami pusing, sakit kepala hebat, mual, kesulitan berpikir, kepekaan terhadap cahaya atau suara, mati rasa atau kesemutan, menurut National Pain Foundation, usia puncak untuk anak perempuan mengalami migrain pertama adalah sekitar 14 tahun, seringkali dengan timbulnya periode menstruasi pertama. Hormon estrogen tampaknya memiliki efek pada aktivitas migrain.

Vertigo

Beberapa wanita mengalami pusing terkait migrain dan vertigo yang dipicu oleh perubahan hormonal yang berkaitan dengan siklus menstruasi mereka, menurut Mayo Clinic, pemicu lain bisa berupa makanan tertentu, stres, dan tidur yang berubah. Orang-orang yang memiliki vertigo terkait migrain tidak selalu mengalami vertigo pada saat yang sama seperti sakit kepala. Pusing mungkin berlangsung hanya beberapa menit, tetapi bisa berlangsung selama beberapa hari. Orang-orang yang terkena migrain terkait vertigo kadang-kadang juga sensitif terhadap gerakan dan memiliki riwayat mabuk mobil.

Fibroid

Fibroid dapat menyebabkan perdarahan menstruasi yang berlebihan pada beberapa wanita yang menyebabkan anemia dan pusing terkait dengan kondisi ini. Fibroid adalah pertumbuhan non-kanker yang muncul di rahim, biasanya selama masa melahirkan. Sekitar 80 persen wanita memiliki fibroid pada saat mereka berusia 50 tahun. Untungnya, fibroid tidak terkait dengan peningkatan risiko kanker.

Menorrhagia

Menoragia, atau perdarahan menstruasi yang berat, adalah penyebab umum dari pusing karena anemia defisiensi besi. Sekitar 10 hingga 15 persen dari semua wanita akan mengalami perdarahan menstruasi yang berat pada suatu saat dalam hidup mereka, dengan 20 persen dari mereka mengalami anemia. Anemia adalah kelainan darah yang umum. Itu terjadi ketika kadar sel darah merah yang sehat menjadi terlalu rendah. Ini menyebabkan masalah karena hemoglobin sel darah merah membawa oksigen ke jaringan tubuh. Anemia dapat menyebabkan kelelahan dan stres pada organ tubuh. Selain pusing, gejala anemia lainnya adalah lekas marah, kelelahan, kepala terasa ringan dan detak jantung yang cepat.

Hipoglikemia

Hipoglikemia selama fase pramenstruasi siklus menstruasi wanita dapat menyebabkan pusing. Ketika seorang wanita memiliki hipoglikemia itu berarti dia memiliki kadar gula darah rendah. Seiring dengan pusing, ini dapat menyebabkan kelelahan, gemetar, mengidam gula yang kuat dan keringat. Kontroversi tentang hubungan antara siklus menstruasi wanita dan hipoglikemia ada.

Penyakit Ménière

Penyakit Ménière dapat diperburuk oleh siklus menstruasi wanita, menurut sebuah penelitian tahun 2001 oleh Divisi Keperawatan Universitas Negeri California yang diterbitkan dalam Penelitian Keperawatan. Penelitian oleh G.G. Morse dan J.W. House menyimpulkan bahwa, bagi sebagian wanita, ada hubungan antara siklus menstruasi dan respons penyakit Ménière. Ménière adalah gangguan progresif yang kompleks dari telinga bagian dalam. Gejala termasuk pusing, vertigo, gangguan pendengaran dan tinnitus.

Semoga bermanfaat.

By: Babyologist Editor.

205 Babyologist Indonesia Send Message to Writer

Related Stories