Categories

Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Penyebab Benjolan di Kulit Ibu Hamil

PREGNANCY  |  25 Apr '19

Benjolan-benjolan yang muncul pada kulit Moms yang sedang hamil bisa jadi adalah kondisi yang disebut granuloma piogenik (juga dikenal sebagai hemangioma kapiler lobular). Pembuluh darah kecil Moms dapat tumbuh berlebih selama kehamilan, namun tidak berbahaya, hingga menimbulkan kondisi granuloma piogenik ini.

Kasus granuloma piogenik sering dilaporkan terjadi pada ibu hamil setelah trimester pertama. Perubahan hormon yang terjadi selama kehamilan dapat menjadi penyebabnya. Benjolan tersebut tampaknya membesar seiring dengan berjalannya masa kehamilan. Sekitar 1 hingga 5% ibu hamil diyakini pernah terserang granuloma piogenik. Karena itulah, kondisi ini sering disebut sebagai Tumor Kehamilan.

Karakteristik benjolan/granuloma yang muncul di kulit ibu hamil

Granuloma yang muncul biasanya berwarna merah atau ungu. Ukurannya berkisar antara beberapa milimeter hingga beberapa sentimeter. Granuloma sering tumbuh dengan cepat, dalam beberapa minggu, di seluruh bagian tubuh terutama pada tangan dan kaki. Pada ibu hamil, granuloma paling umum ditemukan di dalam mulut. Meskipun pada umumnya tidak berbahaya, granuloma mudah berdarah.

Moms yang mengalami benjol-benjol akibat granuloma sering merasa minder. Memang, granuloma dapat terlihat tidak sedap dipandang mata. Akan tetapi, kondisi benjol-benjol merah di kulit ini akan hilang dengan sendirinya setelah Moms melahirkan. Jadi, biasanya kondisi granuloma tidak memerlukan perawatan. Granuloma tidak menyebabkan kanker atau menjadi kanker. Namun, jika benjolan-benjolan yang diduga granuloma tersebut tumbuh, berubah bentuk atau berdarah, segera temui dokter.

Cara menghilangkan benjolan yang muncul di kulit ibu hamil

Jika benjolan tersebut tidak hilang setelah si Kecil lahir, Moms dapat menghilangkannya. Namun, prosedur sederhana untuk menghilangkan benjol granuloma ini hanya dapat dilakukan di rumah sakit. Pertama-tama, Moms dibius lokal. Setelah itu, dokter mengangkat benjolan dan menutup luka kecil yang ditinggalkan dengan menggunakan panas. Meskipun mudah diobati, kondisi ini dapat muncul kembali pada kehamilan berikutnya.

Cara mencegah benjolan di kulit muncul selama hamil

Untuk mencegah granuloma selama kehamilan, Moms dianjurkan untuk melaksanakan kiat-kiat berikut ini :

  1. Menjaga kebersihan mulut, yang mencakup menyikat gigi secara teratur dan membersihkan gigi dengan menggunakan benang gigi yang halus.
  2. Melakukan pemeriksaan gigi rutin.
  3. Tidak menggaruk lesi yang muncul untuk mengurangi komplikasi.
  4. Melakukan pemeriksaan medis rutin pada interval periodik yang meliputi tes darah, scan radiologis dan pemeriksaan fisik.

Semoga bermanfaat.

By: Babyologist

144 Babyologist Indonesia

Comments

Related Stories