Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Penyebab Demam Saat Hamil 9 Bulan

06 Jul '18


Demam biasanya bisa diatasi dengan mudah dan berlangsung hanya dalam jangka waktu beberapa hari  saja  untuk masa penyembuhannya. Namun, jika menyerang ibu hamil bisa jadi karena adanya pertanda serius, bisa jadi ada yang salah dengan kehamilan Moms.

Berikut masalah yang menyebabkan demam pada ibu hamil :

Flu

Flu merupakan hal umum yang biasa dirasakan oleh siapa saja, termasuk ibu hamil. Tapi jika dibiarkan tanpa diobati flu bisa menyebabkan masalah yang lebih serius, ketika flu sudah berlangsung hingga 15 hari bisa jadi terserang infeksi yang lebih serius seperti adanya sinusitis, bronkhitis, pneumonia, radang tenggorokan.

Virus saluran pencernaan

Ketika virus memasuki saluran pencernaan, virus ini akan menyebabkan diare, demam, muntah-muntah dan dehidrasi. Bahkan parahnya bisa menyebabkan kelahiran sebelum waktunya atau prematur. Selain itu juga bisa menyebabkan hipertensi, pingsan, lemah, pusing hingga muntah-muntah

Khorioamnionitis

Khorioamnionitis  (intraamniotik) merupakan peradangan akut pada membran serta korion plasenta. Bakteri ini biasanya ditemukan pada rupture membran. Penyakit ini menyerang pada saluran genital bawah

Infeksi saluran kandung kemih

10% wanita hamil biasanya akan mengalami infeksi saluran kandung kemih. Tidak ada tanda husus, namun biasanya gejalanya ditunjukan dengan adanya dorongan kuat buang air kecil lebih sering dari biasanya, urin berwarna keruh, urin berdarah bahkan disertai demam dan nyeri pinggul.

Parvovirus B19

Kekebalan tubuh yang lemah pada saat kehamilanrentan terkena demam dan sebaiknya diwaspadai karena ditakutkan terserang infeksi system B19 yang menyebabkan aplasia sel darah merah dan anemia kronis. Selain itu kekebalan tubuh ibu hamil yang lemah akan menyebabkan bayi lebih rentan terserang infeksi, mengalami anemia sejak baru dilahirkan, atau lebih parah lagi bisa menyebabkan kematian. Infeksi parvovirus B19 juga merupakan salahsatu penyebab syndrome pada bayi

Autoimun

Demam terjadi disebabkan karena system imun sedang melawan tubuh sendiri, penyakit autoimun inilah yang menyebabkan demam pada tubuh. Ketika sel yang seharusnya menyerang infeksi malah berbalik menyerang sel yang sehat yang pada akhirnya menyebabkan gangguan pada system kekebalan tubuh. Beberapa jenis penyakit autoimun ini diantaranya celiac, lupus dan lain-lain

Listeria

Listeria atau listerois merupakan infeksi yang terjadi ketika makanan dan minuman terkontaminasi. Karena wanita hamil mempunyai kekebalan tubuh yang lemah sehingga akan rentan sekali terserang penyakit listeria ini. Gejala umum Moms yang terserang listeria ini diantaranya mual, diare, demam tinggi, leher kaku, nyeri otot, kejang-kejang.

Infeksi bakteri

Bakteri juga merupakan salah satu penyebab demam pada ibu hamil 9 bulan. Infeksi oleh bakteri inilah yang menyebabkan demam pada ibu hamil bakteri yang menyebabkan demam ini diantaranya adalah streptococcus, staphylococcus, listeria monocytogenes, Escherichia coli dan clostrodium difficile.

Semoga bermanfaat.

By: Babyologist Editor

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

4121 Babyologist Indonesia

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Kenali Gerakan Janin untuk Ketahui Kesehatannya

Ternyata melalui gerakan janin Moms dapat mengetahui kondisi kesehatannya. Seperti apa gerakan janin yang sehat?

Kontraksi Palsu Bahayakah?

Salah satu tanda kelahiran sudah dekat adala terjadinya kontraksi. Namun bagaimana jika yang terjadi adalah kontrakksi palsu?

Mengapa Bayi Lebih Aktif di Malam Hari?

Apakah Mom pernah merasa bahwa janin cenderung bergerak aktif ketika di malam hari? Mari kita simak alsannya.

Kiat Menjalani Kehamilan Di Usia 9 Bulan

Menjelang masa persalinan, ada beberapa hal yang harus Mom perhatikan, salah satunya adalah kesehatan tubuh.

Mengenali Tanda Kontraksi Menjelang Persalinan

Kenalilah kontraksi yang akan Anda alami menjelang persalinan guna bersiap-siap menjelang saat kelahiran.

Tips Menstimulasi Persalinan Lebih Cepat

Apakah anda termasuk pasangan suami istri yang ingin mengalami proses lahiran lebih cepat? Mari lakukan beberapa tips berikut ini.

Tips Menikmati Kehamilan 9 Bulan

Apa saja yang terjadi dan yang dirasakan sang ibu yang akan mengalami proses persalinan?

Penyebab Keluhan Saat Hamil 9 Bulan

Ibu hamil harus bisa mengetahui penyebab keluhan 9 bulan yang seringkali mengganggu aktifitas dan mengganggu kenyamanan. Apa sajakah?

Jenis Makanan Tepat Untuk Ibu Hamil 9 Bulan

Mendekati masa persalian, Mom tetap harus menerapkan pola makan sehat untuk menjaga kesehatan tubuh dan janin. Oleh karena itu mari simak yang [...]

Ketahuilah Keluhan Hamil 9 Bulan

Di trimester ketiga, apa saja resiko kehamilan yang akan dialami oleh mom-to-be dan bagaimana solusi menanganinya? Mari simak yang berikut ini

Tips Melewati Kehamilan 9 Bulan dengan Aman

9 bulan menunjukkan bahwa persalinan kian dekat, pada masa ini Mom harus lebih banyak istirahat dan bersiap-siap.

Posisi Tidur yang Tepat untuk Ibu Hamil 9 Bulan

Perut yang kian membesar sering membuat Mom menjadi makin sulit tidur, padahal istirahat sangat penting bagi bumil.

Apa yang Terjadi Di Usia 37 Minggu pada Kehamilan

Perkembangan apa saja yang terjadi pada janin di usia 37 minggu kehamilan? Mari simak yang berikut ini.

Perkembangan Janin Pada Trimester 3 Kehamilan

Perkenmbangan apa saja yang terjadi pada janin dalam kandungan Moms di trimester ketiga? Yuk simak yang satu ini.

Beberapa Alasan Melakukan Operasi Caesar

Terdapat beberapa faktor yang menyebabkan seseorang menjalani operasi caesar, apa sajakah itu? mari kita simak yuk Moms.

Kontraksi Braxton-Hicks VS Kontraksi Sebenarnya

Salah satu tanda kelahiran sudah dekat adala terjadinya kontraksi. Namun bagaimana membedakan kontraksi yang terjadi? Yuk, simak yang berikut ini.

Janin Belum Turun Panggul

Di usia kehamilan yang sudah memasuki tahap akhir yaitu trimester ketiga, posisi bayi haruslah sudah turun ke bawah. Namun, jika belum, [...]