Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Penyebab Kaki Bengkak Saat Hamil dan Solusi Mengatasinya

HEALTH TIPS  |  MY STORY  |  06 Jun '22


Selain perut, salah satu perubahan tubuh yang terjadi saat kehamilan adalah kaki. Perubahan bentuk kaki membuat penasaran apa penyebab kaki bengkak saat hamil. Kaki bengkak akan memicu rasa tidak nyaman. 

Ternyata banyak ahli medis yang berpendapat kaki bengkak saat hamil adalah hal yang biasa, Moms. Bisa dibilang kaki bengkak saat hamil adalah sebuah respons tubuh terhadap adanya si Kecil dalam perut. Meski demikian, kaki bengkak sering membuat aktivitas dan nyaman.

Faktor Penyebab Kaki Bengkak Saat Hamil

Kaki yang membengkak pada ibu hamil biasanya adalah hal yang lumrah terjadi. Namun, dalam beberapa kasus pembengkakan pada kaki bisa menjadi pertanda preeklamsia. Untuk menghindari risiko tersebut, ketahui apa saja penyebab kaki bengkak saat hamil?

  1. Ukuran Janin yang Terus Membesar

Ternyata, ada beberapa penyebab pembengkakan pada kaki ibu hamil. Menurut dr. Suwignyo Siswosuharjo, Sp.OG., seperti yang dikutip dari buku Panduan Super Lengkap Hamil Sehat, edema atau pembengkakan kaki terjadi salah satunya karena janin yang membesar. Hal ini adalah salah satu proses yang dialami oleh sebagian ibu hamil sementara waktu.

Pembengkakan kaki wajarnya terjadi pada trimester kedua atau sesaat setelah dinyatakan hamil. Janin yang membesar sering memicu desakan rongga panggul sehingga menyebabkan penyempitan pada pembuluh darah arteri dan pembuluh darah balik.

  1. Tidak Menjaga Pola Makan Saat Hamil

Konsumsi garam berlebih sering kali menjadi kesalahan yang sering dilakukan ibu hamil. Nafsu makan yang meningkat saat hamil sering membuat ibu hamil kalap hingga mengonsumsi sembarangan. 

Padahal, konsumsi garam terlalu berlebihan juga sangat berisiko menyebabkan kaki bengkak. Selain konsumsi garam berlebihan, kafein adalah zat yang juga tidak dianjurkan dikonsumsi berlebihan saat hamil. Kafein juga dapat menjadi penyebab kaki bengkak saat hamil. Jika Moms mulai merasakan kaki bengkak, lebih baik mulai evaluasi makanan yang dikonsumsi tiap hari agar tidak berkelanjutan.

Baca Juga: Tips Nyaman Berliburan Bersama Si Kecil di Masa Pandemi

  1. Perubahan Hormon Secara Signifikan

Mengacu halodoc.com, perubahan hormon juga berpengaruh terhadap pembengkakan kaki ibu hamil. Perubahan hormon ini termasuk menahan cairan yang berguna bagi tubuh untuk menjaga si Kecil di dalam perut tetap sehat. Respons kaki bengkak ini wajar selama masih dalam batas tertentu dan tidak mengganggu aktivitas Moms. Jika pembengkakan kaki mulai mengkhawatirkan, segera konsultasi ke dokter kandungan. 

  1. Kebiasaan Selama Hamil

Pembengkakan kaki saat hamil biasa disebut edema. Wajarnya menyerang kaki di bagian tungkai, pergelangan kaki, dan jari-jari kedua kaki. Penumpukan cairan di kaki ini karena tubuh menyimpan cairan berlebih untuk menopang badan selama hamil. 

Adapun faktor penyebab kaki bengkak saat hamil salah satunya adalah kebiasaan saat hamil. Kebiasaan yang dimaksud adalah saat hamil adalah jarang bergerak dan lebih sering rebahan. Gaya hidup pasif saat hamil meningkatkan risiko tubuh memproduksi darah dan cairan lebih dari 50%.

Cara Mengatasi Kaki Bengkak Saat Hamil

Meski kaki bengkak adalah proses wajar saat kehamilan, namun hal ini sering mengganggu wanita. Sebab, tidak sedikit wanita harus ganti ukuran celana, sepatu, dan sandal. 

Beberapa ahli juga memberi tips dan cara mengatasi kaki bengkak saat hamil agar Anda bisa lebih nyaman.

  1. Pilih Sandal dan Sepatu Ukuran Sesuai

Jika terjadi pembengkakan pada kaki, alangkah lebih baiknya ganti ukuran alas kaki lebih besar Moms. Hal ini meminimalisir gangguan kesehatan agar tidak lebih parah. Mengganti ukuran alas kaki lebih besar untuk sementara waktu bisa menjadi solusi tepat untuk membuat kaki lebih nyaman. Gantilah sepatu dengan ukuran satu nomor lebih besar daripada ukuran kaki sebelum hamil. Untuk wanita karir, sangat dianjurkan tidak menggunakan sepatu hak tinggi dan wedges supaya bengkak di kaki tidak semakin parah.

Baca Juga: Si Kecil Mulai Sekolah? Perlu Siapkan Peralatan Makan Ini Moms!

  1. Jangan Beraktivitas Terlalu Berat

Saat hamil dengan kondisi kaki bengkak, jangan memaksa tubuh untuk beraktivitas lebih berat dari biasanya. Lakukan aktivitas biasa agar tubuh tidak mengalami kelelahan ekstrem. Hindari berjalan terlalu lama atau duduk berjam-jam. Jangan paksa kaki bekerja lebih ekstra. Jika harus bekerja dengan naik atau turun tangga. Pastikan tidak terlalu sering agar kaki tidak semakin membesar. Olahraga berat yang membuat kaki harus ekstra bekerja juga harus dihindari sementara waktu.

  1. Jaga Pola Makan dan Minum

Garam dan kafein adalah penyebab kaki bengkak saat hamil. Jika Anda terlalu banyak makan dua zat ini, lebih baik mulai dikurangi sebelum bengkak semakin parah. Perbanyak minum air putih agar Moms tidak dehidrasi dan kesehatannya selalu terjaga.

Ibu hamil diperbolehkan makan apa saja asal tidak membahayakan bayi. Meski demikian, pola makan dan minum harus tetap dijaga. Jangan lupa untuk rutin makan sehari tiga kali untuk kesehatan dan gizi bayi. Lebih baik lengkapi makanan dengan sayur dan buah-buahan yang bergizi.

  1. Manjakan Diri dan Buat Senyaman Mungkin

Apa saja penyebab membengkaknya kaki saat hamil bisa diatasi dengan memanjakan diri. Seperti diketahui, stres adalah salah satu pemicu keguguran ibu hamil. Maka dari itu, untuk mengurangi gangguan saat hamil dan pemicu hal buruk lainnya, lebih baik buat diri senyaman mungkin.

Kenyamanan bisa diciptakan melalui hal-hal mudah seperti tidak memikirkan hal yang memusingkan diri dan menghindari pikiran berat. Untuk kasus ini, lebih baik Moms bicarakan dengan suami agar suasana rumah lebih nyaman untuk memikirkan kesehatan si Kecil dalam rahim.

  1. Berbaring Hadap Kiri Saat Tidur

Hadap kanan atau kiri saat tidur ternyata membawa dampak yang berbeda. Mengutip dari halodoc.com, tidur hadap kiri dapat meningkatkan aliran darah. yang dapat mengurangi pembengkakan kaki. TIdur hadap kiri bisa mengempeskan atau bahkan menghilangkan bengkak pada kaki.

Hati-hati, Moms, jika kaki bengkak disertai rasa sakit, kemerahan, dan nyeri ketika disentuh, hal ini patut diwaspadai. Bisa jadi, Moms mengalami gejala Deep Vein Thrombosis (DVT). Agar tidak DVT, pijat kaki bengkak sesekali waktu. Rasakan apakah nyeri atau tidak.

  1. Tidur dengan Posisi Kaki Lebih Tinggi

Apa saja pemicu kaki bengkak saat hamil? Seperti penjelasan dokter di atas, salah satu penyebab kaki bengkak adalah cairan yang berlebihan. Hal ini bisa disiasati dengan tidur posisi kaki lebih tinggi dari badan. Dengan cara ini, cairan pada kaki bisa merata pada tubuh. Lakukan langkah ini saat istirahat siang atau menjelang tidur malam. 

Letakkan kaki di atas tumpukan bantal atau guling sehingga nyaman. Atau, Moms bisa menyandarkan kaki ke tembok beberapa saat ditambah melakukan gerakan-gerakan ringan sehingga cairan tidak mengendap di kaki. Lakukan hal ini setiap hari meskipun dengan intensitas waktu singkat.


Setelah tahu penyebab kaki bengkak saat hamil, Moms bisa mulai mempraktikkan tips di atas untuk menyembuhkan kaki bengkak. Namun dalam beberapa kasus, kaki bengkak harus dikonsultasikan lebih lanjut dengan dokter. Ibu hamil harus bisa menjaga kesehatannya lebih ekstra lagi.

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

323 Babyologist Indonesia

Comments

LATEST POSTS

Tak Semua Ruam Kemerahan pada Newborns Itu Alergi, Ini Bedanya!

Nah, yang perlu Moms tahu nih, ternyata ruam dan bruntusan pada kulit bayi tak selalu menjadi tanda alergi.

6 Tanda-tanda Clogged Duct pada Payudara

ASI Moms sulit keluar dan ada benjolan di payudara? Waspada Moms, bisa jadi itu gejala clogged duct.

Payudara Bengkak karena ASI Tersumbat? Ini Cara Mengatasinya!

Dokter Lucia Nauli Simbolon, M. Sc., Sp. A. dalam sesi Pintar Bareng Babyo menjelaskan penyebab dan cara mengatasi masalah menyusui yang satu ini.

Tips Ajak Anak Travelling Naik Pesawat

Banyak orang tua baru yang juga punya kekhawatiran yang sama soal travelling naik pesawat bareng si Kecil. Mulai dari riweuh nyiapin [...]

Serba-serbi Susu Hamil

Biar ga bingung-bingung lagi, yuk, simak penjelasan serba-serbi susu hamil di artikel berikut!

6 Buah Promil Ini Tingkatkan Kesuburan, Mengapa?

Buah untuk promil mengandung sejumlah nutrisi dan vitamin yang dapat membuat organ reproduksi Moms & Dads lebih subur.

4 Daftar Kegiatan Me Time Buat Moms yang Aktif

Memanjakan diri sendiri, walau hanya sebentar, sudah cukup kok untuk “ngecas” mental Moms! Cek ide aktivitas “me time” buat Moms di sini!

Tips Healing A La Minbyo, Mana yang Moms Pilih?

Definisi self healing adalah proses pemulihan untuk menyembuhkan diri dari luka batin di masa lalu. Zaman yang serba cepat dan instan ini telah [...]

Kemenkes RI Setop Peredaran Obat Sirup, Sebut Diduga Penyebab Gagal Ginjal Akut pada Anak

BREAKING NEWS! Kemenkes RI dalam Konferensi Pers tgl. 19 Oktober 2022 pukul 11.30 melarang pemakaian obat bebas dan obat bebas terbatas [...]

Tips Aman dari Gempa untuk Anak TK

Minbyo akan jelaskan nih, beberapa safety tips saat terjadi gempa untuk anak-anak, terutama yang usianya 3-4 tahun atau usia anak TK.

Teknik Pasti Sukses DBF untuk Moms dengan Flat Nipple

eski Moms sudah paham betul mengenai manfaat ASI bagi si Kecil dan sudah secara sadar ingin menyusui eksklusif, yang namanya halangan dan [...]

Nipple Shield untuk Apa? Yuk Pelajari dan Lihat Daftar Rekomendasinya

Ketahui kapan dan bagaimana harus menggunakan nipple shield agar proses menyusui Moms sukses dan menyenangkan.

Ingin Si Kecil Gemuk, Sehat, dan Cerdas? Yuk, Terapkan Prinsip Berikut!

Apa saja tips agar bayi baru lahir cepat gemuk dalam 1 minggu? Yuk, Moms, baca selengkapnya penjelasan berikut!

Rayyanza Semakin Membaik, Ini Cara Keluarga Gigi Merawat Si Kecil Saat Sakit

Anak bungsu Raffi Ahmad dan Nagita Slavina, Rayyanza Malik Ahmad, jatuh sakit. Sebenarnya, Rayyanza sakit apa? Bagaimana pula cara merawat [...]

Panduan Imunisasi Anak, Vaksin Wajib, dan Kisaran Harganya

Tahukah Moms, bulan Agustus adalah bulan Imunisasi Anak Nasional?

Pemerintah Siapkan Vaksinasi Pediatric COVID-19 Usia 6 Tahun ke Bawah

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan bahwa pemerintah akan mulai menjajaki program vaksinasi anak di bawah 6 tahun.

9 Rekomendasi Susu Program Hamil

Ada berbagai pilihan susu promil yang bisa dengan mudah Moms temukan di toko. Namun, apakah Moms sudah yakin kalau produk tersebut mengandung [...]

Larangan untuk Ibu Hamil Muda

Trimester pertama kehamilan atau hamil muda merupakan waktu yang penting bagi perkembangan janin ke depannya. Sebab pada periode ini, organ [...]

Keputihan Berwarna Putih Susu Apakah Tanda Hamil?

Selain menjadi pertanda semakin dekatnya periode menstruasi, keputihan yang keluar datang saat telat haid juga bisa menjadi pertanda kehamilan. [...]